September 08, 2017

Mustela Bebe : Solusi Perawatan Kulit Bayi Yang Sehat Dan Aman

Edit Posted by with 6 comments
Kulit bayi itu tiga kali lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Hal ini karena hydrolypidic film pada kulit bayi ternyata lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Hydrolypidic film merupakan lapisan yang terdapat pada permukaan luar kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan membentuk penghalang dari bakteri dan jamur. Kondisi hydrolypidic film yang masih tipis pada bayi menjadikan kulit bayi lebih rentan terhadap kekeringan dan dehidrasi serta kurang efektif untuk melindungi kulit dari bakteri dan jamur. 

Apalagi jika bayi sering tidur dengan menggunakan AC seperti Tifa anak saya. Sejak lahir sampai sekarang usia 19 bulan, Tifa terbiasa tidur dengan menyalakan AC di kamar. Jika udara terasa panas maka dia akan jadi rewel dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Penggunaan AC ini bikin kulit Tifa jadi semakin mudah kering dan kasar. Sementara jika tidak menyalakan AC, Tifa jadi gampang banget keringetan. Saat dia berkeringat, maka gantian bruntus-bruntus kecil berwarna merah akan banyak muncul di sekitar kening serta kulit lehernya dan terasa gatal. Jadi serba salah rasanya. Tapi memang begitulah kulit bayi. Perawatannya kadang memang terasa gampang-gampang susah dan membingungkan.
Kulit Tifa saat baru lahir, banyak problemnya
Faktor lain yang menyebabkan perawatan kulit bayi jadi lebih spesial adalah karena saat lahir pH kulit bayi mendekati netral dan secara bertahap menurun, kemudian menjadi lebih asam saat menuju dewasa. Kondisi PH ini menjadikan kulit bayi lebih sensitif terhadap infeksi serta iritasi dan baru mencapai kematangan setelah usia 2 tahun. Kelembaban kulit bayi berusia 0-2 tahun juga ternyata sangat rendah dan lapisan pelindung kulit bayi juga belum berfungsi dengan baik, sehingga kulit bayi yang rapuh dan kering ini perlu terus dirawat sejak lahir. 

Ada yang bilang bahwa merawat kulit bayi itu tidak perlu menggunakan produk perawatan kulit yang macam-macam. Cukup dimandikan setiap hari saja sampai bersih. Tapi kenyataannya berbagai masalah kulit pada bayi tetap saja muncul. Sementara jika memilih menggunakan lotion atau baby cream untuk merawat kulit bayi, ada juga yang bilang bahwa efeknya kurang baik karena terdapat kandungan bahan kimia di dalam produk tersebut. Bisa-bisa malah bikin kulit bayi jadi alergi.
Sumber ilustrasi : belanjoowellness.co.id

Bicara soal bahan kimia pada produk perawatan kulit, pada intinya ada 2 zat kimia berbahaya yang harus dihindari untuk kulit sensitif bayi yaitu Paraben atau bahan pengawet dan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Paraben merupakan zat yang memiliki sifat mirip dengan hormon estrogen. Apabila terlalu banyak estrogen maka akan meningkatkan resiko kanker payudara dan mempercepat perkembangannya. Sementata SLS sering menyebabkan kulit jadi iritasi. Menurut Journal of The American College of Toxicology, kadar 0,5% SLS pada shampo dapat menyebabkan iritasi kulit, sementara kadar 10%-30% bisa menyebabkan korosi kulit.

Wah...serem juga efeknya ya, jika zat ini sampai menempel di kulit bayi yang tiga kali lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Duuh..nggak kebayang deh efeknya. Apalagi kulit merupakan organ paling besar dan memiliki tugas penting melindungi tubuh. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Selain itu kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membuat kita bisa merasakan apapun melalui sentuhan. Kondisi kulit yang sehat, bersih dan halus juga akan menunjang penampilan seseorang. Sehingga kulit benar-benar harus dijaga dan dirawat sejak usia dini. Jika tidak dirawat sejak dini, maka akan ada begitu banyak resiko kesehatan yang mengancam kulit bayi yang sensitif. Seperti resiko kulit iritasi, kering, gatal hingga infeksi. Makanya saya berupaya untuk memberikan perlindungan kulit yang paling tepat untuk anak saya Tifa.

Dulu saya pernah mencoba beberapa produk perawatan kulit untuk bayi dalam rangka mengatasi kulit Tifa yang gampang kering dan sempat terkena ruam popok. Saat usia 3 bulan Tifa pernah terkena ruam popok yang cukup parah. Ruam ini bener-bener bikin saya bingung karena beberapa produk baby cream yang saya cobakan pada Tifa tidak menunjukkan hasil yang memuaskan. Sampai akhirnya saya menemukan produk yang paling pas untuk masalah tersebut yaitu Mustela Barrier Cream. Itulah awal perkenalan saya dengan Mustela Bebe yang berlanjut hingga saat ini.
Cream yang bikin saya langsung jatuh cinta pada pemakaian pertama
Faktor pertama yang membuat saya tertarik untuk mencoba produk perawatan kulit bayi dari Mustela adalah adanya jaminan aman untuk bayi dan anak. Hal ini karena produk Mustela 92% berbahan dasar natural dan tidak mengandung paraben sama sekali. Mustela juga merupakan brand skin care untuk bayi no.1 di Eropa yang memiliki formula baru yang telah dipatenkan yaitu Avocado Perseose.
Avocado Perseose adalah bahan alami generasi baru yang dipatenkan Mustela dan kini digunakan dalam semua varian Mustela Bebe. Avocado Perseose mempunyai sifat biomimetic, atau dapat bekerja secara harmonis dengan kulit bayi dengan menggabungkan toleransi tinggi dan efikasi yang terjamin. Berasal dari jenis Avocado Persea Gratissima dari Peru dan Afrika Selatan. Avocado Perseose adalah bahan alami yang sempurna untuk kulit bayi karena telah teruji klinis efektif melindungi kulit dari lingkungan luar, melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi.
Brand Mustela Bebe ini mulai hadir secara lengkap di Indonesia sejak tahun 2016 dan didistribusikan oleh PT Interbat yang merupakan salah satu dari 5 besar produsen farmasi nasional. PT Interbat pertama kali didirikan pada tahun 1948 sebagai distributor tunggal Indonesia untuk beberapa perusahaan farmasi besar dari Eropa. Pada tahun 1959, Interbat mendapat ijin produksi sendiri dan sejak itu, menetapkan diri sebagai salah satu produsen farmasi independen pertama di Indonesia.
Saat ini, Interbat memproduksi dan memasarkan lebih dari 280 produk dalam berbagai dosis dan bentuk sediaan untuk kelas terapi yang luas. Perusahaan ini berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Fasilitas produksi Interbat dilengkapi 16 sertifikat GMP yang berstandar internasional. Sejak tahun 2000, Interbat juga sudah merambah pasar ekspor di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.
Mustela Barrier Cream
Mustela Barrier Cream adalah salah satu varian dari Mustela Bebe yang bikin saya jatuh cinta pada pemakaian pertama. Pengalaman menggunakan cream ini terbukti efektif menyembuhkan ruam popok di kulit Tifa serta mencegah terjadinya ruam popok berulang. Ini karena Mustela Barrier Cream memiliki mekanisme kerja 1 2 3 yaitu :
Mekanisme kerja Mustela Barrier Cream
Cara Pemakaiannya juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskan tipis barrier cream pada kulit bayi di sekitar area popok yang sudah dibersihkan setiap kali mengganti popok. Tekstur barrier cream Mustela juga sangat lembut dan lebih kental jika dibandingkan dengan lotion.
tekstur barier cream yang lembut dan oily
Cream dan lotion memang sama-sama berfungsi untuk melembabkan kulit, hanya saja berbeda dalam hal perbandingan kandungan jumlah air dan minyak. Cream memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi dibandingkan lotion sehingga terasa lebih kental. Sebaliknya lotion umumnya memiliki kandungan air yang lebih banyak sehingga teksturnya lebih encer. Perbedaan kandungan ini menyebabkan cream bisa lebih bertahan lama di kulit dan lebih efektif untuk mengatasi masalah iritasi kulit dan ruam.
Bahan-bahan alami yang digunakan dalam produk ini juga terbukti tidak menyebabkan alergi, tidak mengandung parfum dan aman digunakan sejak bayi baru lahir. Sampai hari ini saya sudah repurchase Mustela barier cream sebanyak 2 kali karena cream ini memang sering banget digunakan. Selain untuk baby Tifa, saya juga menggunakan mustela barrier cream untuk merawat kulit kakak Tayo yang gampang alergi karena masa bayinya dulu belum kenal dengan Mustela. Karena saya langsung jatuh cinta dengan produk Mustela kemudian saya mencoba varian produk selain Barrier Cream yaitu Gentle Soap, Dermo Cleansing, Hydra Bebe dan Message Oil.

Mustela Gentle Soap

Varian ini berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kelembaban kulit kepala dan badan bayi, bisa digunakan oleh bayi yang baru lahir dengan kondisi kulit kering sekalipun karena kandungannya dapat mencegah kehilangan air pada kulit.
Mustela gentle soap
Pengalaman menggunakan gentle soap ini pada Tifa juga memuaskan. Sehabis mandi kulit Tifa terasa kesat, bersih dan segar. Komposisi dari mustela gentle soap ini terdiri dari: 
  • Avocado Perseose yang berfungsi melindungi sel inti dan lapisan kulit terluar pada bayi
  • Natural Cold Cream yang berfungsi melembabkan dan menenangkan
  • Ceramide yang dapat mengganti cairan lipid yang hilang.
Cara pemakaiannya sama seperti sabun mandi biasa yaitu dengan menggosokkan pada seluruh tubuh dan kepala kemudian bilas hingga bersih. Bisa juga dipakai untuk mencuci rambut bayi yang baru lahir.

Dermo Cleansing

Produk ini memiliki fungsi yang sama seperti sabun cair yang bisa digunakan untuk membersihkan, melindungi dan menjaga keseimbangan lapisan alami pada kulit kepala dan badan bayi .
Mustela Dermo Cleansing
Kandungannya dapat memberi efek menenangkan kulit, mengurangi kekeringan kulit setelah mandi dan tidak perih di mata. Komposisinya terdiri dari: 
  • Avocado Perseose: Bahan aktif alami yang dipatenkan dan berguna untuk memperkuat lapisan pelindung kulit dan mempertahankan kesehatan stem Cell / sel punca 
  • Vitamin B5: Menenangkan dan melembabkan 
  • Gentle surfactants: Bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit 
Cara pemakaian juga sama seperti sabun cair lainnya yaitu dengan menuangkan cairan ke telapak tangan, gosok ke seluruh tubuh sampai berbusa lembut, kemudian bilas hingga bersih.

Hydra Bebe Body Lotion
Mustela Hydra Bebe Lotion
Varian ini berfungsi untuk menjaga kelembaban, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit halus, kenyal dan lembut. Komposisinya terdiri dari:
  • Avocado Perseose
  • Jojoba Oil, untuk menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit 
  • Vitamins E and F, untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit 
  • Shea Butter 
Tifa suka sekali oles-oles Hydra Bebe ke kulitnya
Cara pemakaian Hydra bebe lotion ini adalah dengan cara diusapkan pada kulit bayi sebanyak dua kali sehari setelah mandi. Bisa juga digunakan untuk menjaga kelembaban kulit pada wajah. 
Kemasan Hydra bebe yang imut banget ukurannya
Hydra Bebe Lotion ini adalah varian favoritnya Tifa. Setiap kali habis mandi Tifa pasti minta dituangkan lotion untuk diusapkan sendiri pada kulit tangan dan kakinya. Teksturnya lembut dan ringan serta aromanya juga segar. Tersedia juga dalam kemasan tube mungil yang praktis dibawa saat sedang bepergian.

Message Oil

Varian ini terbuat dari minyak yang berasal dari 100% ekstrak tanaman untuk digunakan memijit bayi dan membuat bayi merasa hangat dan rileks.
Mustela Message Oil
Mustela Bebe Massage Oil juga berguna melembabkan kulit, memberikan nutrisi dan membuat kulit lembut dan kenyal. Komposisinya terdiri dari:
  • Avocado Perseose 
  • Pomegranate Seed Oil yang berfungsi menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit (Kaya akan Vitamin E, Omega 6, dan kandungan Omega 5 nya membantu membangun sel pelindung kulit) 
  • Sunflower Oil yang berfungsi merestruktur ulang, memperbaharuhi dan melembabkan kulit (Kaya akan Omega 6 dan 9). Kandungan Omega 9 yang tinggi memiliki efikasi yang sama dengan minyak almond, yang berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi
Cara pemakaiannya yaitu gosokkan pada seluruh tubuh dan kepala pada saat sebelum mandi sambil lakukan pemijatan lembut kemudian bilas hingga bersih. Eniwei, berikut Video Tutorial tentang cara melakukan pemijatan rutin pada bayi dengan menggunakan Mustela Message Oil :




Mustela Bebe adalah perusahaan yang pertama kali mempelajari kandungan sel dari lapisan kulit epidermis pada bayi. Riset menunjukkan penemuan besar yang baru, yaitu bahwa lapisan kulit bayi memiliki kekayaan stem cell yang sangat besar. Saat bayi baru lahir, sel-sel ini justru memiliki kekuatan yang maksimal. Namun sangat rentan terhadap perubahan pada bulan-bulan awal kelahiran. 

Penemuan ilmiah ini kemudian menghasilkan generasi baru rangkaian produk Mustela Bebe yang mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose untuk memperkuat  kulit  bayi sehingga lebih  tahan  terhadap  iritasi  / kemerahan  dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya.

Setelah mencoba beberapa varian baby skin care dari Mustela, kulit Tifa yang dulu sering terasa kering dan kasar kini jadi semakin lembab, halus dan lembut. Masalah ruam popok juga sudah jarang sekali terjadi meskipun sampai sekarang Tifa masih memakai pospak. Kondisi kulit Tifa yang sehat ini efeknya tentu saja bikin Tifa jadi merasa nyaman saat beraktivitas tanpa gangguan kulit yang terasa perih atau gatal akibat iritasi.
Kulit Sehat Bersama Mustela Bebe
Sebenarnya masih ada beberapa varian produk Mustela lainnya yang belum saya coba seperti Mustela No Rinse Cleansing Water yang bisa dipakai untuk membersihkan kotoran pada kulit sekaligus melindungi dan menjaga keseimbangan lapisan kulit tanpa perlu dibilas dengan air sehingga praktis untuk digunakan saat perjalanan. Ada juga varian Mustela Comfort Balm dan Musti Eau De Soin yang merupakan rangkaian Mustela Bebe Well Being. Info selengkapnya tentang berbagai Varian Produk Mustela Bebe bisa dicek di sini :

Website : www.mustela.co.id 
Facebook : mustelaindonesia 
Instagram : @mustelaindonesia

Sejak menggunakan Mustela Bebe saya juga terbebas dari rasa khawatir akan bahan kimia berbahaya yang kadang terdapat pada produk perawatan kulit. Hal ini karena ada jaminan dari Mustela bahwa produknya sangat aman digunakan pada bayi dan anak. Dengan formulasi hypoallergenic & teruji secara klinis, Mustela bebe menggunakan bahan alami, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alcohol & paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn).
Memberikan perlindungan dan perawatan kulit terbaik sejak dini pada bayi akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kulitnya di masa mendatang. Karena Stem cell yang ada pada kulit bayi sangat unik dan berharga untuk kesehatan kulit sampai dewasa. Stem Cell ini berperan memulihkan dan menjaga keseimbangan kualitas kulit secara keseluruhan. Apabila tidak dijaga dengan baik, kekayaan stem cell ini akan langsung berkurang drastis saat kulit bayi mengalami perubahan di usia 0-2 tahun. Mustela Bebe merupakan solusi perawatan kulit bayi yang sehat dan aman dalam rangka melindungi dan memperkuat kulit bayi yang masih rapuh serta menjaga kesehatan kulitnya di masa sekarang hingga dewasa nanti. Mustela Bebe With Avocado Perseose, Protect Baby’s Skin Today and For Tomorrow!

#MustelaTodayForTomorrow

Reactions:

6 komentar:

  1. Wah.Tifa udah pinter oles2 krim sendiri. Ada ekstrak avocadonya, pasti seger banget tuh baunya...

    BalasHapus
  2. Lengkap ya...pingin nyoba yg hydra bebe lotionnya...si kecil kulitnya agak kering2 gitu apalagi musim kemarau kek gini

    BalasHapus
  3. suka sama wangi produk Mustela Bebe ini, khasiatnya juga wow banget

    BalasHapus
  4. Pernah liat produknya di guardian :) . Sempet mau beli, tp batal, soalnya dulu aku malah blm denger apa2 ttg produk ini. Ternyata bagus yaa

    BalasHapus
  5. Sagara juga pakai Mustela. Saya suka banget sama body lotionnya, wanginya tahan lama. Terus-terusan ciumin si kecil.

    BalasHapus
  6. Suka banget sama sabun dan lotionnya. Wangi dan lembut di kulit anak.

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)