November 17, 2015

Kreasi Puding Lego Morinaga Chil-Go! di Hari Ulang Tahun Tayo

Edit Posted by with 28 comments



Rabu, 11 November 2015 menjadi hari yang sangat spesial buat keluarga saya. Karena pada hari tersebut anak saya Tayo merayakan ulang tahunnya yang ke-6. Memasuki usia ini, Tayo ternyata jadi semakin banyak saja kemauannya. Seperti saat menjelang hari ulang tahunnya saat ini, Tayo minta kepada saya untuk dibuatkan kue ulang tahun berbentuk lego. Iya sih..saat ini Tayo memang sedang hobi banget main lego. Dia senang berkreasi membuat bermacam-macam bentuk dengan menggunakan lego sesuai dengan ide dan imajinasinya sendiri. 

Tapi jujur saja, saya bingung menuruti permintaannya tersebut karena saya memang tidak pandai membuat kue tart. Setiap tahun biasanya sih saya memesan kue tart untuk ulang tahun Tayo di toko kue langganan. Beberapa waktu lalu saat saya mencoba memesan kue tart berbentuk lego sesuai keinginan Tayo ternyata harganya cukup mahal, hampir mencapai Rp. 500.000,-. Wah...bagi saya rasanya sayang jika mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk sebuah kue ulang tahun. Lebih bermanfaat jika uang tersebut digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Hmmm...lalu apa yang harus saya lakukan ya untuk memenuhi permintaan Tayo di hari ulang tahunnya?

Saya sendiri juga sebenarnya tidak ingin mengecewakan Tayo di hari istimewanya. Sehingga saya berpikir untuk mencari alternatif lain selain kue tart bentuk lego. Kemudian ide itu muncul saat mendekati hari H. Yaitu saya berencana untuk membuatkan Tayo sebuah puding ulang tahun berbentuk lego. Kalau membuat puding sih..sepertinya saya bisa. Dan biasanya juga anti gagal..hehehe...

Stok Susu Cair Morinaga Chil-Go! di Kulkas

Kebetulan di rumah saya juga ada banyak stok susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! Wah bisa banget nih dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat puding ulang tahun spesial buat Tayo. Saya hanya perlu mencari cetakan puding berbentuk lego dan beberapa perlengkapan lainnya. Setelah hunting sana sini, alhamdulilah semua alat dan bahan yang dibutuhkan berhasil saya dapatkan. Selanjutnya tinggal eksekusi saja :)

Taddaaa.....akhirnya waktu eksekusi tiba. Alat dan Bahan yang harus disiapkan juga tidak terlalu banyak. Cukup simple dan praktis untuk ibu rumah tangga yang tidak pandai memasak seperti saya. Yang penting harus telaten saja dalam mencetak puding bentuk lego dan merangkainya jadi bentuk puding yang menarik. Oya..berikut saya share alat dan bahan yang diperlukan ya :


Alat :
  • Cetakan Puding Bulat Diameter 30 cm
  • Cetakan Puding Happy Birthday Diamater 20 cm
  • Cetakan Puding Lego Bricks
  • Cetakan Puding Lego Character
  • Cetakan Puding Alphabet



Bahan Puding :
  • Bubuk agar-agar/jelly warna putih
  • Bubuk agar-agar /jelly warna pink
  • Bubuk agar-agar/jelly warna biru
  • Bubuk agar-agar /jelly warna hijau
  • Bubuk agar-agar/jelly warna coklat
  • Bubuk agar-agar /jelly warna orange
  • Susu Cair Morinaga Chil-Go! Rasa Vanila
  • Susu Cair Morinaga Chil-Go! Rasa Coklat

Bahan Perekat :
  • 1/2 bungkus bubuk agar-agar warna transparan
  • Air secukupnya
  • Gula


Cara Membuat :
  • Campurkan bubuk jelly warna-warni dengan air dan gula secukupnya lalu panaskan di atas api kecil secara bergantian. Setelah mendidih tuangkan dalam cetakan huruf happy birthday dengan susunan warna-warni lalu dinginkan.
  • Sisanya tuangkan dalam cetakan jelly lego brick, lego character dan cetakan alphabet sesuai kebutuhan lalu dinginkan. 
  • Selanjutnya campurkan bubuk jelly warna putih dengan air dan susu cair Morinaga Chil-Go! rasa vanila. Masak di atas api kecil hingga matang. Setelah masak tuang dalam cetakan puding bulat happy birthday. Diamkan hingga puding mengeras.
  • Campurkan bubuk jelly warna coklat dengan air dan susu cair Morinaga Chil-Go! rasa coklat. Masak diatas api kecil hingga masak. Tuangkan ke dalam cetakan bulat diameter 30 cm lalu dinginkan.
  • Setelah semua puding mengeras rekatkan dengan menggunakan agar-agar warna transparan pekat yang sudah masak. Diamkan hingga mengeras dan puding Lego Chil-Go! siap untuk disajikan.

And..this is it.... Puding Lego Morinaga Chil-Go! ala Mama Tayo..hehehe..keren kan hasilnya? Ternyata Tayo juga suka banget dengan Puding Lego buatan saya ini. Puding Lego ini akhirnya bisa jadi pengganti kue tart lego yang diminta Tayo di hari ulang tahunnya. Malahan menurut saya puding ulang tahun milik Tayo ini lebih menyehatkan daripada kue tart lho...


Puding Lego Morinaga Chil-Go!


Kenapa Lebih Menyehatkan ?

Tentu puding ini lebih menyehatkan untuk dikosumsi, karena selain kaya akan serat dari kandungan rumput laut yang terdapat dalam bubuk jelly, dalam puding ini juga terdapat berbagai macam nutrisi penting yang terkandung dalam susu cair Morinaga Chil-Go! yaitu :


  • Kolin dan Inositol, yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar
  • Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium, merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak
  • Prebiotik Inulin 1000 Mg, merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak
  • Zinc, Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Tinggi Kalsium, bermanfaat untuk pembentukan tulang dan  gigi
  • Vitamin A,C dan E, yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.


Perkembangan Fungsi Kognitif Anak

Di usia Tayo yang saat ini memasuki 6 tahun, ternyata perkembangan fungsi kognitifnya makin pesat. Secara teori memang disebutkan bahwa perkembangan kecerdasan multi talenta anak masih terus berlangsung hingga anak berusia 12 tahun. Pada rentang usia ini fungsi kognitif anak berada dalam masa emas. Perkembangan kognitif anak pada usia ini berkaitan dengan perkembangan berbagai konsep dasar seperti mengenal bau, warna, huruf, angka, serta pengetahuan umum yang akrab dengan kehidupan sehari-harinya. Selain itu perkembangan kognitif juga berkaitan erat dengan perkembangan bahasa. Untuk grafik tumbuh kembang periode masa emas si kecil dapat dilihat pada grafik sebagai berikut :


Pada anak usia 6-12 tahun, perkembangan kognitifnya sangat berkaitan dengan kemampuan akademis yang dipelajari di sekolah. Perkembangan kemampuan kognitif ini bisa menjadi lebih optimal apabila otak kanan anak mendapat stimulasi. Anak yang memiliki fungsi otak seimbang akan tumbuh menjadi anak yang lebih responsif, kreatif, dan fleksibel. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menstimulasi perkembangan kemampuan kognitif anak agar lebih optimal yaitu :

  • Mengajak anak bercerita tentang pengalaman sehari-hari baik secara verbal, gambar atau tulisan
  • Membacakan buku cerita
  • Mendongeng bersama anak
  • Mengajak anak bermain musik atau menari 
  • Mengajak anak bermain peran.


Selain orang tua harus aktif memberikan stimulasi dalam rangka mengoptimalkan perkembangan fungsi kognitif anak, asupan gizi dan nutrisi yang seimbang juga penting untuk diperhatikan. Morinaga Chil-Go! merupakan susu cair pertumbuhan yang diformulasikan secara khusus untuk anak usia 1-12 tahun. Formula Platinumnya sangat bermanfaat dalam memaksimalkan perkembangan kecerdasan multi talenta anak serta menunjang daya tahan tubuh anak agar selalu sehat. Morinaga Chil-Go! merupakan produk susu cair siap minum dan merupakan pendamping dari susu Morinaga Chil Kid atau Chil School yang dapat diminum secara praktis sebagai bekal sekolah anak atau saat bermain di luar rumah. Ini adalah produk inovasi terbaru dari Kalbe dan Morinaga.


Tentang Kalbe Nutritionals

Kalbe Nutritionals adalah perusahaan yang sudah dirintis sejak tahun 1982 dengan nama PT. Sanghiang Perkasa, yang lebih dikenal sebagai Health Foods Division dari PT. Kalbe Farma Tbk. Kalbe Nutritionals merupakan sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia yang dibangun atas dasar rasa kepedulian, tanggung jawab keilmuan dan antusiasme dalam bidang farmasi dan nutrisi yang terjalin menjadi sebuah komitmen. Dengan latar belakang keahlian dan reputasi tinggi di bidang farmasi, yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah keilmuan, perusahaan ini selalu konsisten dalam mengembangkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas utama untuk memenuhi kebutuhan konsumen.


Kartu anggota Kalbe Family milik saya

Ngomong - ngomong para pelanggan setia Kalbe bisa mendaftar jadi anggota Kalbe Family lhoo.... Saya juga member dari Kalbe Family. Dengan menjadi bagian dari keluarga besar Kalbe Family, kita bisa memanfaatkan layanan antar untuk setiap pembelian produk-produk Kalbe melalui Kalbe Home Delivery. Jika ingin belanja cukup hubungi hotline Kalbe Home Delivery di nomor 500880 atau bisa juga secara online melalui Kalbe e-Store yang bisa diakses di www.kalbestore.com dan produk pesanan kita akan diantarkan ke alamat tujuan tanpa ada tambahan biaya.

Dengan mendaftar jadi anggota Kalbe Family maka kita akan mendapatkan produk dan layanan terbaik dari Kalbe. Mulai dari rangkaian produk berkualitas untuk memenuhi nutrisi seluruh keluarga tercinta, produk nutrisi untuk kebutuhan khusus serta program Rewards Points yang akan kita dapatkan setiap kali membeli produk-produk Kalbe. Jadi, bukan hanya kesehatan keluarga kita saja yang semakin terjaga, kesempatan kita untuk mengumpulkan dan menukarkan Rewards Points dengan ribuan hadiah menarik pun semakin besar. 


Redeem History saya selama menjadi member Kalbe Family

Saya sudah pernah mendapatkan berbagai macam hadiah dari hasil menukarkan rewards points ini mulai dari voucher kalbe family, tas trolley anak, water jar, hingga panci presto maxim. Lumayan bangetkan, belanjanya bisa lebih praktis dan dapat harga lebih murah. Lalu poin belanjanya juga masih bisa ditukarkan hadiah.

Nggak cuma itu saja, kita juga bisa menikmati potongan harga dan program promosi lainnya yang ditawarkan oleh merchant rekanan dengan cara menunjukkan kartu Kalbe Family Rewards Card saat bertransaksi di merchant-merchant yang berpartisipasi. Menguntungkan banget deh gabung jadi anggota Kalbe Family.



Wherever You Go, Chil-Go!



Sebenarnya Tayo juga sudah tidak asing lagi dengan produk dari Kalbe dan Morinaga. Sejak ia berumur 1 tahun Tayo sudah biasa minum susu Morinaga Chil Kid dan ketika ia memasuki usia 3 tahun saya lanjutkan dengan memberinya minum susu Morinaga Chil School. Kini saat Kalbe dan Morinaga meluncurkan produk baru berupa susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! ternyata Tayo juga sangat menyukainya. Karena selain memiliki kandungan zat gizi yang berbeda dengan produk susu cair lain, susu cair pertumbuhan ini juga memiliki rasa yang enak dan tidak eneg. Menurut Tayo sih rasa susunya jadi lebih enak dan segar jika diminum dalam kondisi dingin. Ada 3 varian rasa yaitu Vanila, Coklat dan Strawbery. Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! ini memang praktis banget untuk dibawa pergi kemana saja. Bisa dibawa sebagai bekal sekolah anak, dibawa saat pergi traveling, atau saat bermain di luar rumah hingga saat pergi berenang. Wherever you Go,  jangan lupa Chil-Go! 




By the way, salah satu tradisi yang tidak pernah ketinggalan saat anak saya ulang tahun adalah saya selalu rutin untuk mengukur dan mencatat capaian pertumbuhan fisiknya dan juga capaian perkembangannya untuk dokumentasi pribadi. Di usianya yang ke 6 tahun ini Tayo tumbuh semakin tinggi. Tinggi badannya sekarang 121 cm, ideal dengan berat badannya yang sudah 26 kg. Menurut standar Indeks Masa Tubuh (IMT) WHO tahun 2007 yang diukur dari rumus IMT = BB (kg) / TB2 (m) didapat nilai IMT Tayo adalah 17,75. Angka ini berada pada rentang standar normal anak laki-laki umur 6 tahun yaitu rentang angka 13,1 - 18,4. Artinya Tayo masuk dalam kategori anak bergizi baik (normal). Ini semua karena sejak kecil Tayo memang tidak pernah mengalami masalah susah makan karena kesehatan saluran cernanya memang selalu terjaga dengan baik. Sekarang Tayo sudah duduk di TK B. Perkembangan otaknya kini semakin cerdas, tingkat kemandiriannya juga berkembang pesat. Saat ini ia juga sudah lancar membaca dan menulis. Hafalan surat Al Qur'an nya juga makin banyak, koleksi kosakata dan kemampuannya untuk bercerita juga berkembang sangat baik. Selain itu Tayo juga tumbuh jadi anak yang kreatif. Ia sering berkreasi menggunakan lego dan membangun bentuk-bentuk bangunan kompleks seperti perkantoran, mall dan lain sebagainya. Tayo bilang saat besar nanti dia ingin jadi arsitek.


Sebagai ibu tentu saya selalu memberi dukungan penuh bagi tumbuh kembang Tayo. Meski sudah umur 6 tahun bukan berarti kebutuhan zat gizinya jadi tidak penting. Justru harus makin dimotivasi untuk selalu memilih konsumsi makanan yang sehat karena di usia ini anak juga sudah mulai suka ngemil jajanan sehingga pilihan camilannya juga harus diarahkan untuk memilih jenis makanan atau minuman yang bergizi. Makanya di hari ulang tahun Tayo kali ini saya berusaha menyajikan makanan camilan buatan saya sendiri yaitu puding lego dengan susu cair Morinaga Chil - Go! Eniwei..kali ini Tayo memang tidak merayakan ulang tahunnya dengan mengudang teman-teman Tayo ke rumah. Kami hanya merayakan bersama keluarga saja. Namun Tayo tetap ingin berbagi kebahagiaan dengan teman-temannya. Makanya meski tidak mengundang teman-temannya untuk ikut merayakan ulang tahun Tayo di rumah, saya tetap menyediakan goodie bag ulang tahun untuk dibagikan pada teman-teman di sekolah Tayo. Lalu apa saja sih isi goodie bag yang dibagikan Tayo di hari ulang tahunnya?


Goodie Bag Ultah Sehat with Morinaga Chil-Go!

Ngomongin soal goodie bag ulang tahun, kadang saya suka geregetan kalau melihat anak saya sendiri dapat goodie bag ultah dari temannya yang isinya bermacam keripik, minuman sirup berwarna mentereng atau jeli yang mengandung gula buatan. Saya sebagai orang tua saja tidak pernah membelikan anak saya jajanan jenis seperti itu karena efeknya memang tidak baik untuk kesehatan anak. Dalam memilih isi goodie bag ulang tahun anak sebisa mungkin saya selalu mengikuti rambu-rambu berikut ini :

  1. Menghindari makanan kemasan bermerk tidak jelas
  2. Mengganti permen dengan cokelat karena mengandung susu dan cocoa yang lebih bergizi
  3. Membuat jelly atau puding sendiri yang bebas pengawet dan bisa dikombinasikan dengan buah atau susu
  4. Memilih produsen makanan atau minuman bereputasi baik, kemasannya utuh dan higienis, ada kode produksi, bahan dan kandungan nutrisi, tanggal kadaluarsa, dan izin Depkes/BPOM
  5. Tidak memilih keripik dalam kemasan karena biasanya mengandung MSG
  6. Memilih produk snack atau makanan home made yang terjamin bebas MSG, bebas pewarna dan bebas pengawet.


Jenis makanan yang sehat tentunya jadi syarat wajib bagi saya dalam menyiapkan goodie bag ulang tahun untuk teman-teman sekolah Tayo. Sehingga untuk snacknya saya pilih yang home made saja seperti puding buah, marshmallow, dan biskuit coklat. Lalu untuk menu makanannya saya pilih nasi bento dengan bentuk karakter minion yang lucu lengkap dengan lauknya berupa chicken teriyaki, chicken katsu keju, mie goreng sayuran dan salad wortel. Menunya sengaja saya buat menarik dan menyehatkan untuk anak. 


Nah..giliran pilih minumannya, pilihan saya langsung jatuh pada susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! Alasan saya tentu karena kandungan nutrisinya sangat pas untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak seusia Tayo. Selain itu produsen Morinaga Chil-Go! juga memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Kemasan botolnya sangat menarik untuk anak serta terbuat dari bahan dasar yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Terdapat juga kode izin BPOM serta label kandungan nutrisi yang jelas. Dan yang tidak kalah penting adalah rasa susunya juga yummy bangeeet..


Susu Cair Pertumbuhan Morinaga Chil-Go! melengkapi sehatnya Goody Bag Ulang Tahun Tayo

Alhamdulilah teman-teman sekolah Tayo suka dengan goodie bag ulang tahun yang dibagikan. Mulai dari makanan, snack hingga minumannya semua mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! semakin melengkapi sehatnya rangkaian goodie bag di hari ulang tahun Tayo kali ini.

Ada 120 goodie bag Ulang Tahun Tayo yang siap dibagikan ke sekolah

Bagi saya merayakan ulang tahun anak itu tidak perlu dengan cara yang mewah, yang penting adalah mengajarkan anak untuk selalu bersyukur atas karunia kesehatan dan kebahagiaan yang telah diberikan oleh Tuhan dan mensyukurinya dengan cara banyak berbagi kebahagiaan pada sesama. Selain itu saya juga selalu berupaya untuk memberikan perhatian khusus di hari spesial anak secara sederhana agar ia merasa dirinya berarti, disayangi dan dihargai.

Happy B'day Tayo

Hmmm....puas deh rasanya bisa menyajikan makanan dan minuman yang enak dan menyehatkan di hari ulang tahun Tayo. Happy Birthday my lovely Son, semoga di usia yang ke-6 ini Tayo tumbuh jadi anak yang selalu sehat, cerdas, soleh, sayang pada sesama dan juga berbakti pada orang tua. Amin YRA.



Terimakasih juga buat Morinaga Chil-Go! yang semakin menyempurnakan rangkaian menu sehat dan lezat di hari ulang tahun Tayo.

Reactions:

28 komentar:

  1. wah asyiknya tayo bisa bagi2 chilgo sama teman2
    oh ya selamat ulang tahun ya ^_^
    moga tumbuh jadi anak cerdas dan soleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin YRA, makasih bunda ria atas doa dan ucapannya :D

      Hapus
  2. Happy birthday Tayo! :)
    Wah banyak banget chil go nya hehe. Saya yg sudah dewasa saja kepingin nyobain rasanya :D goodie bagnya jg lucu dan tidak biasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak ade^^ nggak cuma Tayo, tapi saya juga suka kok rasanya chil-go emang enak banget

      Hapus
  3. uwaaaa...serunyaa,selamat ulang tahun Tayo...BAarokalloh

    BalasHapus
  4. met ulang tahun, tayo
    wah asik gudibeknya ada chil go

    BalasHapus
  5. Haaaaaaaaaa makananannya bentuk minion. Lucu maksimal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. minion itu memang requestnya Tayo mak..makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  6. Mantap kali ultahnya tayo. Makin sehat krn snack dan puding dr morinaga chil go yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak windi..ada chil-go jadi makin sehat :)

      Hapus
  7. Happy milad, Tayo!
    Semoga menjadi anak yang soleh serta umur penuh berkah!
    Aamiin...

    BalasHapus
  8. Happu milad Tayo,, wah kreasinya mantap mak arie... samaankita ultahnya bulan november tayo,, kalo aunty tgl 15, kita saling mendoakan ya,, Semoga Tayo selalu dalam keberkahan, kesehatan, anak yang sholeh dan menjadi kebanggaan orang tua ,, :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..zodiaknya samaan dong sama Tayo..hehe..amin YRA..makasih juga ya doanya mak :)

      Hapus
  9. Noted buat puding legonya. Ternyata ngga sulit bikinnya. Selain enak yg pasti sehat juga. Happy milad tayo, semoga jadi anak shalih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gampang banget kok mak bikin puding legonya..makasih mak atas doanya buat Tayo. Amin YRA

      Hapus
  10. Kayaknya aku udah komen di hp, ternyata kok nggak ada yah. Hmm, selalu nggak sakseis kalo komen pake hape. Hiks. Yawes tak ulang. Hihihi. Mak Ari kreatif ya. Ternyata nggak susah juga yah, dan pasti nya lebih bergizi memang daripada cake. Setujuu. Anw, HBD for Tayo ya, Mak. Kapan nih main ke rumah Ubii lagi? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak ges:) iya nih pgn main ke rumah ubii lagi kenalan sm aiden tp kapan ya...msh sibuk akhir taun mak^^

      Hapus
  11. selamat ulang tahun Tayo smg jadi anak sholeh ...mau donk goodie bag nya hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak rina..hahaha..goodie bagnya udah habis^^

      Hapus
  12. Sepertinya daku belum menjejak. Hiks..
    Kece banget ya Tayo. Anak kece minumnya harus kece, morinaga chil go. Hehe

    BalasHapus
  13. Setuju sama godiebag sehat-nya. Jarang ortu milih yg sehat untuk godiebag ultah.
    Dulu pas anakku ultah godibagnya pisang dan telur rebus...hehehe..gak populer buat anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah unik tuh mak arin, godibag pisang dan telur rebus :)

      Hapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)