September 20, 2017

Tips Nyaman Berbelanja Bersama Anak

Edit Posted by with 1 comment
Sumber ilustrasi : Shutterstock
Bagi para ibu, aktivitas berbelanja itu bisa jadi sarana untuk menghilangkan stres dan jenuh. Dengan berbelanja minimal para ibu bisa menikmati suasana yang berbeda dari biasanya yaitu bisa jalan-jalan keluar dari rumah. Namun yang namanya ibu biasanya kalau pergi keluar rumah pasti akan membawa serta sang buah hati. Apalagi jika masih memiliki bayi atau balita yang memang belum bisa ditinggal. Tak jarang saat diajak pergi berbelanja, sang anak ini seringkali rewel, menangis atau mungkin malah merajuk minta ini dan itu. Hmm...kalau sudah begini aktivitas belanja yang niatnya ingin refreshing menghilangkan stres malah jadi sumber penyebab stres baru. Sayapun dulu pernah merasa demikian. Hingga akhirnya saya bisa menemukan beberapa cara yang cukup manjur dalam rangka membuat si kecil bersikap manis dan tenang saat diajak pergi berbelanja.

Ajak Suami Ikut Serta

Saat pergi berbelanja dengan membawa serta anak maka saya selalu mewajibkan suami untuk ikut serta. Dengan begitu kami bisa berbagi tugas. 
Suami wajib ikut belanja 
Saya akan berkeliling untuk memilih belanjaan, sementara suami saya bertugas menemani anak saya bermain di arena bermain yang disediakan atau berkeliling supermarket sambil menjaga si kecil. Saat saya selesai berbelanja, biasanya anak saya juga sudah merasa puas bermain dengan ditemani suami. 

Pastikan Si Kecil Kenyang

Sebelum mengajak anak berbelanja, saya selalu memastikan bahwa ia dalam kondisi kenyang. Karena biasanya kalau anak saya pergi dalam kondisi perut lapar, dia akan jadi rewel dan minta jajan macam-macam selama di supermarket. 
Pastikan anak sudah makan sebelum diajak pergi
Hal ini bisa bikin pengeluaran jadi semakin boroskan? Selain itu pastikan juga anak mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak gerah supaya ia tetap tenang saat diajak berkeliling belanja.

Bawakan Mainan Favorit

Biasanya anak akan merasa bosan jika diajak berbelanja. Apalagi jika di supermarket yang kita kunjungi tidak disediakan arena bermain untuk anak. Terkandang malah anak jadi merengek minta dibelikan mainan baru.
Boneka Favorit diajak ikut pergi belanja
Sehingga saya juga sering membiarkan anak saya untuk membawa mainan favoritnya saat saya ajak pergi berbelanja, misalnya dengan membawa serta mobil-mobilan atau boneka kesayangannya. Dengan begitu anak saya bisa jadi lebih tenang dan tidak cepat bosan.

Buat Perjanjian Dengan Anak

Hal ini bisa dilakukan pada anak yang usianya sudah lebih besar misalnya usia 3 tahun ke atas. Misalnya dengan membuat perjanjian sebelum berangkat belanja.
Kue favorit anak. sumber : id.aliexpress.com
Saya akan membelikan kue kesukaan anak saya asalkan selama diajak belanja dia bisa bersikap tenang. Apabila dia menepati janjinya maka saya juga akan langsung memenuhi janji saya dengan membelikan kue favoritnya.

Libatkan Anak Saat Berbelanja

Untuk menghilangkan rasa bosan pada anak saat saya ajak pergi berbelanja, tak jarang saya libatkan dia dalam membeli barang belanjaan. Misalnya memilih sendiri barang-barang keperluan pribadinya seperti sabun mandi, pasta gigi, dan lain sebagainya. 
Anak ikut pilih-pilih ayam biar nggak bosan
Termasuk mengajarkan cara membayar barang belanjaan di kasir. Dengan begitu anak saya jadi lebih bersemangat dan bisa mendapatkan pengalaman baru untuk pembelajarannya.

Belanja bersama anak memang bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bagi keluarga jika anak bisa bersikap manis. Yang harus dipertimbangkan juga oleh orang tua saat mengajak anak berbelanja adalah faktor waktu. Kalau bisa sih jangan terlalu lama berkeliling untuk belanja. Selain itu pilih tempat belanja yang tidak terlalu berdesak-desakan. Hati-hati juga mengajak anak belanja saat momen sale menjelang akhir tahun, karena sudah bisa dipastikan situasi tempat belanja akan jadi sangat ramai dan anak-anak merasa tidak nyaman.
Coming Soon Single's Day 11.11 by Zalora
Iya sih saat menjelang akhir tahun biasanya akan banyak diskon yang ditawarkan oleh berbagai toko, mall ataupun supermarket. Kalau sudah begitu sebagai ibu-ibu kita pasti tergoda juga untuk ikut berbelanja memanfaatkan momen ini. Tapi kalau saya sih, mending belanja via online saja di Zalora. Memasuki akhir tahun, kita akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik. Eniwei, pada bulan November nanti, kita bisa lho belanja sepuasnya di momen Singles Day 2017 di ZALORA Indonesia. Akan ada berbagai macam penawaran eksklusif yang bisa kita dapatkan tanpa harus berdesak-desakan atau antri berjam-jam. Sambil berbelanja kita tetap bisa mengerjakan berbagai pekerjaan rumah termasuk menemani si kecil bermain dengan nyaman di rumah.

Selamat berbelanja dengan si kecil ya...semoga tips ini bermanfaat :)

Reactions:

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)