Mei 14, 2017

Berbagai Hal Terbaik Untuk Yang Teristimewa Saya Temukan di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017

Edit Posted by with 13 comments
Foto : Dokumen Pribadi
Pregnancy is a kind of miracle. Saya sendiri memaknai proses kehamilan itu sebagai sebuah keajaiban yang sangat indah. Ketika seorang ibu dan bayi yang dikandungnya merasakan perjalanan bersama selama 9 bulan lamanya, tak terpisahkan satu sama lain...wah..itu indah banget dan bikin kangen. Makanya demi pengen nostalgia masa-masa hamil dan menambah ilmu tentang kehamilan (siapa tau suatu saat dikasih hamil lagi) so.. waktu kemarin Minggu tanggal 7 Mei 2017 ada even PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) - Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS  yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Jogjakarta saya tertarik untuk hadir. Apalagi waktunya juga pas hari libur sehingga saya tidak perlu repot ijin kerja. Saya berangkat ke even ini bersama Tifa. Jujur kalau datang ke even ngajak Tifa pasti jadi rempong karena Tifa nggak bisa diajak duduk diam lama-lama. Tapi misal nggak diajak, rasanya kok nggak adil juga buat Tifa jika saat liburan masih saja saya tinggal pergi. Mengingat dari hari senin sampai sabtu dia sudah saya tinggal bekerja. Akhirnya dalam hati saya cuma bisa berdoa semoga Tifa tidak rewel saat saya ajak ke acara PPEJ 2017 kali ini. 
Foto : Dokumen Pribadi
Setiba di lokasi ternyata sudah ramai sekali berkumpul para peserta PPEJ 2017. Kebanyakan yang datang adalah para ibu hamil yang mengenakan dress code warna ungu. Ada yang datang dengan pasangan dan ada juga yang membawa serta bayi dan anak-anaknya. PRENAGEN Pregnancy Educational Journey merupakan event rutin yang diselenggarakan oleh brand Prenagen setiap tahunnya. Untuk kegiatan PPEJ tahun ini temanya adalah "Terbaik Untuk Yang Teristimewa". Saya merasa beruntung bisa hadir di acara ini karena ternyata disini saya menemukan berbagai macam hal Terbaik untuk Yang Teristimewa yang rasanya sayang banget kalau nggak dishare diblog. 

1. Booth Bump To Birth Yang Lengkap

Saat pertama kali tiba dilokasi saya langsung berkeliling untuk melihat berbagai macam booth yang disediakan oleh PRENAGEN. Ada booth konsultasi kehamilan, booth nutrisi, booth Hallo Bumil hingga booth konsultasi menyusui. Sambil menunggu acara talkshow dimulai, saya mengunjungi beberapa booth. Salah satu booth yang menarik perhatian saya adalah booth nutrisi. 
Booth Bump To Birth Yang Lengkap. Foto : Dok.Pribadi
Disini peserta bisa mencicipi kreasi minum susu PRENAGEN yang semakin kaya gizi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan rasanya juga lezat. Saya juga sempat mengikuti survei produk susu PRENAGEN dengan cara mencicipi susu yang sudah diberi tanda kemudian saya menuliskan penilaian terhadap rasanya serta memberikan ranking. Dengan ikut survey ini saya bisa membawa pulang gimmick cantik dari PRENAGEN. 
gimmick cantik dari booth prenagen. foto : dok.pri
Oh..iya saya juga sempat mampir ke booth Hallo Bumil. Di booth ini saya mendapatkan informasi tentang aplikasi Hallo Bumil yang detail selengkapnya akan saya jelaskan nanti. Di booth Hallo Bumil ini lagi-lagi saya mendapatkan gimmick dari PRENAGEN karena saya berhasil menginstal aplikasi Hallo Bumil di smartphone saya. Menurut pengamatan saya, semua booth yang disediakan oleh PRENAGEN benar-benar memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengunjung. Bahkan Tifa juga bisa ikut nyicip puding milna kesukaannya diacara ini. 

2. TalkShow Yang Menarik dan Edukatif

Setelah puas berkeliling, akhirnya tiba waktunya untuk masuk ke ballroom kasultanan dan mengikuti acara Talkshow. Ruangannya nyaman dan adem sehingga Tifa bisa merasa nyaman meskipun suasana di dalam cukup ramai. Bahkan lama-lama Tifa bisa bobok nyenyak sehingga saya bisa fokus menimba ilmu. 
Panggungnya megah dan bernuansa ungu. Foto : Dok.Pribadi
Acara talkshow dimulai dengan tampilnya Mona Ratuliu sebagai salah satu brand ambassador PRENAGEN yang kali ini bertugas sebagai pemandu acara. Hadir juga penyanyi pop Andien dengan didampingi oleh suaminya yang menyampaikan sharing tentang pengalaman Andien menjalani masa kehamilan dan menyusui. Saat sharing session ini, suaminya Andien cerita tentang betapa carenya dia saat Andien menjalani masa kehamilan. Katanya nih, semua yang dimakan oleh Andien saat hamil juga dicicipi oleh sang suami termasuk susu prenagen. Jadi si suami ini pengen memastikan bahwa apa yang dimakan oleh istri dan juga janin dalam kandungan itu benar-benar sehat. Karena bagi mereka berdua proses kehamilan itu adalah kehamilan bersama bagi suami dan istri. Kalau selama hamil istri harus konsumsi makanan sehat dan bergizi maka suami juga harus mendukung. Jangan sampai misalnya istri nggak boleh makan mie instant tapi suaminya malah hobi makan mie instant tiap hari. Catet tuh..dukungan suami penting banget terutama dalam memastikan asupan nutrisi terbaik bagi ibu hamil.

Selain itu dr. Dyah Rumekti, SPOG selaku ketua POGI yang sempat tampil sebentar di awal acara talkshow juga sempat ngomong gini, "Kondisi anak saat sudah besar itu ditentukan oleh apa yang dikonsumsi ibunya sejak hamil. Jadi kalau misal sudah besar si anak nggak pinter atau susah diatur jangan salahkan si anak. Tanyakan pada diri sendiri, dulu saat hamil apa nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik?" Wah ini sih saya setuju sekali, karena nutrisi selama hamil itu memang akan sangat menentukan masa depan anak hingga dewasa nanti.

PRENAGEN memang paling mengerti apa yang dibutuhkan oleh para ibu hamil dan menyusui. Sehingga dalam even kali ini dihadirkan para pakar profesional yang semakin menambah ilmu dan wawasan para ibu. Selanjutnya hadir seorang ahli kebidanan dan ginekologi, dr. Martina Hutabarat, SpOG, yang menyampaikan tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan si Kecil. Dikatakan bahwa plasenta adalah penghubung janin dengan ibu yang berfungsi mengalirkan nutrisi dan oksigen kepada janin. Jika terjadi masalah pada plasenta maka kesehatan ibu dan janin juga akan mengalami gangguan seperti resiko terjadi preeclampsia, prematuritas, diabetes melitus gestasional hingga kematian janin. Plasenta juga berperan besar dalam pembentukan sistem saraf, mekanisme transpor DHA yang efek jangka panjangnya nanti akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan kognitif anak. Saat dr. Martina menyampaikan materinya saya sempat mewek terharu ketika ditayangkan gambar perkembangan janin dalam kandungan dari waktu ke waktu dalam bentuk gambar USG 4 dimensi. Whuaa...langsung meleleh air mata saya karena ingat masa-masa saat mengandung Tayo dan Tifa. Untung saat itu saya sedang memeluk Tifa yang tertidur pulas. Jadi rasa haru saya bisa tersalurkan dengan cara makin erat memeluk Tifa dan semakin ingin memberikan yang terbaik untuknya. 
Multitasking mom, belajar sambil ngelonin anak. Foto : Dok.Pribadi
Kata dr. Martina kesehatan plasenta itu sangat ditentukan oleh nutrisi yang diasup selama kehamilan mulai dari trimester pertama. Namun biasanya saat hamil trimester pertama para ibu mengalami mual dan nggak doyan makan yang beresiko jadi penghambat masuknya nutrisi ke dalam tubuh. Iya sih, saya sendiri ingat saat hamil trimester pertama biasanya memang bumil nggak bisa makan banyak sehingga butuh suplemen untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi. Makanya penting bagi para ibu hamil untuk konsumsi susu hamil sejak awal. Harus susu hamil lho yang diminum, bukan susu biasa. Karena kandungan gizi yang terdapat di dalam susu hamil berbeda dengan susu biasa. Susu hamil formulanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi bagi ibu dan janin di dalam kandungan.
dr. Martina menyampaikan materi tentang kesehatan plasenta. Sumbar Foto : twitter @prenagenworld
Sumber : twitter @prenagenworld
Talk Show selanjutnya menghadirkan Dr. Soeroyo Machfudz, Sp.A (K), seorang spesialis tumbuh kembang anak yang menyampaikan materi tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf dan Redflag si Kecil. Ditegaskan oleh dr. Suroyo bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik yang wajib diberikan pada bayi umur 0-6 bulan. Beliau mengibaratkan jika susu bayi mulai dari merk biasa hingga premium diurutkan posisinya dari bawah sampai ke atas maka posisi ASI ini jauh berada di sidrotul muntaha yaitu urutan langit tertinggi dalam ajaran agama Islam. Di dalam ASI terkandung laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang, juga kolostrum yang menunjang pembentukan mielin yaitu selubung pada saraf otak. Selain itu ASI juga kaya akan zat besi yang penting untuk perkembangan otak anak. Perkembangan syaraf di dalam otak ini erat sekali hubungannya dengan perkembangan kecerdasan. Sehingga jika ingin punya anak cerdas maka nutrisinya harus dipenuhi mulai dari masa kehamilan hingga menyusui. 

Dalam sesi ini, dr. Soeroyo juga menyampaikan tentang pentingnya untuk selalu memantau tumbuh kembang anak dan melakukan stimulasi sejak dini. Pemantauan pertumbuhan ini dilakukan dengan menimbang berat badan dan mengukur lingkar kepala serta mengamati perkembangan aspek motorik, sosial dan bicara pada anak. Ada standar milestone tumbuh kembang yang harus dicapai oleh anak pada usia tertentu misalnya saat usia 6 bulan minimal anak harus sudah bisa berbalik dari posisi telungkup ke telentang, tersenyum, menggenggam mainan, meraih benda yang ada didekatnya. Misalnya ditemukan ada kemampuan yang belum dicapai anak pada usia tersebut maka ini merupakan redflag yang wajib dikonsultasikan oleh orang tua ke dokter spesialis tumbuh kembang untuk mendapat penanganan. Pentingnya memantau tumbuh kembang anak secara rutin adalah jika ditemukan redflag sejak dini maka penanganannya tidak akan terlambat dan masih bisa dikejar untuk pemberian stimulasinya. 

Nah, pas sesi dr. Soeroyo ini kebetulan pas Tifa bangun dari tidurnya. Padahal saya lagi asyik pegang gadget mau ikutan live tweet. Melihat saya pegang gadget, Tifa tertarik pengen ikut pegang. Dan saat itulah dr. Soeroyo bilang gini, "Jangan berikan gadget pada anak umur dibawah 2 tahun, karena itu berefek tidak baik untuk tumbuh kembangnya". Jleb..langsung deh saya jauhin gadget saya dari Tifa. Lalu Tifa mulai rewel pengen keluar dari ballroom, padahal acaranya belum kelar. Saya sedang berusaha bujuk Tifa untuk tetap bertahan di dalam ruangan, tapi lagi-lagi saya diingatkan oleh dr. Soeroyo yang bilang gini, "Bagi orang tua yang sudah memiliki anak, maka yang harus diutamakan adalah anaknya. Bukan dirinya sendiri. Pesan saya untuk para orang tua yang bekerja, saat sudah pulang ke rumah nggak usah mikir urusan rumah dulu. Tapi sapa anak dengan kasih sayang terlebih dulu. Karena yang dibutuhkan oleh anak itu bukan lamanya waktu bersama orang tua melainkan kualitasnya". Lagi-lagi jleb banget deh rasanya di dalam hati karena merasa diingetin sampai 2 kali..hehehe..langsung deh saya turutin kemauannya Tifa untuk main diluar dan nggak memaksakan kehendak saya.

3. Launching Aplikasi Hallo Bumil

Dalam event ini juga dilakukan launching aplikasi Hallo Bumil yang dilakukan di awal acara. Ini merupakan aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang secara interaktif memberikan informasi kepada para calon ibu yang sedang hamil secara tepat waktu. 
Aplikasi  pendampingan kehamilan pertama di Indonesia. Foto : Dok.Pribadi
Ada berbagai fitur menarik seperti kontrol kehamilan, berbagai artikel seputar kehamilan serta album foto kehamilan yang bisa digunakan untuk menyimpan foto moment kehamilan para ibu dari waktu ke waktu. Ada juga fitur timeline kehamilan yang sangat menarik dimana seolah-olah janin kita berbicara tentang perkembangan dirinya di dalam rahim secara konsisten.  Aplikasi Hallo Bumil dapat diunduh di Android secara gratis melalui Play Store atau bisa juga diunduh di sini

4. Suasana Yang Ramah Bumil dan Ramah Anak

PRENAGEN itu kalau ngadain even memang nggak pernah setengah-setengah. Selalu total dalam menyiapkan segalanya. Termasuk PPEJ2017 kali ini didesain dengan suasana yang benar-benar ramah ibu hamil dan juga ramah anak. Saya amati mulai dari setting tempat hingga konsumsi yang disediakan sangat memperhatikan kebutuhan ibu dan anak. Minuman yang dibagikan untuk peserta bukan sekedar air mineral biasa lho..tapi berupa PRENAGEN jus buah dan sayur yang mengandung ekstrak daun katuk dan bisa memperlancar produksi ASI. Rasanya juga seger banget.
Saya dan Tifa sempat nyobain photo boothnya. Foto : Dokumen pribadi
Untuk setting tempat disediakan photobooth yang bisa digunakan untuk mengabadikan moment hamil para ibu secara gratis, lengkap dengan properti foto yang lucu-lucu. Wah..inikan bisa bikin para bumil jadi semakin bahagia karena bisa foto-foto seru dengan pasangan atau anak. Kalau bumil bahagia maka janin didalam kandungan juga bakalan ikut hepi. 
Ada area bermain untuk anak. Foto : dok.pribadi
Selain itu juga disediakan area bermain untuk anak-anak seperti pojok mewarnai dan arena bermain lainnya. Sehingga saat anak saya mulai bosan, saya bisa mengajaknya bermain dan Tifa jadi nggak rewel. Tifa juga bisa berinteraksi dengan teman-teman baru yang semakin melatih kecerdasan sosialnya. 

5. Cooking Demo Menu Sehat Untuk Kehamilan

Sambil menemani Tifa bermain di area anak saya masih bisa menyimak acara cooking demo yang dibawakan oleh Cheff Eddrian. Sayangnya saya nggak bisa melihat jalannya acara karena harus menjaga Tifa diluar ballroom. Tapi sayup-sayup saya bisa mendengar penjelasan bahwa ternyata PRENGEN ini bisa lho dikreasikan penyajiannya dengan buah dan sayur. 
Resep Nutrisi Sehat favorit saya . Foto : Dok.Pribadi
Meskipun nggak bisa nyimak acara cooking demo dengan lengkap, tapi saya tetep dapat buku resep nutrisi sehat bersama PRENAGEN yang bisa saya coba sendiri di rumah.

6. Senam PRENAFIT

Setelah diajak masak-masak, selanjutnya para peserta diajak untuk melakukan senam PRENAfit yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil dan setelah melahirkan agar Ibu tetap bugar yang dilatih langsung oleh Adianti Reksoprodjo, seorang instruktur yang memiliki sertifikat pertama di Indonesia senam prenatal dan post prenatal. 
Senam PRENAfit. Sumber Foto : twitter @prenagenworld
Senam ini bermanfaat untuk melatih pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan juga paha yang dibutuhkan oleh para ibu baik saat hamil maupun pasca melahirkan. Selain itu senam PRENAFit juga dapat membantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina & kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan, mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional & tekanan darah tinggi pada saat hamil , dan juga dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia. Tapi tetep ya harus disesuaikan dengan kondisi ibu saat hamil dan juga petunjuk dari dokter. Sayangnya, saya juga nggak bisa ikut praktek senam PRENAFit karena harus menjaga Tifa bermain tapi untungnya semua peserta PPEJ 2017 dapat DVD senam yang bisa dipraktekkan di rumah.
Sumber : twitter @prenagenworld

7. Produk Terbaik dan Terlengkap untuk Yang Teristimewa

PRENAGEN ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui yang telah menemani para ibu di Indonesia selama 30 tahun merupakan brand terpercaya yang berdiri dibawah naungan Kalbe Nutritionals. Dalam event ini para ibu juga bisa mendapatkan berbagai macam produk nutrisi kehamilan dan menyusui yang terbaik dan terlengkap untuk yang teristimewa dari PRENAGEN. Seperti yang dikatakan oleh Andien dan juga dr. Martina, "You Are What Your Mother Eat" bahwa apa jadinya kita saat ini sangat tergantung dengan apa yang dimakan oleh ibu kita sejak jaman kita berada di dalam kandungan. Momen kritisnya adalah pada masa 1000 hari pertama kehidupan seorang anak yaitu dari sejak usia 0 di dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Dalam masa kritis ini nutrisi memegang peran yang sangat penting untuk proses tumbuh kembang selanjutnya. PRENAGEN hadir dengan formula PRENAPro yaitu nutrisi periode emas untuk memastikan bahwa zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin selama masa kritis ini dapat tercukupi secara optimal. Di even PPEJ2017 ini para peserta bisa membeli produk PRENAGEN dengan harga terbaik dan bisa juga mendapatkan berbagai hadiah menarik untuk pembelian dengan nominal tertentu. 
Bisa belanja Prenagen dengan harga terbaik, dapat hadiah menarik pula. Foto : Dok.Pribadi
Bump to Birth Expert. Foto : Dok.Pribadi
Setelah rangkaian acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2017 selesai, para peserta diajak berkomitmen bersama dalam mendukung kehamilan yang sehat. Harapannya para ibu bisa semakin sadar tentang pentingnya minum susu hamil dan menyusui dalam rangka memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati. Hal ini memang penting untuk dikampanyekan karena angka minum susu di Indonesia masih rendah yaitu 11 liter/kapita/tahun. Angka ini masih jauh jika dibandingkan dengan negara kawasan asia lainnya serta negara maju yang sudah berada pada angka minum susu diatas 20 liter/kapita/tahun. Kenapa minum susu ini penting? karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin minum susu maka anaknya akan memiliki tinggi badan yang optimal. Angka minum susu yang rendah di Indonesia ini juga ternyata sesuai dengan kondisi dimana masih banyak ditemukannya anak dengan stunting (pendek) karena nutrisi yang diperoleh sejak dalam kandungan kurang optimal. Selain itu minum susu saat hamil juga bisa membantu mengurangi resiko kesehatan pada ibu hamil dan janin sehingga diharapkan dapat membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI) di Indonesia. Poin pentingnya dengan minum susu hamil dan menyusui diharapkan para ibu hamil di Indonesia bisa selalu sehat dan melahirkan generasi penerus yang lebih sehat, lebih cerdas dan lebih baik dari generasi sebelumnya.
Komitmen bersama untuk Ibu Sehat, Indonesia Sehat. Sumber :twitter @prenangenworld
Gara-gara ikut event PPEJ 2017 saya jadi semangat untuk minum susu lagi. Jujur saja sejak Tifa lulus Asi Eksklusif saya jadi berhenti minum susu PRENAGEN Lactamom. Padahal saat sedang masa menyusui sebaiknya minum susu ini tetap dilakukan oleh ibu sampai anak usia 2 tahun. Iya sih sekarang usia Tifa sudah 15 bulan. Meskipun Tifa sudah konsumsi MP ASI tapi saya masih tetap menyusui dan berencana untuk terus menyusui Tifa sampai dia umur 2 tahun. Meskipun sempat berhenti minum susu PRENAGEN Lactamom, tapi nggak ada kata terlambat untuk memulainya lagi. Mumpung usia Tifa belum 2 tahun dan masih dalam periode emas...yuuk..semangat minum susu lagi^^
semangat minum susu lagi. foto : dok.pribadi
Menurut saya even PRENAGEN Pregnancy Educational Journey ini sangat penting untuk diikuti oleh para ibu hamil dan menyusui dan perlu diadakan terus secara rutin setiap tahun. Karena di acara PPEJ 2017 kali ini ada banyak sekali hal terbaik untuk yang teristimewa yang dapat mendukung para ibu untuk memberikan hal-hal terbaik bagi buah hati yang dikandungnya. Nah..buat para ibu maupun calon ibu yang tertarik untuk mengikuti even PPEJ 2017 selanjutnya jangan sampai ketinggalan ya. Info lengkapnya bisa cek di sosial media PRENAGEN berikut ini: 

Facebook: Prenagenworld
Twitter: @Prenagenworld
Instagram: @prenagenworld

Reactions:

13 komentar:

  1. Hai mba. Aku pas hamil dulu juga minum susu hamil untuk kesehatan ibu dann bayi yang dikandung, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan dong kita mbak..aku sampe koleksi gelas prenagen. Karena pas hamil beli banyak trus dpt hadiah gelas hahaha

      Hapus
  2. Seruu ya acaranya... sayang ga bisa ikutan. Btw, siap promil lagi ya mak Ari? 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya seru juga ya kalo punya anak 3..hehe..hamilny sih siap tapi kalo udah lahir aku bingung kalo punya anak 3 tanpa ART. Kecuali aku resign kerja...hahaha

      Hapus
  3. Aku kira kayak Mak Liya, siap hamil lagi nih:). Thanks ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap menyusui sampe Tifa umur 2 taun dulu aja deh mak...hihihi

      Hapus
  4. Waah...asik banget yaaa..
    Ilmunya padat manfaat. Aku juga dulu hamil anak pertama minum Prenagen emesis sama esensis mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan banget kita mak aya..aku hamil pertama dan kedua sampe nyusuin juga minumnya prenagen. Suamiku itu yg rajin beliin susu 😀

      Hapus
  5. Daritadi baca ulasan tentang kehamilan mulu nih, apakah pertandaaa....syudduduuu hahaa..

    Dulu aku jarang minum susu bumil, sekalinya beli ya prenagen yang rasa coklat..

    BalasHapus
  6. Aku malah lupa bawa gimmick dr booth Hallobumil, lah peserta nya sdh antri :)

    BalasHapus
  7. Waah Tifa siap punya adek lagi nih, mamanya udah prepare Prenagen

    BalasHapus
  8. Wah.. infonya lengkap bangettt..

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)