Juli 15, 2016

Cantik itu Peduli

Edit Posted by with 2 comments

Kecantikan terpancar dari dalam hati, yaitu dari keindahan kebaikan kecil dan sederhana yang kita lakukan sehari-hari. Dengan selalu menebar peduli maka kau akan menemukan kecantikan sejatimu.

Secara kodrati setiap wanita pasti punya keinginan untuk selalu terlihat cantik. Itulah sebabnya kebanyakan wanita suka sekali berdandan. Kebutuhan untuk berdandan ini mendorong banyak diciptakannya berbagai macam produk untuk menunjang penampilan para wanita seperti produk kosmetik, fashion, perhiasan, pernak-pernik aksesoris dan lain sebagainya. Dengan semakin marak bermunculan produk pendukung tersebut maka kini sangat mudah bagi wanita untuk bisa tampil cantik secara maksimal. Kekurangan fisik yang membuat penampilan jadi kurang menarik bisa dikoreksi dengan menggunakan kosmetik. Misalnya dengan menerapkan tehnik shading yang pas maka hidung yang pesek bisa jadi terlihat lebih mancung, atau kulit yang kurang mulus bisa tampak lebih halus saat ditutup dengan menggunakan foundation. Bibir yang terlalu tebal bisa terlihat lebih tipis jika disiasati dengan menerapkan tehnik penggunaan lipstik yang benar. Sehingga menjadi cantik itu sekarang memang bukan perkara yang sulit.

Menjadi cantik secara fisik memang mudah tapi butuh biaya. Apalagi jika memilih untuk melakukan perawatan kecantikan secara rutin di salon atau beauty klinik yang kini semakin banyak bermunculan. Biaya yang dibutuhkan tentu akan semakin mahal. Meski mahal, namun banyak juga wanita yang tidak merasa keberatan mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah hanya demi mendapatkan yang namanya kecantikan fisik. Padahal sebenarnya kecantikan fisik bukan merupakan kecantikan sejati. Pelan tapi pasti kelak kecantikan fisik akan memudar seiring dengan pertambahan usia kita.

Kecantikan sejati sebenarnya adalah kecantikan yang terpancar dari dalam hati. Bagi saya hal ini mengandung makna yang sangat dalam. Cantik itu peduli, begitu cara saya memaknai tentang cantik dari hatiKecantikan terpancar dari keindahan kebaikan kecil dan sederhana yang kita lakukan sehari-hari. Seperti memberikan senyuman yang tulus kepada orang-orang di sekitar kita. Seulas senyum cantik dan tulus yang ditujukan untuk mengirimkan cinta dan kasih sayang bagi orang lain. Selain itu rasa peduli juga bisa diwujudkan dengan selalu menjaga perkataan kita agar tidak menyakiti hati lawan bicara. Selalu mengucapkan kata-kata yang baik yang membangun persahabatan dan menghapuskan rasa benci.

Namun sayangnya di era modern seperti sekarang rasa peduli pada sesama sudah menjadi hal yang langka. Jangankan berbagi senyum, kebiasaan bertegur sapa saja kini sudah dikalahkan dengan kebiasaan khusyu bercengkerama dengan gadget masing-masing. Saat sedang naik angkutan umum misalnya, terkadang kita lebih suka menundukkan kepala asyik dengan gadget kita sendiri tanpa peduli lagi dengan lingkungan sekitar. Padahal mungkin di samping kita ada perempuan tua yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga terpaksa harus berdiri lama, namun kita tidak bisa melihatnya karena sudah asyik bermain dengan gadget. Sehingga tak ada salahnya jika sekali waktu kita coba untuk menyimpan dulu gadget kita dan memanfaatkan waktu untuk lebih peduli serta bertegur sapa dengan orang-orang disekitar kita. Percaya deh, hanya dengan melakukan kepedulian kecil semacam ini maka derajat kecantikan kita akan bertambah.

Peduli juga bisa diwujudkan dengan kebiasaan   memberi seperti bersedekah untuk orang miskin, menyenangkan kaum fakir, menyantuni anak yatim dan mengenyangkan perut orang-orang yang lapar. Dengan membahagiakan mereka maka kita juga akan ikut merasakan kebahagiaan. Hati yang bahagia tentu juga akan semakin memancarkan kecantikan kita.

Rasa peduli juga harus selalu kita tunjukkan kepada orang-orang terdekat kita seperti peduli kepada buah hati dengan cara mendidik anak-anak sesuai ajaran agama, sunnah serta memberi nasihat yang bermanfaat bagi mereka. Termasuk menunjukkan rasa bakti terhadap orangtua dan suami, bersilaturahmi kepada saudara maupun tetangga serta berlaku penuh kelembutan kepada sesama tanpa memandang status sosial. Pada kenyataannya kelembutan merupakan keindahan yang memiliki makna tanpa batas. Kelembutan dalam bersikap dan bertutur kata akan menambah kecantikan wanita menjadi berlipat-lipat.

Dengan kecantikan fisik yang dimiliki, seorang wanita memang akan tampak lebih indah dari bunga-bunga di taman. Namun kecantikan fisik yang didukung dengan akhlak yang baik serta sikap tawadlu yang selalu dikedepankan akan semakin meninggikan derajat kecantikan tersebut hingga lebih tinggi daripada purnama. Dengan rasa cinta dan peduli kepada sesama maka kecantikan sejati seorang wanita akan semakin terpancar dan menjadikannya bagai wanita paling cantik sejagat raya.

Kecantikan yang seutuhnya adalah ketika seorang wanita mampu mensyukuri karunia penampilan fisik yang dia miliki apapun kondisinya dan mau peduli untuk menjaga dan merawatnya. Dia berusaha menjaga dan menggunakan kecantikannya tersebut untuk kebaikan sebagai tanda syukur terhadap karunia yang diberikan Tuhan. 

Sebagai wanita saya akui, saya juga ingin selalu terlihat cantik meskipun sebenarnya ada banyak kekurangan secara fisik yang saya miliki. Sejujurnya saya juga merasa sangat terbantu dengan adanya kosmetik karena dengan menggunakan kosmetik maka flek hitam yang mulai bermunculan di kulit wajah saya sedikit demi sedikit mulai bisa berkurang. Selain itu penampilan wajah saya juga bisa tampak selalu segar sepanjang hari sehingga lebih nyaman dipandang mata terutama saat dipandang oleh suami. 

Cantik dengan Wardah Kosmetik

Dalam memilih kosmetik, syarat halal sudah jadi harga mati bagi saya karena sebagai seorang wanita muslim perkara halal ini memang bukan hal main-main. Maka dari itu saya selalu memilih Wardah sebagai kosmetik yang sangat saya percaya selama bertahun-tahun. Wardah merupakan perusahaan kosmetik yang sangat serius berkomitmen dalam mengedepankan kualitas produk serta memformulasikannya secara halal dan berkualitas sesuai dengan karakteristik kulit wanita. 


Kosmetik Wardah untuk Penampilan Sehari-hari
Selain itu saya juga sangat suka dengan filosofi wardah yang menyatakan bahwa kosmetik tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk jiwa. Kecantikan seorang wanita akan membuat ia merasa mencintai dirinya sendiri sebanyak dan sedalam ia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Ya, cantik itu peduli sehingga mari kita tebarkan rasa peduli kepada sesama agar kecantikan sejati selalu terpancar dari dalam hati. Tentunya juga supaya kecantikan yang kita miliki bisa abadi baik di dunia maupun di akherat kelak.



Reactions:

2 komentar:

  1. yang halal bikin ga ragu ya mbak. dengan ga ragu, ga kepikiran jadi bisa menjaga kesegaran wajah ya karena ga mumet berkerut-kerut :-)

    BalasHapus
  2. mbak arifahhhh, inshaallah kita ketemu di wardah event yahhh, muah muah :*

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)