Mei 31, 2016

#BahagiadiRumah itu Sederhana, Lakukan 8 Hal Membahagiakan ini

Edit Posted by with 7 comments

Bahagia itu serderhana. Kalimat ini mengajarkan pada saya agar tidak melulu mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan kesenangan. Saya bisa merasakan kebahagiaan hanya dengan melakukan hal-hal sederhana seperti bercengkerama bersama teman atau sahabat, kencan di taman berdua saja dengan pasangan, atau sekedar mendengarkan lagu-lagu favorit. Selain itu, sesekali saya juga suka meniru tingkah laku anak-anak demi mendapatkan kebahagiaan, yaitu dengan cara banyak tertawa. Lihat saja, anak-anak bisa tertawa lebih dari 400 kali sehari. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan orang dewasa yang rata-rata hanya tersenyum sebanyak 6 kali dalam sehari. Beberapa penelitian yang pernah saya baca menyebutkan bahwa tertawa terbukti ampuh untuk mengatasi stres, mengurangi rasa sakit, sekaligus membuat hati jadi lebih tenang. Sejumlah sumber juga menyebutkan bahwa tertawa selama 10 menit bisa efektif membakar 50 kalori dalam tubuh. Efek ini sama dengan memakan sepotong coklat, yang hasilnya mampu meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh dan menimbulkan perasaan bahagia.

Bahagia itu ternyata menyehatkan ya, namun sayangnya banyak orang yang merasa sulit untuk bahagia terutama kaum hawa. Maklum saja karena wanita diciptakan dengan tingkat kepekaan yang lebih tinggi dibandingkan kaum pria. Sedikit saja terusik maka mood saya akan mudah berubah jadi buruk, seperti lilin yang mudah padam. Begitulah kenyataannya, saya memang tidak pandai mempertahankan rasa bahagia di dalam hati saya. Apalagi jika saya sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan di tempat kerja yang menguras banyak energi dan pikiran yang membuat saya terjebak dalam situasi yang kurang menyenangkan.

Bersyukur saat ini saya sudah memiliki keluarga, tempat dimana saya bisa pulang dan kembali menemukan kebahagiaan saya. Suami yang penuh perhatian dan menyayangi saya, anak-anak yang selalu menantikan saya pulang ke rumah, mereka semua adalah semangat saya. Momen berkumpul bersama anak-anak dan suami di rumah bagaikan pemantik yang mampu menyalakan kembali lilin kebahagiaan di dalam hati saya yang sempat padam karena terpapar stres di tempat kerja.


Rumah dan keluarga merupakan anugerah terindah dalam hidup saya
 

Namun ada saatnya saya merasa kesepian saat berada di rumah, misalnya saat suami sedang pergi dinas keluar kota dalam waktu lama atau saat anak saya sedang ingin bermain di rumah sahabatnya. Rumah jadi terasa sangat sepi dan jauh dari keceriaan. Dalam situasi semacam ini maka saya harus bisa mencari cara untuk bisa menciptakan keceriaan dan kebahagiaan sendiri meskipun sedang berada di rumah seorang diri. Bagaimana caranya ? Berikut 8 hal membahagiakan yang biasa saya lakukan saat sedang sendirian di rumah :

  1. Mengikuti akun instagram para selebriti yang kerap mengunggah foto atau video dengan ekspresi kocak seperti princess syahrini. Gaya lucunya mampu membuat saya tertawa geli.
  2. Menonton koleksi DVD film komedi favorit, terkadang saya suka mengulang kembali adegan dalam film komedi yang mampu membuat saya tertawa terbahak-bahak.
  3. Bermain dengan binatang peliharaan usai bekerja seharian. Kebetulan saya memelihara kelinci di rumah saya. Bermain dengan mereka saat tidak ada anak-anak, terbukti mampu membuat rasa lelah saya langsung lenyap manakala melihat mimik dan tingkah laku mereka yang menggemaskan.
  4. Mengatur ulang dekorasi rumah agar suasana tidak membosankan. Tidak perlu membeli perabotan baru, hanya dengan memindahkan posisi beberapa perabot di tempat yang berbeda serta menambahkan lukisan atau gambar-gambar berwarna cerah pada dinding sudah mampu menciptakan suasana baru di rumah dan mampu membangkitkan kembali mood saya.
  5. Berkebun sambil menikmati warna-warni bunga di taman merupakan salah satu kegiatan favorit yang menyenangkan. Bunga yang berwarna-warni tersebut juga sering saya jadikan obyek untuk berlatih fotografi. Apabila hasil fotonya memuaskan maka foto ini bisa saya beri pigura kemudian saya pergunakan untuk melengkapi dekorasi dinding rumah agar tampak lebih indah.
  6. Memasak menu favorit yaitu dengan mencoba bereksperimen dengan resep masakan baru seperti cake atau bolu. Mencium aroma wangi kue saat sedang dipanggang dalam oven membuat suasana rumah jadi terasa lebih hommy. Jika kuenya sudah matang bisa jadi sajian yang mengejutkan bagi suami dan anak-anak saat mereka tiba di rumah.
  7. Bermain game adalah kegiatan mengasyikkan yang mampu menjadikan waktu jadi terasa sangat cepat berlalu. Namun saya tetap harus bisa mengendalikan diri agar jangan sampai lupa waktu. Bisa-bisa pekerjaan rumah yang lain malah jadi terbengkalai lantaran terlalu asyik nge-game.
  8. Membaca tabloid favorit saya yaitu NOVA. Pada perayaan Novaversary yaitu perayaan ulang tahun NOVA yang ke-28 tahun ini, tabloid ini memang berusaha untuk bisa semakin dekat dengan para sahabat NOVA agar semakin melengkapi kebahagiaan dan kehangatan keluarga di rumah. Tabloid NOVA kini bisa saya akses secara online, sehingga saat saya sedang berada di rumah dan tidak sempat membeli tabloid dalam bentuk cetak maka saya tetap masih bisa membaca berbagai informasi update seputar news, selebriti, kesehatan, mode dan kecantikan, karier, jalan-jalan hingga resep masakan dengan cara yang mudah dan praktis. 

Sebagai wanita saat ini saya memang masih terus belajar agar bisa selalu mempertahankan rasa bahagia di dalam hati supaya ia tidak mudah datang dan pergi. Karena kebahagiaan saya sangat berpengaruh terhadap orang terdekat di sekitar saya seperti suami, keluarga, anak-anak, sahabat atau orang lain. Jika saya tak bahagia, bagaimana saya bisa mengurus anak-anak saya dengan baik? Kebahagiaan itu sifatnya menular, ibu yang bahagia akan melahirkan anak-anak yang bahagia pula. Istri yang bahagia juga akan mampu membahagiakan suaminya. Dengan kebahagiaan, hidup seorang wanita akan menjadi lebih berarti di mata siapapun.

Bahagia itu tidak perlu mahal. Untuk bisa mendapatkan kesenangan, saya tidak harus menghabiskan waktu dengan pergi belanja barang brended ke mall atau liburan keluar negeri karena hanya dengan melakukan 8 hal sederhana tersebut di atas maka saya sudah bisa merasa #BahagiadiRumah.


Reactions:

7 komentar:

  1. betul y mba, kita harus bisa menciptakan kebahagiaan sendiri di dlm rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..biar nggak gampang bete kalau pas sendirian di rumah :)

      Hapus
  2. kalau saya sih yang wajib itu nonton bareng dirumah, bisa jadi acara itu yang ditunggu sepanjang minggu, hehehe

    BalasHapus
  3. semakin asik dan bahagia tuh rumah, semakin akur dah keluarga jadi samawa deh, hehehe

    BalasHapus
  4. nomor 1 sama kayak saya mbak.... saya suka intip instagram bintang favourite
    kadang hepi jg melihat polah mereka hehehe

    selamat ya....

    BalasHapus
  5. Selamat yaa tulisannya jd jawara

    BalasHapus
  6. Ternyata bahagia itu sederhana ya mb...suka baca tulisannya...

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)