Juli 20, 2016

Sharing Parenting With Ummu Nawazim

Edit Posted by with 4 comments
Saya selalu merasa kagum setiap kali bertemu dengan ibu yang memiliki banyak putra. Misalnya memiliki 4,5,6 atau 7 putra. Bagi saya hal tersebut merupakan hal yang luar biasa. Apalagi jika ibu tersebut mampu mendidik setiap anak dengan hasil yang baik. Menurut saya itu keren banget. Sejujurnya saya pribadi senang juga sih misalnya bisa memiliki banyak anak, karena pasti suasana rumah nggak akan pernah sepi. Tapi sepertinya saya memang belum mampu mengemban amanah sebesar itu, karena baru punya anak 2 saja rasanya sudah rempong banget. Masalahnya saya dan suami sama-sama bekerja dan saya juga nggak terbiasa hidup dengan bantuan dari asisten rumah tangga. Maunya apa-apa saya urus sendiri, nggak usah pakai asisten. Lha kalau misalnya saya punya banyak anak sepertinya imposible juga untuk menjalani pola hidup yang tetap harus kerja tapi tetep keras kepala nggak mau pake jasa asisten rumah tangga.

Oh..ya ngomong-ngomong soal anak saya punya lho seorang teman blogger yang pengalamannya dalam mendidik anak lebih senior daripada saya dan kiprahnya sebagai seorang ibu juga sangat luar biasa, karena beliau ini mampu mendidik dan membesarkan 5 orang anak. Meski sibuk mengurus 5 buah hatinya tapi teman saya ini juga masih sempat ngeblog dan nulis buku juga. Penasaran dengan teman yang saya maksud ini? 

Teman saya ini bernama Nunung nurlaela, saya biasa memanggilnya mak nunung. Alamat blognya ada di http://www.nunungnurlaela.com/Saat pertama kali bertemu kesan keibuan sudah langsung terpancar dari wajahnya yang teduh. Orangnya juga ramah dan baik banget. Saya pertama kali ketemu sama mak nunung ini pas acara demo masak fiesta seafood dengan bintang tamu chef Arnold. Waktu itu mak Nunung sedang hamil putranya yang ke-4. Dan di tahun 2016 ini alhamdulilah mak Nunung baru saja melahirkan putranya yang ke-5. selamat ya maaak...

Mak Nunung & Keluarga. Sumber : Fb Nunung Nurlaela

Jujur saya itu suka penasaran kalau ketemu sama emak yang punya anak banyak. Penasaran pengen nyuri ilmu tentang bagaimana sih caranya kok bisa hamil dan melahirkan sampai 5 kali tapi kayaknya nggak pernah kena sindrom baby blues? Saya yang cuma baru 2 kali melahirkan aja kena baby blues terus. Yang kedua saya juga kepo tentang bagaimana caranya bisa mendidik 5 anak biar semuanya bisa tumbuh jadi anak yang saleh dan saleha? ini penting banget buat contekan saya. Lalu yang terakhir saya kepo banget pengen tahu bagaimana cara membagi waktu supaya tetap bisa punya waktu buat me time meskipun setiap hari punya aktivitas padat mengurus 5 buah hati?

Berikut jawaban dari mak nunung yang berhasil saya peroleh dari wawancara singkat beberapa waktu lalu ;

Jumlah putra mak nunung itu 5 ya? kalo lahiran itu biasanya ada ibu yang suka ngalamin baby blues, kalo mak nunung kayaknya ga pernah ya. tipsnya apa mak biar gampang ngelahirin dan nggak ngerasain baby blues?

Haha...kata siapa ga pernah? Kelahiran anak pertama saya baby blues mak...tapi nggak parah. Biasa. Cuma khawatir nggak bisa merawat anak dsb. Karena tinggal di tempat mertua juga sih. Nah, baru yang kedua dst itu sudah nggak merasakan lagi. Tips nya ya, yakin aja mak. Sugestikan diri kita ini bisa merawat bayi kita. Kita tidak sendiri, ada banyak yang sayang sama kita. Minta dukungan doa dan support dari orang terdekat kita.

Aku punya anak 2 aja rempong banget rasanya, nah kalo mak Nunung mendidik 5 anak rasanya gimana mak? bagi tips dong untuk mendidik anak agar tumbuh jadi anak yang soleh dan saleha

Rasanya hidup kayak permen nano- nano mak :) tipsnya saya nggak berpijak pada ilmu-ilmu parenting yang banyak itu. Karena tiap kondisi anak berbeda. Pertama menanamkan aqidah kepada mereka. Dari situ akan terurai yang lain. Menanamkan nilai atau qimah dalam beraktivitas yaitu nilai ruhiyah, insaniyah, akhlaqiyah, dan madiyah. Tips yang lain, jalani aja mak, hadapi anak-anak dengan yakin. Jangan takut gagal. Syukuri apa pun kondisi anak. Tidak terburu-buru dan memaksa anak dalam hal yang tidak wajib terutama. Jangan lupa, segera istighfar dan tarik nafas jika kita menghadapi anak yang nggak sesuai. Atau kalau kita keceplosan marah atau memukul anak, segera minta maaf dan beri alasan mengapa kita marah/memukul dia.

Gimana cara mak Nunung menikmati me time setelah mengurus 5 anak?

Minta waktu izin sama suami mak...minta me time :) Nanti suami yang akan handle semua. Biasanya malem, misal pingin ngeblog. Ya pokoknya dinikmati aja apa yang ada mak...soalnya ga selalu mulus me time nya haha...

Cuma ada 3 pertanyaan sih. Tapi ternyata jawaban yang diberikan oleh mak Nunung bikin ilmu saya jadi nambah. Yang paling saya garis bawahi adalah tips untuk Tidak terburu-buru dan memaksa anak dalam hal yang tidak wajib terutama. Jangan lupa, segera istighfar dan tarik nafas jika kita menghadapi anak yang nggak sesuai. Ini perlu saya beri cetak tebal karena terkadang saya masih suka nggak sabaran dalam mendidik anak, pengennya anak cepetan bisa ini dan itu. Padahal kemampuan anak belum tentu seperti yang kita inginkan. Terimakasih ya mak Nunung sudah diingatkan. Ternyata meski wawancaranya cuma singkat, tapi ada banyak manfaat yang bisa saya dapatkan dalam sharing soal parenting bersama Ummu Nawazim ini. 


Reactions:

4 komentar:

  1. Memang menginspirasi ya Mak Nunung itu.. :D

    BalasHapus
  2. malu sama mak nunung. saya aslinya juga suka punya banyak anak. tapi yang selalu kepikir itu bisa sabar ga ya sayanya?

    kalo dilihat mak-mak yang anaknya banyak itu biasanya suabar pol dan awet muda.

    BalasHapus
  3. Makasih, Mak Ari.Tulisannya kece. Btw,sama2 belajar jadi orang tua yang baik, ya, Mak. Semangat! *menyemangati diriku terutama 😀

    BalasHapus
  4. Sama dgn mba ari..baru dua saja merasa rempong (padahal saya IRt). Makanya ibu2 yg bisa mengurus banyak anak itu memang hebaaat. Salam kenal mbak ^_^

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)