Maret 24, 2016

Maximal Performance With Samsung Galaxy S7

Edit Posted by with 18 comments


Pmax = f ( M x A ) + SGS7


Yang tertulis di atas itu bukan rumus fisika. Melainkan rumus teori kinerja yang sudah sedikit saya modifikasi sendiri untuk lebih meningkatkan performance saya dalam bekerja. Namun sebelum membahas tentang rumus yang sudah saya modifikasi tersebut, akan saya jelaskan dulu mulai dari rumus dasarnya yaitu :



Keterangan :
P = Performance atau kinerja
A = Ability atau kemampuan
M = Motivation atau motivasi

Rumus dasar ini saya kutip dari Kopelman yang mengemukakan teori atribusi bahwa kinerja merupakan hasil interaksi antara motivasi dan ability, yang dirumuskan dengan formula sebagai berikut: P(Performance) merupakan hasil interaksi antara fungsi M(Motivation) dan A(Ability) yang dapat ditulis sebagai rumus: P = f (M x A). 

Berdasarkan teori ini bisa diartikan bahwa seseorang yang rendah dalam salah satu komponen maka kinerjanya akan rendah pula. Orang yang kinerjanya rendah, bisa jadi merupakan hasil dari motivasinya yang rendah atau kemampuannya yang kurang atau kedua-duanya yaitu motivasi dan kemampuannya yang rendah. Sebaliknya orang yang kinerjanya bagus bisa dipastikan ia punya kemampuan yang baik dan didukung dengan motivasi kerja yang tinggi. Teori kinerja ini bisa diterapkan dalam semua bidang pekerjaan, namun dalam tulisan ini saya akan membahas tentang pekerjaan saya sendiri. 

Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas dan saat ini menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala bagian tata usaha. Meski sudah menduduki jabatan struktural, namun saya berencana untuk alih fungsi ke jabatan fungsional sebagai Health Promoter atau Penyuluh Kesehatan. Bukannya saya tidak menyukai jabatan saya yang sekarang, tapi jiwa saya memang lebih suka dengan pekerjaan lapangan dan saya juga ingin lebih mengembangkan kemampuan dan kreativitas saya dalam bidang promosi kesehatan. Dalam dunia kerja pemerintahan, alih jabatan semacam ini bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak prosedur yang harus dilalui, salah satunya adalah mengikuti diklat jabatan fungsional Penyuluh Kesehatan. Langkah ini sudah saya lakukan pada bulan Oktober tahun 2015 yang lalu. Dan langkah selanjutnya yang harus saya tempuh untuk menuju level jabatan fungsional penyuluh kesehatan adalah mengajukan pengunduran diri dari jabatan struktural saya yang sekarang kemudian mulai melaksanakan ketugasan sebagai health promoter dan menyusun PAK (Penilaian Angka Kredit) Awal.

Penyuluh Kesehatan atau bahasa kerennya adalah Health Promoter adalah jenis pekerjaan yang sangat dinamis. Untuk bisa menjadi seorang Health Promoter yang profesional tentunya rumus P= f(MxA) sangat bisa diterapkan. Apalagi di era yang sudah semakin maju dan penuh tantangan seperti sekarang, Health Promoter di puskesmas juga harus meningkatkan kemampuan dan motivasinya agar bisa menjalankan tugasnya secara lebih profesional.

Mampukah saya menjadi Profesional Health Promoter?

Jika ditanya soal kemampuan (Ability) yang saya miliki, maka diatas kertas jelas saya memenuhi syarat untuk bisa menduduki jabatan tersebut. Karena saya adalah seorang sarjana Kesehatan Masyarakat lulusan dari Universitas Negeri terkemuka di Semarang yang sudah teruji kemampuannya bekerja di bidang kesehatan selama hampir 10 tahun. Jadi soal kemampuan, insyaAllah saya mampu.

Lalu untuk urusan motivasi, insyaAllah saya juga punya motivasi kerja yang tinggi. Semua tugas yang saya emban, alhamdulilah selama ini sanggup saya selesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan dan kualitasnyapun memuaskan. Saat masih awal bekerja sebagai PNS dan menjadi staf biasa, dalam waktu 4 tahun saya sudah mendapat promosi untuk duduk di jabatan struktural sampai dengan saat ini. Saya bisa cepat dapat promosi seperti ini bukan karena kedekatan dengan atasan, tapi karena saya selalu menunjukkan performance kerja yang baik. Motivasi yang tinggi memang sangat menentukan hasil kinerja kita, dan motivasi ini bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari lingkungan tempat kerja yang nyaman, teman-teman kerja yang mendukung dan bersahabat, keluarga, termasuk motivasi spiritual seperti prinsip bahwa bekerja adalah ibadah. Jadi motivasi tidak melulu soal uang atau gaji yang akan didapatkan, walaupun biasanya hal ini yang jadi motivasi utama seseorang dalam bekerja.

Quote keren ini jadi motivasi saya dalam bekerja. Percayalah :)

Berdasarkan Ability dan Motivation yang saya miliki maka saat menjadi Health Promoter nanti insyaAllah Performance saya akan tetap baik. Namun tampaknya masih kurang maksimal jika hanya mengandalkan 2 hal tersebut. Karena untuk menjadi seorang Health Promoter profesional perlu yang namanya dukungan sarana. Tugas dari Health Promoter adalah melaksanakan kegiatan advokasi, pembinaan suasana dan gerakan pemberdayaan informasi, membuat rancangan media, serta melakukan pengkajian/penelitian perilaku masayarakat yang berhubungan dengan kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Memang ada banyak hal yang harus dilakukan dalam melakukan upaya promosi kesehatan ini salah satunya membuat rancangan media promosi yang menarik dalam rangka edukasi dan penyadaran kepada masyarakat.

Tugas penyuluh kesehatan tersebut memang sangat dekat dengan komunikasi, teknologi dan kreativitas. Apalagi jaman sekarang, dimana masyarakat sudah tidak tertarik lagi jika hanya mendengarkan penyuluhan kesehatan dalam bentuk ceramah biasa. Sehingga seorang health promoter kini dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam mengemas pesan-pesan kesehatan agar bisa diterima masyarakat dan juga agar pesan tersebut benar-benar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari sinilah performance seorang Health Promoter harus lebih di maksimalkan lagi. Sehingga untuk mencapai performance maksimal, saya sedikit memodifikasi rumus Kopelman yang tertulis di atas menjadi : 


Keterangan :
Pmax = Performance Maximal
A = Ability atau kemampuan
M = Motivation atau motivasi
SGS7 = SAMSUNG GALAXY S7


Menurut pendapat saya selain bermodalkan kemampuan yang baik dan motivasi yang tinggi, agar kinerja seorang health promoter semakin maksimal maka perlu ditambah sarana pendukung berupa SAMSUNG GALAXY S7



Moment Rilis Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 merupakan smartphone terbaru keluaran Samsung. Setelah sukses merilis Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge sebagai The Next Smartphone pada bulan Maret 2015 yang lalu, kini Samsung kembali berinovasi meluncurkan Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge yang memiliki fitur high performance. Smartphone terbaru ini dirilis di Barcelona pada tanggal 22 Februari 2016 pada event Galaxy Unpacked 2016. Fitur High Performance yang disematkan pada smartphone ini akan semakin membantu penggunanya untuk menaklukkan segala ketidakmungkinan, tantangan, dan meraih kesempatan. Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy S6, spesifikasi dari Samsung Galaxy S7 memang menjanjikan kinerja sebuah smartphone yang lebih tinggi, terutama pada kamera, desain, kapasitas baterai dan CPU serta RAM. Inovasi ini memang sengaja dihadirkan untuk memberikan akses penuh tanpa batas dalam teknologi pada konsumen setia Samsung yang selanjutnya dapat membantu konsumen memperoleh pencapaian lebih baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan.

Moment Rilis Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Hal menarik yang saya lihat dari launching SAMSUNG GALAXY S7 kali ini adalah bersamaan dengan peluncuran duet flagship Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung juga memperkenalkan kamera portabel bernama "Gear 360". Kamera ini memiliki kemampuan untuk membidik dan merekam konten visual 360 derajat atau multi-angle. Sehingga saat menyaksikan sebuah video, kita akan merasa benar-benar hadir di suatu tempat atau kejadian. Gear 360 ini hanya kompatibel dengan perangkat flagship Samsung. Selain Galaxy S7 dan S7 Edge termutakhir, kamera ini juga bisa disinkronkan dengan trio Galaxy S6 (regular, Edge, Edge+), serta Galaxy Note 5. Penasaran dengan produk terbaru dari Samsung ini? coba lihat saja videonya di http://www.youtube.com/samsungmobile. Dijamin bikin makin mupeng :)



How Samsung Galaxy S7 can enable me to achieve my next level performance as a Health Promoter?

Saat ini teknologi memang sudah terbukti dapat semakin membantu karir profesional kita. Salah satunya adalah smartphone. SAMSUNG GALAXY S7 merupakan produk terbaru Samsung yang menjanjikan fitur-fitur high performance yang dapat membantu saya menjalankan sebuah kehidupan serta menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang lebih smart dan modern. SAMSUNG GALAXY S7 lebih dari sekedar smartphone, bisa dikatakan ini adalah rekan kerja yang selalu bisa diandalkan pada situasi apapun.

Kamera Ponsel Terbaik Yang Pernah Ada

Bagi seorang health promoter punya kamera itu hukumnya wajib. Karena untuk bisa membuat media promosi kesehatan yang menarik maka dibutuhkan gambar atau foto dengan kualitas yang bagus. Misalnya membuat poster atau leaflet untuk sarana edukasi masyarakat. Hasilnya akan lebih menarik jika dilengkapi dengan foto-foto yang diambil dari wilayah kerja sendiri dan masyarakat setempat yang jadi modelnya. Hunting foto biasanya dilakukan saat kegiatan posyandu atau saat survei ke masyarakat. Dengan menggunakan kamera smartphone 12 MP yang terdapat pada SAMSUNG GALAXY S7 maka saya tak perlu lagi menenteng kamera DSLR yang berat. Begitu pula saat mengambil gambar dengan objek yang bergerak, misalnya saat memfoto kegiatan aktivitas fisik seperti lari, bersepeda, atau senam yang akan saya gunakan sebagai ilustrasi media promosi dengan tema pentingnya aktivitas fisik setiap hari untuk menjaga kesehatan. Hasil foto dengan menggunakan SAMSUNG GALAXY S7 akan jadi jauh lebih tajam dibanding dengan hasil foto dengan smartphone yang saya miliki sekarang, karena kamera smartphone dari SAMSUNG GALAXY S7 sudah dibekali dengan teknologi revolusioner dual pixel dimana setiap pixel memiliki sensor ganda yang memungkinkan kamera menangkap focus dalam waktu singkat, yakni 0.2 detik, meski objek sedang bergerak sehingga mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik. 



Selain bekerja di kantor, saya juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga di rumah dan saat ini sedang punya bayi umur 1,5 bulan. Mengikuti momen tumbuh kembang bayi juga merupakan hal yang sangat berharga buat saya. Seperti jaman anak pertama dulu, setiap momen tumbuh kembang anak saya selalu saya abadikan dengan menggunakan foto maupun video. Tapi dulu saya selalu kesulitan saat mengabadikan momen berharga tersebut saat malam hari, padahal saya biasanya bisa bermain dengan anak justru pada malam hari karena dari pagi hingga sore hari sudah sibuk kerja di kantor. Nah, dengan kamera yang terdapat pada SAMSUNG GALAXY S7 yang sudah didukung dengan bukaan lensa f1.7, saya tidak akan mengalami kendala lagi saat mengabadikan momen dalam kondisi minim cahaya. Fitur aperture lensa yang lebih besar tersebut memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam sensor sehingga kamera SAMSUNG GALAXY S7 mampu menghasilkan gambar dengan kualitas prima dalam keadaan minim pencahayaan (low light) atau membelakangi cahaya (backlight) sekalipun. Fitur ini memungkinkan saya untuk bisa mengambil foto di malam hari dengan hasil yang tetap terlihat terang dan tajam. Terkadang momen berharga tumbuh kembang anak itu datang saat malam hari, misalnya tiba-tiba dia bisa tengkurap, duduk atau bisa berdiri sendiri. Dengan SAMSUNG GALAXY S7 maka saya tidak akan lagi mengalami masalah pencahayaan saat mengabadikan momen di malam hari. Hasil rekaman video maupun fotonya juga sangat jernih dan tajam. Ini benar-benar bekerja seperti layaknya sebuah kamera professional. 


Selain sibuk bekerja di kantor dan menjadi ibu di rumah, saya juga butuh yang namanya me time. Orang bilang work hard, play hard. Waktu me time biasa saya gunakan untuk blogging atau kumpul-kumpul bersama teman. Saat berkumpul dengan teman-teman hal menarik yang biasa dilakukan adalah selfie atau welfie. Katanya sih biar kekinian. Selfie dengan menggunakan kamera SAMSUNG GALAXY S7 juga akan terasa lebih menyenangkan karena smartphone ini memiliki kamera depan 5MP yang dilengkapi dengan fitur spotlight dan selfie flash untuk tampilan foto wajah yang lebih cerah serta fitur wide selfie yang memungkinkan kita untuk menggeser kamera ke samping hingga 120˚ sehingga hasil gambar lebih oke saat digunakan untuk welfie.



Camera SAMSUNG GALAXY S7 juga punya berbagai macam tool yang lengkap sehingga kita bisa lebih banyak berkreasi saat mengambil gambar. Ada berbagai macam tool menarik seperti Motion Panorama, Motion Photo dan Motion Hyperlapse, yang akan memungkinkan kita untuk menghasilkan foto bergerak. Sebagai contoh adalah Fitur Motion Photo yang dapat menangkap gambar 3 detik sebelum kita menekan tombol Shutter. Dengan begini kita bisa memilih momen terbaik yang sempat terlewat sebelum sempat menekan tombol kamera. Ada lagi fitur unik seperti Motion Hyperlapse yang bisa memotret dengan mode time-lapse karena sudah didukung teknologi VDIS (Video Digital Image Stabilization).


Hasil gambar dengan menggunakan fitur Motion Panorama
Hasil Gambar dengan menggunakan fitur Motion Hyperlapse & Motion Photo


Design yang Mewah dan Elegan

Dalam dunia promosi kesehatan, penampilan seorang Health Promoter itu juga sangat penting. Penampilan yang smart dan meyakinkan akan membuat kita jadi lebih dipercaya oleh masyarakat, apalagi jika berhadapan dengan masyarakat perkotaan yang lebih modern serta memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jika penampilan kurang meyakinkan, jangankan masyarakat mau merubah perilaku. Mau mendengarkan dan percaya pada penyuluh kesehatannya saja belum tentu, maka dari itu penampilan memegang peran yang sangat penting bagi suksesnya sebuah alih informasi. SAMSUNG GALAXY S7 yang tampil dengan desain mewah dan berkelas ini akan mendukung penampilan saya jadi semakin terlihat smart dan elegan. 


SAMSUNG GALAXY S7 didesain dengan menggunakan proses esklusif yang disebut 3D thermoforming, yaitu menyatukan kaca 3D dan logam sehingga menghasilkan lekuk yang indah dan kuat serta layar yang melengkung. Logam yang digunakan adalah aluminium 6030 yaitu jenis alumunium yang biasa digunakan pada sepeda gunung, mobil atau pesawat. Perpaduan antara logam dan kaca tersebut menghasilkan rangka yang kuat, tahan gores, tahan benturan namun tetap terlihat halus. Body smartphone ini juga sangat tipis dan ergonomis, sehingga sangat nyaman digenggaman tangan dan praktis saat dioperasikan walau hanya dengan menggunakan satu tangan saja (one hand). Untuk pilihan warnanya juga macam-macam. Ada 4 pilihan yaitu Black Onyk, Gold Platinum, Silver Titanium dan White Pearl.


SAMSUNG GALAXY S7 juga tampil apik dengan menggunakan teknologi layar 5.1 Quad HD Super AMOLED 2560x1440 Pixels (577 PPI) Always-On Display. Layar ini memberikan tampilan warna gambar yang lebih jernih, cerah dan resolusi yang lebih tinggi. Jadi saat melakukan aktivitas menonton video atau film mata kita akan jadi lebih nyaman dan tidak cepat lelah.



Smartphone ini juga dibekali dengan sertifikasi IP68 yang memungkinkannya bertahan dari siraman air, debu dan ditenggelamkan ke dalam air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Bahkan selama berada di dalam air, kita tetap bisa lho bermain game atau menggunakan kamera untuk mengambil gambar. Dari review yang saya baca, infonya selama berada di dalam air, kita juga tidak perlu menutup port USB dan audio earphone jacknya.


Dengan adanya sertifikasi IP68 ini saya jadi tidak perlu lagi menggunakan waterproof case underwater untuk melindungi smartphone saya dari kemungkinan basah oleh air saat sedang beraktivitas di area seperti kolam renang, sungai atau pantai.  Selain itu saat sedang bekerja di lapangan saya juga tidak akan khawatir lagi dengan kejadian tak terduga seperti misalnya tiba-tiba smartphone terjatuh ke dalam air atau saat turun hujan, karena sertifikat IP68 memberi jaminan perlindungan terhadap smartphone saya dari kerusakan yang disebabkan oleh air maupun debu. 

Battery Dengan Kapasitas Lebih Besar

Health promoter dituntut juga untuk punya wawasan yang luas dan selalu update dengan berbagai informasi kesehatan terbaru, sehingga aktivitas membaca itu sangatlah penting. Selain itu Health promoter juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan stakeholder terkait. Dengan adanya teknologi smartphone seperti sekarang aktivitas ini jadi semakin mudah dilakukan. Ditengah kesibukan, dengan menggunakan smartphone saya masih bisa browsing internet untuk membaca berita atau informasi kesehatan terbaru demi menambah wawasan. Menjalin komunikasi dengan kader kesehatan maupun tokoh masyarakat juga lebih praktis dilakukan dengan menggunakan smartphone. 



Aktivitas ini tentu akan jadi terganggu jika baterai smartphone tiba-tiba mati. Sehingga dibutuhkan smartphone dengan baterai yang berkapasitas besar dan dayanya tahan lama. Dengan SAMSUNG GALAXY S7 yang punya kapasitas baterai 3000 mAh, maka saya bisa menjalankan aktivitas tersebut dengan lebih nyaman tanpa khawatir cepat kehabisan baterai. Selain punya kapasitas baterai yang besar, smartphone ini juga memiliki kemampuan pengecasan yang sangat cepat (fast-charging) sehingga lebih efisien. Ini cocok sekali untuk orang yang memiliki aktivitas padat dan sering terburu-buru seperti saya.  

CPU & RAM Yang Menjanjikan Performance Lebih Tinggi

Samsung Galaxy S7 didukung Prosesor Exynos 8890 Octa core 2.3GHz Quad + 1.6Hz Quad memory serta RAM 4 GB dan 32 GB internal yang sudah terintegrasi Android OS, v6.0 (Marshmallow). Dengan spesifikasi tersebut dan kapasitas RAM yang lebih besar, smartphone ini jadi memiliki kinerja dengan level yang lebih tinggi. 



Dengan kinerja smartphone yang makin tinggi ini maka kinerja sayapun akan jadi lebih maksimal. Dalam dunia promosi kesehatan, smartphone memang terbukti semakin memudahkan pekerjaan. Jaman sekarang dimana semua orang memiliki smartphone dan setiap hari bersentuhan dengan sosial media, maka kegiatan promosi kesehatan akan jadi lebih efektif juga jika disampaikan dengan memanfaatkan sosial media tersebut. Selain lebih praktis, jangkauannya juga jadi lebih luas. Selain itu smartphone juga bisa sangat membantu dalam mengumpulkan materi dan bahan untuk membuat rancangan media promosi. Ada banyak informasi kesehatan yang bisa saya download dari internet melalui smartphone dan bisa saya gunakan untuk mendukung pekerjaan saya sebagai contoh : informasi kesehatan mulai dari soal nutrisi, hygiene sanitasi, stress control dan lain sebagainya. Selain googling untuk mendownload informasi tersebut saya juga sering membuka aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi dengan teman, kemudian beralih ke aplikasi blogger untuk update blog, selanjutnya membuka SKP online untuk memasukkan data pekerjaan saya, buffering video di youtube untuk mencari ide, mengecek dan mengirim email, berkomunikasi dengan teman-teman melalui sosial media, dan lain sebagainya. Semua kegiatan ini tentu butuh smartphone yang bisa bekerja dengan lancar tanpa hambatan dan bebas lemot. Kegiatan multitasking ini membantu saya untuk lebih cepat dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Dengan kapasitas RAM sebesar 4GB yang dimiliki oleh SAMSUNG GALAXY S7 maka semua kegiatan tersebut dijamin bisa berjalan lancar dan sangat cepat. Apalagi didukung dengan kemampuan akses 4G yang membuat koneksi internet juga jadi semakin cepat dan lancar. Ini benar-benar smartphone impian saya. 

Selain kelebihan tersebut di atas, smartphone ini juga didukung dengan microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan data. Sehingga memungkinkan saya untuk bisa meyimpan file, foto maupun video lama tanpa harus menghapusnya jika hendak menyimpan data-data baru. Dengan begitu semua data yang saya miliki bisa terdokumentasi dengan lebih baik dan lebih lengkap. Jelas kemudahan ini bisa semakin meningkatkan performa saya dalam bekerja.



Health promoter adalah next level profesi yang akan saya geluti. Dengan SAMSUNG GALAXY S7 dalam genggaman, akan memungkinkan saya bekerja dengan lebih smart, kreatif dan profesional. Saya selalu kagum manakala melihat kiprah para Health Promoter yang bekerja di level internasional. Mereka benar-benar menunjukkan kinerja yang sangat baik. Itulah sebabnya di negara-negara maju, upaya promotif dalam bidang kesehatan bisa lebih dikedepankan ketimbang upaya kuratif. Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat juga lebih baik jika dibandingkan dengan kondisi di negara berkembang. 

Inilah yang membuat saya jadi semakin termotivasi untuk mendalami profesi Health Promoter secara lebih fokus dan serius agar kesadaran masyarakat di Indonesia untuk lebih mengedepankan upaya promotif ketimbang kuratif juga semakin meningkat. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Bagi saya bekerja sebagai Health Promoter di tingkat puskesmas itu juga lebih banyak tantangannya. Karena puskesmas merupakan ujung tombak dari Kementrian Kesehatan yang akan langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga kinerjanya justru harus paling maksimal. Dengan kemampuan dan motivasi kerja yang saya miliki serta ditambah SAMSUNG GALAXY S7 dalam genggaman akan memungkinkan saya untuk bekerja lebih pintar di profesi next level impian saya yaitu sebagai Health Promoter Profesional. 


Jadi kesimpulannya, jika menurut teori kinerja Kopelman untuk mencapai performance kerja yang baik rumusnya adalah P = f(MxA), maka bagi saya untuk mencapai performance kerja maksimal rumusnya adalah  Pmax = f(MxA)+SGS7.


*) Sumber Gambar dan Spesifikasi yang lebih lengkap kunjungi : http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/smartphones/galaxy-s/galaxy-s7/
Reactions:

18 komentar:

  1. bener juga ya yang dikatakan oleh haikal itu... ikutan ah... jadiin itu jadi quotes buatku juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kalau bisa menginspirasi juga quotenya mak:)

      Hapus
  2. Wuih...keren banget mak Ari...mantab tulisannya. Sukses ya...moga menang...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih mak nunung..hehe..tapi aku nggak berani ngarep menang, soalnya yang lain banyak yg tulisannya lebih mantap. Ini nulis gini juga sekalian curhat biar cepetan bisa alih jabatan. siapa tau blog ku ini dibaca sama pak bupati trus langsung acc deh jadi health promoter ^^

      Hapus
  3. Balasan
    1. f nya cuma fungsi aja mbak, biar rumusnya tampak lebih keren aja..hehehe

      Hapus
  4. Samsung Galaxy S7 maupun S7 Edge memang smartphone kualitas tinggi, makanya banyak fiturnya yang bisa di bilang melawan ketidak mungkinan. Btw sukses ya lombanya, jangan lupa silaturahminya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir. udah saya BW balik juga ya

      Hapus
  5. aku jd makin mupeng nih mbak sm samsung s7 abis baca ulasan dikau ini...mupeng bgt

    BalasHapus
  6. Masing-masing manusia dianugerahi insting yang berbeda, daaaan kreativitas Mak Ari selalu tidak terpikirkan oleh orang lain. Pun, memasukkan SGS7, teori kopelman, dan penyuluh kesehatan dalam sebuah untaian panjaaaang yang diikutkan blog competition.
    By the way, kalau sudah jadi fungsional selamat mengajukan DUPAK (daftar Usulan Penilaian Angka Kredit) yaaaa. Welcome to the club.
    Bismillah rezeki tayo dan dekbay.Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkyu mak nurul..iya kalo PAK awal udah beres selenjutnya rajin bergelut dengan DUPAK :D

      Hapus
  7. Keren mak reviewnya.. Samsung s7 ini emang bikin mupeng yaaaa. Semoga menang ya Maaaaak

    BalasHapus
  8. Good luck lomba dan health promoternya ya mak. Keren ih reviewnya

    BalasHapus
  9. Samsung Galaxy S7 ini memang keren ya, baterenya juga bikin hp tahan lama :)

    BalasHapus
  10. Tanya Mak. Kalau suatu saat nanti androidnya diupgrade fitur yang ada di kamera kemampuannya akan menurun, gak? Misalnya kemampuan kameranya yang setara dslr.

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)