Juni 23, 2017

Little Hippo : Clodi istimewa yang murah dan berkualitas

Edit Posted by with 17 comments

Diawal kehidupannya, dalam sehari seorang bayi yang baru lahir memiliki frekuensi normal buang air kecil (BAK) sebanyak 10-20 kali. Sementara frekuensi buang air besar (BAB) sebanyak 5-10 kali sehari. Tingginya rutinitas buang air pada bayi ini tentu bikin para bunda jadi merasa repot karena harus mengganti popoknya berkali-kali. Selain itu bayi juga jadi sering terbangun dan merasa tidak nyaman sehingga kualitas tidurnya jadi terganggu.

Sebagai ibu yang memiliki bayi saya juga pernah merasakan betapa repotnya saat harus mengganti popok bayi berkali-kali. Makanya saya kemudian memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai untuk bayi saya supaya saya tidak terlalu repot. Tapi ternyata setelah dihitung-hitung penggunaan popok sekali pakai ini cukup boros. Karena pertimbangan tersebut maka kemudian saya mencoba untuk menggunakan popok kain. 

Memakai popok kain memang jadi lebih hemat, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan daripada memakai popok sekali pakai. Apalagi saat ini sudah banyak popok kain modern yang berbahan lapisan laminasi Polyurethane sehingga tidak bocor dan dapat membantu mencegah ruam pada bayi. Istilah keren untuk popok kain modern ini adalah Cloth Diaper (clodi). Penggunaan clodi ini tentu akan jadi sangat hemat karena clodi bisa dipakai dalam jangka waktu sekitar 2 tahun. Bahkan bisa juga diwariskan ke anak kedua atau saudara yang lain.
Clodi Little Hippo. Sumber : IG @LittleHippoClothDiaper
Bicara soal clodi yang beredar di pasaran, jika dilihat dari segi kualitas dan harganya memang bervariasi. Ada clodi impor yang kualitasnya sangat bagus tapi harganya juga cukup mahal. Untuk 1 buah clodi impor harganya berkisar antara 100-300 ribu. Sementara clodi lokal harganya cukup terjangkau namun kualitasnya memang tak sebagus clodi impor. Biasanya clodi lokal ini kelemahannya adalah gampang bocor, gambar motifnya terbatas, bentuknya bulky dan bikin bayi jadi susah bergerak, kain bagian dalamnya panas dan kurang nyaman, serta insertnya kurang menyerap dan gampang kaku. Ya memang sih, kadang harga menentukan kualitas. 

Tapi sekarang ada lho clodi lokal yang punya kualitas nggak kalah bersaing dengan clodi impor, tapi harganya tetap lokal yaitu Little Hippo. Brand clodi merk ini memiliki keunggulan dari sisi kualitas maupun harga. Saya sudah mencoba sendiri penggunaan clodi Little Hippo untuk bayi saya Tifa yaitu dengan mencoba model Easy Fit motif Red Love. Sebenarnya saya juga sudah pernah menuliskan pengalaman saya saat mengatasi masalah ruam popok dengan beralih menggunakan clodi merk ini.


Namun kali ini saya akan menguraikan lebih dalam tentang masing-masing keungulan dari clodi little hippo ini berdasarkan pengalaman saya :

1. Kain permukaan dalamnya lembut dan nyaman

Permasalahan yang sering terjadi saat membeli clodi merk lokal, biasanya permukaan dalamnya kurang nyaman atau panas saat dikenakan pada bayi. Namun clodi little hippo ini memiliki permukaan dalam yang lembut dan nyaman. 
Bahan innernya lembut banget. Foto : Dokumen Pribadi

Ini karena bahan pembuatnya berasal dari microfleece yaitu bahan material sintetik yang dilapisi bahan fleece yang biasa digunakan sebagai bahan inner clodi berkualitas yang bersifat menjauhkan cairan sehingga terasa tetap kering. Saat dipakai Fleece ini akan langsung bersentuhan dengan kulit bayi. Selain sangat lembut dan bersifat menyerap air, bahan ini juga dapat tetap mengalirkan udara ke kulit bayi, mudah dicuci, dan cepat kering ketika dijemur. Meskipun memakai clodi merk lokal namun bayi saya bisa tetap merasa nyaman beraktifitas dan bebas ruam.

2. Insertnya gampang dimasukkan dan nggak bulky

Clodi little hippo yang saya cobakan ke bayi saya ini dilengkapi dengan 1 buah insert yang terdiri dari 3 layer microfiber dan 1 layer microfleece. 
Insertnya terdiri dari 4 layer. Foto : Dokumen Pribadi
Karena modelnya pocket maka Insert ini memang harus dimasukkan dulu ke dalam lubang yang tersedia sebelum dipakaikan ke bayi. Meskipun insertnya terdiri dari 4 layer namun setelah dipakai clodi ini tidak menggembung tebal (nggak bulky) sehingga bayi tetap bisa bergerak dengan bebas. 
Foto : Dokumen Pribadi
Saya biasanya memasang insert ini dengan memposisikan layer microfiber di bagian atas dan layer microfleece berada di bawah. Tujuannya supaya permukaan luar tetap selalu kering meskipun bayi saya pipis berkali-kali. Cairan pipis juga akan terkunci di tengah, nggak bocor ke atas maupun ke bawah karena lapisan atas terlindung oleh bahan microfleece yang nempel di permukaan dalam clodi. Sementara bagian bawah terlindung oleh layer microfleece yang nempel di bagian insertnya.

3. Insertnya bisa menyerap sempurna sehingga permukaan tetap kering

Clodi Little Hippo yang dipakai oleh Tifa ini memiliki insert yang terbuat dari bahan microfiber yaitu bahan yang bisa menyerap cairan secara sempurna. Microfiber merupakan kombinasi poliester bahan sintetik yang memiliki daya serap yang bagus dan menyerap cairan dengan cepat. Sehingga meskipun insert yang berada di dalam sudah basah kena pipis tapi permukaan microfleece yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi tetap kering.
Foto : Dokumen Pribadi
Selain tersedia insert microfiber, tersedia juga pilihan insert yang terbuat dari cotton bamboo yang memiliki kelebihan berupa bahannya lembut, mengalirkan udara dengan lancar, menyerap cairan lebih cepat, mempunyai sifat anti bakteri, dan mudah dibersihkan apabila terkena kotoran. Bahan cotton bamboo ini cocok untuk bayi yang memiliki jenis kulit sensitif. 

4. Bisa tahan hingga 4 - 5 jam tanpa bocor

Pengalaman saya memakaikan clodi little hippo untuk bayi saya telah membuktikan bahwa clodi ini bisa tahan dipakai hingga 4 - 5 jam tanpa bocor. Tentu ini tergantung juga pada volume BAK masing-masing anak. 
Bebas bermain tanpa khawatir bocor. Foto : Dokumen Pribadi
Tapi kalau misalnya bayi BAB ya harus segera diganti dengan clodi yang baru dan bersih. Sehingga menurut perhitungan saya dalam pemakaian sehari minimal kita harus sedia clodi Little Hippo sebanyak 5 - 6 buah. 

5. Motifnya keren dan tersedia dalam banyak pilihan 

Cloth diaper Little Hippo memiliki berbagai pilihan outer yang motifnya keren-keren. Biasanya clodi merk lokal itu kebanyakan outernya memang nggak bermotif alias polos, berbeda dengan clodi impor yang menyediakan pilihan outer bermotif yang warna-warni. Nah kini jika kita ingin mencari clodi lokal yang outernya tersedia dalam berbagai macam pilihan motif keren baik untuk bayi laki-laki maupun perempuan maka Little Hippo adalah jawabannya.
Berbagai macam pilihan motif clodi Little Hippo. Sumber : Fb Littlehippo
Selain motifnya yang eye catchy terdapat juga snap pada bagian outernya untuk adjust ukuran S, M, L dan XL. Pada bagian outer juga dilengkapi dengan perekat velcro yang warnanya matching sehingga mudah memakaikannya dan nggak gampang copot. Clodi little hippo ini bahan outernya 100% terbuat dari Polyester PUL Polyurethanelaminate. Meskipun bersifat waterproof tapi nggak kemresek dan tetap nyaman dipakai untuk bayi.
Bahan outernya 100% polyester jadi nggak bocor deh. Foto : Koleksi Pribadi
Well, setelah mencoba sendiri menggunakan clodi Little Hippo untuk bayi saya, kini image saya terhadap clodi merk lokal jadi berubah. Ternyata nggak semua clodi lokal itu kualitasnya kalah bersaing dengan clodi impor. Kehadiran clodi Little Hippo ini bisa jadi solusi buat para bunda yang selama ini menginginkan clodi murah berkualitas dan asli buatan Indonesia. 
Pakai Clodi Little Hippo Yuk...Foto : Dokumen Pribadi
Jika dibandingkan dengan penggunaan popok sekali pakai sebenarnya memang lebih banyak keuntungan yang ditawarkan dari penggunaan clodi ini. Selain lebih hemat dari sisi pengeluaran uang, penggunaan clodi juga bisa jadi upaya dalam rangka mengurangi timbunan sampah. Dengan memilih clodi untuk sang buah hati, kita juga bisa mengurangi resiko kulit bayi terpapar dari gel penyerap cairan (sodium polyacrylate) yang biasanya terdapat pada popok sekali pakai. Bahan gel ini infonya dapat mengakibatkan kulit bayi kehilangan kelembaban alaminya. Namun penggunaan popok sekali pakai maupun clodi tetap kembali pada pilihan masing-masing bunda ya.

Nah..jika para bunda memilih untuk menggunakan clodi untuk sang buah hati, maka silahkan ceki-ceki soal clodi Little Hippo ini di link berikut :


Reactions:

17 komentar:

  1. Babam pakai ini klo traveling
    Gampang cucinya

    BalasHapus
  2. Babam pakai ini klo traveling
    Gampang cucinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo dicuci cepet keringnya juga ya mbak

      Hapus
  3. Nyaman yaaa dengan Hippo ini, dan ekonomis krn bisa dicuci ^_^ jaman sekarang makin canggih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramah lingkungan juga manda...recomended deh

      Hapus
  4. waktu anakku masih bayik pakai diapers biasa aja mak, blum tau soal cloth diaper hippo, budget diapers lumayan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo pake diapers emang boros banget mbak

      Hapus
  5. Itungannya lebih irit ya mak kalok pakai ginian? (((Ginian))) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ginian..hihihi.clodi maksudnya hahaha

      Hapus
  6. Pilihan warna lengkap dan mitifnya lucu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motifnya keren ya..kayak model clodi impor

      Hapus
  7. Huaaa tau gitu pakaian clodi yaa Mak .. Hiks, tekor bandar pake diapers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Move on aja ke clodi mak..pilih yg little hippo

      Hapus
  8. Iya, semenjak pakai clodi, suamiku nggak lagi buang pospak bekas di tempat sampah, Mbak. Hahaha

    BalasHapus
  9. Sayaa jugaa suka mbak produk clodi dari little hippo. . Lucu lucuuu motifnyaaa. . Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..sama mbak...suka bgt sm motifnya

      Hapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)