September 02, 2015

Have Fun With Kido at Nestle DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure

Edit Posted by with 15 comments
Siapa sih yang nggak pengen punya anak yang sehat, pintar, kreatif, lincah, soleh, pemberani dan berprestasi? pastinya semua orang tua menginginkannya bukan? termasuk saya juga nih, sejak jaman belum nikah dulu saya udah punya cita-cita luhur semacam itu. Untungnya dulu saya kuliah di jurusan kesehatan, lalu kerja juga di bidang kesehatan. Jadi sedikit-sedikit ngerti juga soal ilmu-ilmu persiapan untuk menghasilkan anak yang sehat dan cerdas. Tapi nyatanya meski udah banyak belajar teori-teori kehamilan, melahirkan hingga menyusui, ternyata saya tetep aja gagal memberikan ASI Eksklusif buat anak pertama saya. Kenapa gagal? karena saya sempat ngalamin stress pasca melahirkan yang cukup lumayan, hingga ASI saya bener-bener mampet..hihihi..tapi soal itu nggak usah dibahas disini ya...

Namun meski sempat gagal ASI Eksklusif karena ASInya seuprit-seuprit aja keluarnya, saya tetap berusaha menyusui anak saya hingga ia berumur 2 tahun. Alhamdulilah berkah dari Allah SWT, saat ini anak saya juga bisa tumbuh sehat, kuat dan pintar. Iya sih..gagal ASI Eksklusif bukan berarti kita gagal jadi ibukan? walaupun dalam hati rasanya pasti akan lebih puas kalau kita berhasil menyusui ASI Eksklusif. Ada banyak faktor yang bisa mendukung kita untuk menghasilkan generasi penerus yang cemerlang, bukan hanya ASI Eksklusif saja yang menentukan. Sebenarnya poin pentingnya adalah dimulai sejak masa awal persiapan kehamilan.

Nah..ceritanya saat ini saya lagi hamil anak yang kedua. Cita-citanya yang kedua ini nggak ingin gagal lagi ASI Eksklusifnya..makanya kali ini saya nggak boleh stres lagi. Kalau ada kesempatan buat jalan-jalan atau refreshing selama hamil ya dimanfaatin ajalah :) Dalam rangka membuat hati selalu hepi maka pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2015 kemarin saya sempatkan untuk menghadiri undangan dari KBJ dalam acara Media Gathering Dancow di Jogja City Mall. Saya ajak juga Tayo anak saya karena memang syaratnya harus bawa anak. Sayangnya suami saya cuma bisa nganterin aja karena ada janji penting dengan temannya. So..biar saya nggak terlalu repot akhirnya saya ditemanin sama mama saya.

Acara ini ternyata sangat menarik, disini saya kembali diingatkan tentang teori-teori yang pernah saya pelajari saat hamil pertama dulu. Lumayankan selain niat buat have fun sama anak, ternyata saya juga bisa update ilmu-ilmu baru untuk bekal merawat dan mendidik anak-anak saya. Pada sesi hari sabtu kemarin ada pembicara keren yang hadir, mereka adalah Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K), dr Stella Evangeline Bela,MGizi,Sp.GK, Lia Mawarsari Boediman, MS.CP.Psy dan Shannaz Haque.


Selaku dokter spesialis kandungan, dr. Ali menekankan pada pentingnya masa 1000 hari pertama kehidupan manusia yang dimulai sejak 270 hari masa kehamilan, ditambah 2 tahun pertama usia kehidupan anak di dunia. Ini merupakan masa emas yang perlu mendapat perhatian khusus. Masa ini nggak akan terulang kembali, sekali terlewat maka hilang sudah kesempatan kita untuk menghasilkan generasi yang lebih baik. Makanya kenapa begitu ketahuan positif hamil, seorang ibu disarankan untuk segera memeriksakan diri ke tenaga kesehatan serta mengkonsumsi vitamin atau makanan yang banyak mengandung asam folat. Ini penting sekali untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan supaya tidak sampai terjadi kecacatan. Selain asupan nutrisi yang optimal selama masa kehamilan, diperlukan juga stimulasi dan curahan kasih sayang dari orangtua pada janin sejak masih ada di dalam kandungan.

Selanjutnya dr. Stella selaku dokter spesialis gizi juga mengungkapkan bahwa setelah anak lahir, asupan nutrisinya juga harus lebih diperhatikan lagi sesuai dengan tahapan usianya. Teorinya umur 0-6 bulan cukup ASI saja, lalu 6-9 bulan mulai diperkenalkan dengan MP-ASI dengan tekstur lembek/cair, umur 9-12 bulan kenalkan dengan MP-ASI yang teksturnya lebih padat atau kasar. Setelah itu umur 1 tahun anak mulai diperkenalkan dengan makanan keluarga. Nah..urusan perut pada anak balita ini memang penting banget. Karena 80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna. Ingat lagunya Dancow yang "Dari perut turun ke kaki..dari perut naik ke tangan..dari perut ke kepala.." trus apa ya..lanjutannya??? saya lupa..hehe..tapi itu memang bener banget lho. Makanya dr. Stella menyarankan agar saat anak mulai masuk umur 1 tahun, asupan prebiotik sebaiknya mulai diberikan untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Nutrisi ini dapat membantu melindungi si kecil, sehingga ia dapat belajar dan bereksplorasi dengan maksimal. Kandungan prebiotik ini banyak terdapat pada makanan yang mengalami proses fermentasi seperti tempe, yoghurt, dan lain-lain.

Di sesi ketiga, psikolog Lia Mawarsari Boediman juga menyampaikan bahwa poin yang tak kalah penting adalah stimulasi dan cinta kasih dari orang tua. Sehingga sangat penting untuk memberikan stimulasi dengan penuh kasih pada anak sesuai tahapan umur perkembangannya. Bebaskan anak bereksplorasi dan ciptakan lingkungan yang mendukung agar anak bisa bereksplorasi dengan aman dan nyaman. Hal ini akan merangsang kreativitas anak dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak kita.

Terakhir mbak Shannaz Haque juga nggak mau kalah buat sharing tentang pengalamannya merawat dan membesarkan 3 orang anak perempuannya. Menurut mbak Shannaz urusan stimulasi anak itu bukan cuma kewajiban ibu aja, tapi ayah juga harus ikut terlibat aktif. Jadi buat para ayah jangan cuma andil pas proses bikin anak aja ya..hehehe...Peran ayah dalam memberi stimulasi pada anak itu penting banget lho terutama buat anak perempuan. Mereka akan tumbuh jadi anak yang lebih pemberani dan percaya diri berkat dukungan dari ayah tercinta. Satu lagi nih tips oke dari mbak Shannaz dalam menunjukkan cinta kasih pada anak kita yaitu jangan pelit untuk mencium, memeluk dan memuji anak serta jangan pernah membanding-bandingkan anak kita dengan anak lain.

Nah..dalam rangka mendukung tumbuh kembang yang optimal bagi anak-anak Indonesia, maka Nestle sebagai anak perusahaan Nestle S.A yang merupakan produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berpusat di Swiss dan mulai didirikan di Indonesia sejak tahun 1971, menghadirkan Nestle DANCOW Excelnutri+ yang kandungan nutrisinya memang khusus diformulasikan untuk mengoptimalkan pemenuhan gizi bagi anak umur 1 tahun ke atas. Dan dalam rangka mendukung stimulasi pada semua panca indera anak (melihat, mendengar, meyentuh, mencium dan merasakan) DANCOW mengahadirkan sebuah area bermain berbentuk peternakan terbesar di Yogyakarta yang diberi nama Ranch Adventure. Even ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29-30 Agustus 2015. Jogja adalah kota kedua setelah Jakarta. Sesudah ini kabarnya mau diselenggarakan juga di Semarang, Makassar, dan Medan.

                                              Masuknya pakai paspor ini

Saya dan anak saya Tayo termasuk beruntung bisa hadir di even ini secara gratis dan bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti berinteraksi dengan binatang ternak, menjaring ikan, bercocok tanam, bertualang di labirin hingga Photobooth seru ala Cowboy. Tayo betah banget diajak main ke DANCOW Ranch Adventure ini sampai malas diajak pulang. Aktivitas permainan ini memang sangat mendukung ketrampilan sensorik motorik anak, ketrampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas si kecil. Yuk lihat betapa serunya aktivitas Tayo bermain di DANCOW Ranch Adventure kemarin.

                                         Asyiknya memberi makan kelinci

                                           Lihat kuda aslinya Tayo gilo

                                     Serunya ngumpulin apel di labirin petualangan

                                   Menjaring ikan, lumayan bisa digoreng :D

                Belajar bercocok tanam melatih anak agar makin cinta sama lingkungan

                                      Berkreasi dengan lego di area kreativitas

Kalau yang ini favoritnya Tayo banget yaitu memerah susu sapi, tapi bukan sapi beneran..ini cuma patung sapi trus dikasih karet gitu biar bisa kayak merah susu sapi beneran. Usai memerah anak diarahkan untuk cuci tangan, dan langsung deh Tayo ngabisin susu dancow gratis sampai habis 2 gelas :D

                                                    Memerah susu sapi

                      Tante..aku minta susu dancownya 2 gelas ya..glek..glek...

Buat kenang-kenangan sama buat dipamerin ke papa di rumah, maka kami berdua nggak lupa buat ikutan foto ala-ala Cowboy di Photoboth Dancow..Keren deh hasilnya :)




Gara-gara liat foto-foto ini, papanya Tayo jadi penasaran pengen tau juga gimana sih keseruan DANCOW Ranch Adventure. Lalu Minggu malamnya kita bertiga main ke Jogja City Mall lagi deh. Sampai disana kebetulan pas Sheila On 7 lagi manggung, wuih..acaranya rameee banget yang nonton. Tayo ternyata juga suka nonton konser musik, dia sampai jingkrak-jingkrak heboh ikutan joget sambil dipanggul dipundak papanya. Sampai dipanggul gini soalnya takut kalau sampai keinjek orang :D


Abis nonton, kita bertiga makan-makan pakai voucher makan gratis dari Quali..wuah..kenyang dan enak banget maem disana. Gratis pula, karena dapat bonus voucher makan dari panitia media gatheringnya DANCOW. Hehehe..bener-bener weekend yang menyenangkan. Kalau saya seneng gini, insyaAllah baby yang di dalam perut juga ikutan seneng dong. Sehat terus ya nak dan semoga besok kita bisa berhasil ASI Eksklusifnya ya...semangaaat...:) Btw kalau ada yang mau kasih undangan even gratisan lagi saya mau lho diundang lagi ^^


Reactions:

15 komentar:

  1. asiik bgt tayo nonton sheilaa, tantee pengeeen bgt tuh tp ga ksampean kmarin...

    BalasHapus
  2. Saya malemnya balik sana lagi mak, adeknya Nathan dah ribut pengen lihat kuda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha bapake njur ribut opo mak?

      Hapus
  3. asik donk voucher gratis hehe, semoga anaknya makin soleh dan pintar ya gan

    BalasHapus
  4. anak saya suka dancow... :D

    suka eksplore kreatifitas dia..

    BalasHapus
  5. Kereeen ulasannya, Mak...:-) btw, moga anak kedua ini bisa ASI eksklusive ya, Mak Ari...sehat terus dan lancar segala sesuatunya. Aamiin

    BalasHapus
  6. Sesuatunya neh yg bisa berlanjut "kopdar" sama SO7. Seumur-umur pengen nonton SO7 belum kesampaian, eh..malah kalah sama TAyo deh

    BalasHapus
  7. Asik ya tempatnya..anak2 pasti senang...kelincinya lucu bangettt...

    BalasHapus
  8. ...dari perut ke semuanyaaaa... *gagalfokus* hahaa..

    Semoga sukses ngASInya ya mak..

    BalasHapus
  9. mak arifaaahhh selalu sukaaaa nii foto-fotomuuu.....

    BalasHapus
  10. seruuuuu acaranyaaa... aku pas dijakarta g ikutan
    huehuheuheu
    kapan ada lagi ya :"(

    BalasHapus
  11. beneran tu ikannya digoreng? wkwkwk

    BalasHapus
  12. wiiihhh keren banget, itu di kota malang ada gk ya, hehehe

    BalasHapus
  13. Tayooo you look so happy, kiddo! Seru banget nih kayaknya. Sayang nggak bisa ikutan. Hiks. Btw, Mak Arii, aku udah lama nggak mampir. Baru ngeh, headernya abis ganti yaaahh ^^

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)