Juli 29, 2017

Ethica : Busana Muslim Untuk Keluarga Kompak Masa Kini

Edit Posted by with 7 comments
Momen lebaran merupakan saat yang selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu yang menjadi tradisi bagi umat muslim di Indonesia saat lebaran tiba adalah membeli baju baru. Dalam agama islam kebiasaan memakai baju baru saat lebaran sebenarnya tidak wajib. Namun juga tidak dilarang dan ada tuntunannya yaitu menurut hadis riwayat Al-Baihaqi dikatakan bahwa Ibnu Umar pada dua hari raya lebaran mengenakan bajunya yang paling bagus. 

Tradisi mengenakan baju baru saat lebaran juga sudah berlangsung cukup lama di Indonesia. Menurut buku Sejarah nasional Indonesia tulisan Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto kebiasaan membeli baju baru saat lebaran sudah berlangsung sejak tahun 1956. Dijelaskan bahwa ketika menyambut lebaran, mayoritas penduduk di bawah kerajaan Banten sibuk menyiapkan baju baru. Kondisi serupa juga terjadi di kerajaan Mataram (Yogyakarta). Saat memasuki hari terakhir Ramadan, masyarakat Muslim Mataram sibuk membuat pakaian baru untuk dipakai pada hari raya. Namun bedanya waktu itu, hanya sedikit masyarakat yang membeli baju baru. Kebanyakan dari mereka menjahit sendiri baju barunya karena masih terbatasnya teknologi di jaman itu.

Bagi keluarga muslim di masa kini, tradisi membeli baju baru saat lebaran juga masih tetap berlangsung setiap tahunnya. Apalagi saat ini teknologi sudah berkembang pesat sehingga semakin mudah bagi setiap orang untuk membeli baju baru.  Momen lebaran juga identik dengan momen kumpul keluarga dan silaturahmi sehingga biasanya masing-masing keluarga berupaya untuk menyiapkan dress code / baju keluarga saat lebaran tiba supaya terlihat semakin kompak dan seru.
Kompak berbusana muslim keluarga bersama Ethica
Tak ketinggalan juga keluarga saya. Saat menjelang momen lebaran, Fashion Muslim yang nyaman namun tetap stylish menjadi pilihan utama bagi keluarga kami. Namun ternyata tidak gampang menemukan baju lebaran model sarimbit yang bisa pas dan cocok untuk seluruh anggota keluarga mengingat selera masing-masing anggota keluarga biasanya berbeda-beda. Beruntungnya saat ini sudah ada brand busana muslim keluarga yang memiliki berbagai koleksi busana muslim sarimbit dengan model yang cocok dikenakan oleh segala usia mulai bayi hingga dewasa yaitu ETHICA.

Ethica adalah brand pakaian muslim untuk Anak hingga dewasa yang mengusung Spiritualitas Islam yang Mencerahkan melalui kekuatan warna, variasi motif, design simple, dan matching yang terdiri atas paduan kain kaos terpilih dan kain katun berkualitas terbaik. Sebenarnya Ethica merupakan Re-Brand dari SALSAKIDS (2007), dan SALSA CLOTHING (2010) yang disempurnakan sehingga menjadi lebih matang, kuat, unik dan berkarakter. Bisnis ini dikembangkan melalui sistem keagenan dan reseller yang kini telah memiliki puluhan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk pakaian Anak, Ethica memadukan kreatifitas design dan kekuatan warna kain dari bahan kaos serta katun yang menjadikan anak-anak semakin merasa nyaman dan percaya diri dalam beraktifitas keseharian. Koleksi pakaian Anak Ethica terdiri atas model : OSK, ORK, RSK, dan setelan Koko Anak. 
Baju anaknya bisa dimatchingin sama baju bunda
Sedangkan untuk Remaja, Ethica menggabungkan gaya fashion matching, simple, cerah dan casual sehingga para remaja bisa tetap tampil modis dan percaya diri. Untuk Remaja terdiri atas model : ST, GCT, GST, Arlisa, Mylia, Kagumi, dan Koko Remaja.

Baju muslim remaja dari ethica tetap modis dan stylish

Kemajuan dan perkembangan Brand Ethica semakin pesat setiap tahunnya. Setelah sukses dengan busana muslim untuk anak dan remaja, kini ethica semakin melengkapi produknya dengan menyediakan model dan size Busana Muslim Terbaru dan terlengkap mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa dengan bahan yang tetap berkualitas. 
Bisa kembaran sama anak
Bisa juga kembaran sama pasangan
Meskipun brand ini sudah terkenal dan banyak dipakai oleh para artis namun harganya tetap masih terjangkau. Namun sayangnya stok produksinya terbatas dan cepat sekali habis. Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat menjelang lebaran kemarin ternyata sulit sekali mencari baju muslim Ethica model sarimbit. Padahal saya sudah mupeng banget ingin membeli baju sarimbit agar bisa tampil kompak berbusana muslim saat lebaran bersama keluarga saya. Tapi di agen-agen ethica yang saya hubungi ternyata semua koleksi sarimbit ethica sudah out of stock dan saya nggak kebagian.

Berbagai koleksi baju sarimbit Ethica

Salah saya juga sih kemarin, karena saat membeli baju sarimbit ethica ini waktunya sudah agak mepet dengan hari H lebaran. Apalagi model baju muslim keluarga ethica juga bagus-bagus sehingga sangat banyak peminatnya. Akhirnya untuk mengobati rasa kecewa saya tetap membeli baju ethica namun yang model lain, bukan model sarimbit. Saya membeli baju ethica model Kagumi 24 warna merah hati. Ini merupakan model baju gamis yang stylish namun tetap syar'i. 
Kagumi 24 Merah Hati
Kagumi 24 merupakan gamis yang bisa berfungsi sebagai dress pesta karena memiliki desain yang lebih mewah dan eksklusif. Gamis ini terdiri dari 1 buah inner gamis lengan panjang berbahan jaquard elana dan 1 buah outer panjang tanpa lengan berbahan diamond. Kain jaquard merupakan kain motif dimana motif tersebut dihasilkan dari proses tenun, bukan dari proses cetak. Model kain ini disukai banyak orang karena berkilau dan ringan serta memberikan kesan elegan. Sementara outer yang bahannya terbuat dari kain diamond memiliki tekstur yang mirip kulit jeruk tapi tetap lembut dan jatuh (tidak kaku) sehingga nyaman dikenakan.
Gamis innernya berbahan jaquard
Outernya berbahan diamond
Gamis innernya berwarna coklat bermotif dengan risleting belakang, dan outernya berwarna merah hati polos dengan dilengkap satu buah kancing depan serta tali pinggang. Pada bagian ujung lengan baju juga terdapat kancing sehingga memudahkan saya dalam menggulung lengan baju saat hendak berwudhu untuk menunaikan ibadah sholat. Baju gamis ini terasa pas dan nyaman sekali dan tidak panas saat dikenakan. Meskipun saya membelinya secara online ternyata ukuran dan potongannya bisa pas sesuai dengan panduan ukuran baju yang disediakan oleh Ethica.
saya memakai Kagumi 24 Merah Hati
Soal kualitas jahitannya memang terbukti rapi dan kuat. Kualitas bahannya juga sangat bagus, saat dicuci warnanya tidak luntur dan gampang perawatannya. Bahan jaquard memang sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci, tapi cukup dibilas dengan tangan dan disetrika dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Pengalaman saya membeli baju gamis Ethica ini sangat memuaskan sehingga saya berencana untuk kembali hunting Baju Sarimbit 2018 untuk keluarga saya. Jika lebaran kemarin saya kurang beruntung karena sudah kehabisan stok sarimbit maka supaya tahun depan nggak kehabisan lagi saya berencana untuk mendaftar pre order via agen Ethica jauh-jauh hari sebelum kehabisan lagi. Setahu saya setiap tahun Ethica juga selalu mengeluarkan model baju muslim terbaru untuk para pelanggannya.

Stock baju sarimbit ethica sepertinya memang sengaja dibuat limited edition supaya kesannya tetap eksklusif dan nggak pasaran. Makanya tidak heran jika baju sarimbit ethica selalu laris manis di pasaran karena selain kualitas dan modelnya bagus juga resikonya kecil untuk bisa ketemu sama keluarga lain yang bajunya kembaran sama keluarga kita..hehehe.

Ada beberapa alasan kenapa saya tetap memilih Busana Muslim Ethica untuk keluarga saya meskipun sudah kehabisan stok tapi tetap berencana ingin membeli Baju Muslim 2018 yaitu :
  1. Bahannya awet dan tidak mudah sobek. Selain itu jahitannya  rapi dan kuat serta warna tidak mudah luntur atau pudar. Potongan baju juga lebih pas dengan tubuh karena dikerjakan dengan ukuran yang tepat.
  2. Busana muslim Anak Ethica, bahannya terbuat dari perpaduan antara kain katun dari bahan kaos yang menjadikan anak-anak merasa nyaman dan tidak panas saat memakainya. Selain itu model bajunya juga imut dan keren serta elegan sehingga anak-anak terlihat semakin cantik dan ganteng.
  3. Busana muslim Remaja dan dewasa Ethica menggabungkan gaya fashion yang simple, cerah dan casual sehingga para remaja dan dewasa bisa tetap modis dan percaya diri.
Keluarga harmonis adalah keluarga yang bisa selalu kompak dalam segala suasana. Salah satu tanda kekompakan keluarga ditandai dengan kekompakan dalam berbusana khususnya saat momen hari raya tiba misalnya saat lebaran. Bagi keluarga kompak masa kini, sudah tak perlu repot lagi menjahit baju baru saat lebaran tiba seperti jaman kerajaan Banten atau Mataram di masa lalu. Cukup membeli baju secara online tanpa harus antri berdesak-desakan di Mall maka kita dengan mudah bisa mendapatkan baju lebaran impian keluarga. Well...meskipun lebaran kemarin saya gagal nggak bisa kompak memakai baju sarimbit ethica karena telat order, tapi saya tetap ingin membeli sarimbit ethica untuk baju lebaran tahun 2018. Supaya nggak ketinggalan tentang informasi baju sarimbit model terbaru dari Ethica maka saya jadi rajin memantau Instagram dan Facebook Ethica supaya nggak telat order lagi seperti kemarin. Yuk ikut order baju Ethica juga bareng saya :)

Referensi :

Reactions:

7 komentar:

  1. Cantiknya mama tayothifa..
    semoga tahun depan tayo dan thifa bisa kompak pakai baju ethica sekeluarga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak..hehehe..iya nih mupeng banget pengen bisa dapetin baju sarimbit ethica. Tapi susah banget dapetnya..huhuhu

      Hapus
  2. Pilihan warna dan modelnya cakep cakep ya mba. Busana muslim ethica memang pilihan banget nih buat sekeluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..cakep banget yak..aku sampe kebawa mimpi pengen belinya hihihi

      Hapus
  3. Cakep-cakep banget bajunya. Apalagi, bisa kompakan gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak.kualitas bahannya juga bagus banget nih

      Hapus
  4. Waahh...dari kemarin ada yang posting ethica ini jadi mupeng. Misal sarimbitnya gak pake yang buat ibu, ganti anak ukuran SMP bisa gak yaa? #desperatesamaukuran hahaha

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)