Juni 15, 2017

Anyang-Anyangan, Wanita dan Prive Uri-Cran

Edit Posted by with 34 comments
Anyang-anyangan, Wanita dan Prive Uri-Cran. Wanita diciptakan Tuhan dengan dikaruniai naluri keibuan yang kuat. Hal ini menyebabkan banyak wanita yang kemudian jadi lebih fokus terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarganya ketimbang dirinya sendiri. Sebagai contoh misalnya seorang ibu yang terlalu sibuk mengurus anak, jadi jarang berolahraga. Atau wanita yang bekerja mencari nafkah untuk keluarga malah terkadang jadi mengabaikan waktu istirahat bagi dirinya sendiri. Padahal ada begitu banyak penyakit yang beresiko menyerang wanita terutama bagi mereka yang kurang menerapkan pola hidup sehat. Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada wanita adalah Infeksi Saluran Kemih dengan gejala awal berupa anyang-anyangan.

Kaum wanita memang lebih rentan untuk terkena infeksi saluran kemih semacam ini. Menurut survey yang pernah dilakukan oleh European Association of Urology dikatakan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Wanita aktif dengan mobilitas tinggi juga semakin rawan untuk terkena anyang-anyangan karena biasanya wanita yang aktif bekerja di luar rumah akan lebih sering menggunakan toilet umum. Walaupun sebenarnya siapapun bisa terkena resiko anyang-anyangan mulai dari anak-anak, ibu hamil, orang dewasa baik pria maupun wanita.

Sumber ilustrasi : booklet prive uri-cran 

Sebagai wanita saya juga pernah mengalami anyang-anyangan yang sangat mengganggu tepatnya pada bulan April kemarin. Awalnya saya merasa ingin buang air kecil terus menerus. Tapi lama-lama kok tiap habis buang air kecil seperti ada rasa mengganjal pada saluran kencing dan terasa nyeri. Saya pikir, mungkin karena saya kurang minum air putih. Namun setelah saya perbanyak konsumsi air putih, tetap saja rasa tidak nyaman pada saluran kencing tersebut belum menghilang juga. Justru terasa semakin mengganggu.

Kondisi semacam ini sangat menghambat aktivitas saya sehari-hari. Saat sedang bekerja di kantor, saya jadi tidak bisa fokus karena baru sebentar duduk sudah harus keluar ruangan untuk buang air kecil. Itupun rasanya tidak bisa tuntas. Akibatnya saat kembali duduk untuk melanjutkan pekerjaan rasanya tetap tidak nyaman. Begitu juga ketika saya tiba di rumah. Anyang-anyangan ini tetap saja masih mengganggu aktivitas saya dan bikin saya jadi uring-uringan sendiri.

Kemudian saya konsultasikan hal ini ke dokter. Dan saya disarankan untuk melakukan pemeriksaan urin ke laboratorium, karena indikasinya mengarah pada gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih adalah suatu infeksi yang terjadi ketika ada bakteri yang menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih ini terbagi menjadi 2, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bawah adalah infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya meliputi rasa selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Setelah saya melakukan tes urin, hasilnya menunjukkan kadar leukosit dalam urin melebihi batas normal. Yang seharusnya hanya 0-2, tapi hasil tes saya menunjukkan angka 7-8.
Hasil tes urin saya pada tgl 28 April 2017
Kata dokter, ini merupakan penanda awal adanya gejala infeksi pada saluran kencing. Jika tidak diobati bisa berkembang jadi infeksi yang lebih luas. Menurut dokter penyebab anyang-anyangan yang saya alami ini bisa karena kurang minum air putih dan bisa juga karena sering menahan buang air kecil. Iya sih benar juga analisanya karena beberapa bulan kemarin saya sering banget menahan buang air kecil terutama saat malam hari. Saya memang seringkali terjaga saat tengah malam untuk menyusui anak saya. Usai menyusui saya sering merasa haus dan terasa ingin buang air kecil. Tapi saya malas bangun karena sudah ngantuk berat dan juga capek karena seharian bekerja. Padahal sebenarnya tubuh saya sudah mengirim sinyal pertanda kurang cairan yaitu munculnya rasa haus dan kering di tenggorokan dan juga sinyal untuk segera membuang kotoran yang sudah menumpuk di kandung kemih. Tapi dasar saya yang pemalas malah lebih memilih untuk melanjutkan tidur daripada bangun sebentar untuk minum dan buang air kecil. Selain itu saya juga kurang minum air putih saat siang hari. Kalau sudah bekerja di kantor dan duduk di depan komputer saya sering lupa minum. Huft...baru saya sadari, ternyata saya sendiri termasuk dalam kategori wanita yang kurang menerapkan pola hidup sehat.

Selain karena alasan yang saya sebutkan di atas, Infeksi Saluran Kemih juga dapat disebabkan karena kondisi toilet yang tidak bersih, air untuk membasuh saat buang air yang tidak bersih serta arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak benar. Kondisi ini yang bikin bakteri jadi menempel pada dinding saluran kemih kita kemudian menyebabkan infeksi saluran kemih dengan gejala awal berupa anyang-anyangan. 

Nah, balik lagi ke hasil tes urin saya. Setelah diketahui angka leukosit yang di atas standar normal, kemudian saya diberikan resep antibiotik. Tapi jujur saja, saya tipe orang yang malas minum obat. Selain rasanya yang tidak enak, saya juga khawatir dengan efek sampingnya yang katanya bisa bikin tubuh jadi resisten. Apalagi saya juga sedang dalam masa menyusui. Sebisa mungkin saya jauhi obat-obatan kimia dulu deh. Kemudian saya berupaya mencari alternatif pengobatan lain untuk anyang-anyangan yang bersifat alami. 

Akhirnya setelah googling di internet saya menemukan informasi cara mengatasi anyang-anyangan secara alami dengan menggunakan Prive Uri-Cran. Ini merupakan produk suplemen makanan dari Combiphar yang mengandung ekstrak cranberry.
sumber gambar : dokumen pribadi
Cranberry atau Vaccinium oxycoccos adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Buah cranberry yang mempunyai warna merah tua ini tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek dan banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu juga kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.
sumber gambar : uricran.co.id

Buah Cranberry sendiri telah lama diteliti dan digunakan di Amerika serta terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Kasus anyang-anyangan memang 80% disebabkan oleh bakteri jenis ini. Bakteri E-Coli tersebut yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil. Adapun cara kerja buah cranberry dalam mengusir bakteri E-coli yang menempel pada saluran kemih digambarkan sebagai berikut:

sumber ilustrasi : booklet prive uri-cran
Dalam ilustrasi diatas digambarkan tentang zat Proantocyanidin (PAC) yang terkandung di dalam buah Cranberry dapat mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing. Ternyata manfaat buah cranberry memang ampuh untuk menyembuhkan anyang-anyangan dan mengatasi sakit buang air kecil. Tapi sayangnya buah ini sulit didapatkan di pasaran. Harganya juga mahal dan jika dibuat jus rasanya agak pahit dan asam. Tapi untungnya sekarang sudah ada Prive uri-cran sehingga saya tidak perlu repot lagi harus mencari buah cranberry.
Prive Uri -Cran kapsul dan powder sachet

Prive Uri-cran ini produknya ada 2 macam yaitu kapsul dan sediaan powder sachet. Prive Uri-cran kapsul terdiri dari 30 kapsul per box yang dijual dengan harga sekitar 120.000,-, sedangkan Prive Uri-cran Plus yang berbentuk sachet terdiri dari 15 sachet per box dengan harga jual sekitar 85.000,-. Berhubung saya ini rada susah minum obat yang model kapsul, makanya saya memilih untuk membeli Prive Uri-Cran Plus yang sediaannya dalam bentuk powder sachet. Saya kemarin membeli di apotik K-24. Selain di K-24, produk ini juga bisa didapatkan di apotik kimia farma, guardian, watson, century, viva health dan apotik lainnya. Kemarin saat beli di K-24, produk yang tersedia hanya tinggal 1 box. Langsung deh saya beli semua dan begitu sampai di rumah langsung saya coba minum.

sumber gambar : dokumen pribadi

Cara konsumsinya yaitu dengan melarutkan 1 sachet berisi powder ke dalam 100 - 150 ml air. Lebih segar jika menggunakan air dingin. Setelah diaduk rata, warna air akan berubah menjadi ungu. Lalu segera minum larutan tersebut sampai habis. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya minum sebanyak 2 gelas per hari selama kurang lebih 10 hari. Rasanya enak dan seger banget.

Finnaly, setelah saya konsumsi Prive Uri-cran selama 5 hari efeknya mulai terasa. Perasaan tidak nyaman di saluran kencing yang beberapa hari sangat mengganggu lama-lama menghilang. Dan akhirnya sayapun bisa kembali menjadi wanita aktif yang bebas beraktifitas tanpa gangguan anyang-anyangan. 

Eniwei Prive Uri-cran nggak hanya berfungsi untuk mengatasi susah buang air kecil saja lho. Bisa juga tetap dikonsumsi setiap hari meskipun anyang-anyangan sudah sembuh. Selain ada kandungan ekstrak cranberry yang bisa menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah berulangnya anyang-anyangan, di dalam produk Prive Uri-Cran Plus juga ada kandungan probiotic dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan saluran cerna. Produk ini juga sudah memiliki ijin edar resmi dari BPOM serta aman dikonsumsi anak-anak usia di atas 3 tahun. 
Sumber Inforafis : uricran.co.id
Pernah mengalami anyang-anyangan yang sangat mengganggu seperti yang saya ceritakan di atas bikin saya kapok. Nggak mau lagi deh kalau sampai kena anyang-anyangan lagi. Sehingga saya melakukan upaya pencegahan sebagai berikut agar anyang-anyangan nggak kembali berulang :

1. Tidak Menahan Berkemih
Jika merasa ingin berkemih sekarang saya nggak mau nahan-nahan lagi, karena hal ini bisa bikin bakteri E-coli yang sudah menempel pada saluran kemih jadi berkembang semakin banyak dan menimbulkan infeksi saluran kemih.

2. Membilas Dengan Benar
Usai BAB maupun BAK saya melakukan pembilasan dengan cara dari arah depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri tidak akan masuk ke vagina. Jika membilas dari arah belakang ke depan justru akan membawa semua kuman dan bakteri masuk ke dalam saluran kemih sehingga rentan menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.

3.Konsumsi Prive Uri-cran Plus
Meskipun sudah sembuh dari anyang-anyangan saya tetap konsumsi prive uri-cran sebanyak 1 sachet per hari sebagai upaya menjaga kesehatan saluran kemih agar anyang-anyangan tidak kembali berulang.

Nah, karena saya udah nyobain prive uri cran untuk menyembuhkan anyang-anyangan secara alami dan terbukti manjur, makanya produk ini recomended untuk dicoba oleh para wanita lainnya. Sebagai wanita kita memang harus selalu peduli terhadap kesehatan kewanitaan khususnya area sekitar saluran kemih. Karena resiko seorang wanita untuk terkena anyang-anyangan mencapai 50 %. Hal ini disebabkan karena anatomi saluran kemih wanita lebih pendek daripada laki-laki. Pada wanita jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Infeksi saluran Kemih ini jika tidak segera diobati dapat mengakibatkan kerusakan ginjal bahkan jika terjadi pada wanita hamil bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Saya pernah membaca berita tentang seorang artis wanita yang menderita infeksi saluran kemih saat hamil namun penanganannya terlambat. Akhirnya bakteri yang tadinya menginfeksi saluran kencing malah jadi menginfeksi bayi yang dikandungnya hingga bayinya meninggal. Wah...fatal banget ya ternyata akibatnya jika infeksi saluran kemih ini tidak segera ditangani dengan baik.
Anyang-Anyangan, Wanita dan Prive Uri-Cran
Hari Wanita Internasional yang diperingati pada tanggal 8 Maret 2017 yang lalu seharusnya bisa dijadikan momentum bagi para wanita Indonesia khususnya saya sendiri untuk lebih memperhatikan kesehatan kita masing-masing. Bukan hanya demi diri sendiri tetapi juga demi orang-orang yang kita cintai. Dengan selalu menjaga kesehatan tentunya para wanita khususnya kaum ibu bisa memiliki lebih banyak waktu berkualitas untuk mendampingi anak-anak dan keluarga. Apalagi di jaman emansipasi seperti saat ini dimana sudah banyak wanita yang memiliki karir cemerlang dan bebas menentukan pilihan bagi diri sendiri. Wanita yang dulunya selalu dibatasi dalam menentukan pilihan kini semakin banyak mendapatkan dukungan positif untuk menentukan apapun pilihan terbaik bagi kehidupannya. Dalam hal ini termasuk menentukan pilihan untuk hidup sehat serta terbebas dari anyang-anyangan secara alami. Jika dulu pilihannya hanya ada obat-obatan kimia, bersyukur kini sudah ada Prive Uri-cran yang merupakan solusi pertama di Indonesia untuk menyembuhkan anyang-anyangan secara alami dan juga menjaga kesehatan kewanitaan. 

Reactions:

34 komentar:

  1. Huaa Mak Ari sibuk banget sih ya, semoga ke depannya nggak sering nahan pipis lagi ya. Saya juga sering beser kalau malam, palagi pas minum teh, duh bolak balik ke kamar mandi. Prive uri cran bisa jadi alternatif yang lebih aman ya buat bumil dan busui:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..iya dulu klo malem suka males bangun pas kebelet pipis. Tp sekarang udah kapok mak...meskipun ngantuk berat tetep hrs ke kamar mandi

      Hapus
  2. Rasanya kayaknya segar banget y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seger bgt apalagi kalo dingin

      Hapus
  3. Wah.. lengkap. Iya nih. Ga nyaman kl anyang2an. Enak ya ini? Kayak manis segar.

    BalasHapus
  4. Wah.. lengkap. Iya nih. Ga nyaman kl anyang2an. Enak ya ini? Kayak manis segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak nyaman banget mbak. Jangan sampe deh anyang2an lagi

      Hapus
  5. Semua bisa anyang-anyangan ya Mom. Semoga kita selalu sehat, untung ada Prive Uri Cran. Sukses MOm :)

    BalasHapus
  6. Rasanya enak ya mak, khasiatnya juga ternyata bagus banget buat kita para wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak aya...diminum tiap hari juga rasanya enak di badan

      Hapus
  7. Anyang-anyangan memang sangat mengganggu ya..nggak nyaman banget.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung udah ada prive uri cran ya mak

      Hapus
  8. anyang2an mmg buat gak betah, dan gak nyaman, barutau ada solusinya, tfs ya mak

    BalasHapus
  9. uricran ini enak banget rsanya menurutku, asam manis menyegarkan..bermanfaat pula tapi kayanya kalo anak masih terlalu asam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi anakku suka juga lho minum ini. Umurnya 7 tahun sih

      Hapus
  10. Wahh baru paham nih.. harus banyak gerak juga minum cuku gak boleh nahan pipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting jangan suka nahan pipis itu mbak

      Hapus
  11. Nah, suka nahan kencing itu hindari meskipun dalam perjalanan.
    Makanya kalau pas naik kereta yg gak ada toiletnya usahakan sebelum naik udah pipis.
    Kalau blm kebelet ya, setelah turun dari kereta segera ke toilet dulu.

    BalasHapus
  12. Wainiii, penting. Akhirnya ada solusi menggantikan karet. ^:^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak...iya dulu pas kecil klo anyang2an suka disuruh ngaretin jempol kaki ya

      Hapus
  13. Jaman kecil sering bgt kena anyang2an rasanya gak enak bgt, tp baru tahu klo anyang2an itu tnya ba jd bahaya. Makasih sharingnya ya mak..

    BalasHapus
  14. aku jg dulu suru test urin tapi akunya takut alhamdulilah sembuh si mba untung y ada uri cran mamlu cegah anyang2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uri cran memang jadi solusi bgt ya buat anyang2an

      Hapus
  15. wah praktis banget ya maak, tfs :)

    BalasHapus
  16. waktu kecil aku sering ngalamin disuruh pake karet dijempol >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..ternyata mak kachan jg sempet jd korban karet 😂

      Hapus
  17. setiap kali baca tulisan tentang uricran ini jadi penasaran pingin nyoba. Kalau sehat minum ini jadi beser gak ya?

    BalasHapus
  18. Syelamaaatt ya maaak :) Makin cantik paripurna
    Kindly visit my blog bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)