Juli 22, 2015

Semarak Warna-Warni Kemenangan di Malam Takbiran 1436 H

Edit Posted by with 17 comments
Tiap kali mendengar takbir berkumandang di malam Idul Fitri, ada rasa haru bergetar di dalam hati saya. Perasaan haru antara merasa sedih dan bahagia. Sedih karena saat malam takbir tiba itu artinya Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Malam – malam akan kembali sunyi, tak lagi terdengar suara tadarus berkumandang di masjid-masjid. Tak ada lagi keramaian jamaah berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat tarawih. Namun sebaliknya disatu sisi saya juga merasa bahagia karena malam takbir menandakan bahwa esok hari kemenangan bagi seluruh umat muslim di dunia akan tiba. Momen suci yang hadir setahun sekali ini selalu membawa kesan yang istimewa. Saling memaafkan dan bersilaturahim yang dilakukan dengan tulus ikhlas Insya Allah akan menghapuskan dosa-dosa diantara sesama manusia.
Selain rasa haru, setiap malam takbir tiba memori saya selalu kembali ke masa kecil. Dulu setiap malam takbiran tiba, saya tidak pernah absen untuk ikut berkeliling kampung mengumandangkan takbir kemenangan sambil membawa obor di tangan. Kala itu anak-anak di kampung saya masih terbiasa menggunakan obor yang terbuat dari irisan bambu. Bambu tersebut diisi dengan minyak tanah dan bagian ujung atasnya disumbat dengan menggunakan kain bekas yang berfungsi sebagai sumbu untuk menyalakan api. Sepanjang jalan keliling kampung kami tidak perduli jika baju dan wajah kami jadi kotor terkena asap hitam yang keluar dari obor yang kami bawa. Perjalanan keliling kampung yang cukup jauh juga tak terasa melelahkan bagi kami. Rasa suka cita merayakan malam takbiran membuat kami tak begitu peduli dengan semua itu. Usai keliling kampung, biasanya kami kembali berkumpul di masjid untuk melepas lelah sambil menikmati segelas teh hangat ditemani pisang goreng dan ubi goreng yang rasanya sungguh lezat.

Kini masa-masa itu telah jauh berlalu. Saya kini sudah berkeluarga dan memilik 1 orang putra. Namun memori indah malam takbiran di masa kecil tak pernah hilang dari ingatan saya. Saat ini malam takbiran masih selalu diramaikan oleh pawai takbir yang dilakukan oleh anak-anak. Yang berbeda hanyalah saat ini anak-anak sudah tak lagi takbir keliling dengan menggunakan obor berisi minyak tanah seperti jaman saya ketika masih kecil dulu. Kini penggunaan lampion dan lampu warna-warni lebih digemari. Tampilan lampionnya juga semakin bermacam-macam. Mulai dari bentuk bunga, masjid, bulan sabit, bintang, pesawat terbang, mobil hingga karakter tokoh kartun seperti Dora, Masha, Minion, Angrybird, SpongeBop dan lain-lain semakin menambah keceriaan dan kemeriahan yang menggambarkan warna kemenangan di malam takbiran. Tak hanya lampion, kostum yang digunakan anak-anak untuk pawai takbiran saat ini juga tak kalah meriah. Ada kostum bertema padang pasir, burung ababil, Aladin dan sebagainya yang menambah suasana pawai jadi makin semarak.

Senangnya Tayo bisa ikut takbiran
Semarak Warna-Warni Kemenangan di Malam Takbiran
Saat malam takbiran tiba, anak sayapun tak ketinggalan untuk ikut serta. Ia juga sangat bersemangat untuk turut merayakan malam kemenangan. Meski belum bisa ikut pawai keliling karena masih terlalu kecil, saya dan suami biasa mengajaknya menikmati malam takbiran dengan berkeliling kota menggunakan kendaraan. Meski jalanan jadi macet dimana-mana karena ada pawai, namun hal itu tak menyurutkan semangat kami untuk menikmati meriahnya malam takbir yang penuh warna di kota kami tercinta. Saat mengajak anak kecil ikut berkeliling menikmati malam takbiran, biasanya saya selalu mempersiapkan hal-hal berikut agar anak tidak rewel :
  1. Membawa bekal makanan dan minuman untuk di perjalanan
  2. Membawa jaket/baju hangat agar anak tidak kedinginan
  3. Membawa lampion pilihan anak supaya anak juga bisa ikut merayakan kemeriahan malam takbir
  4. Memastikan anak sudah makan malam sebelum berangkat dan sudah tidur cukup di siang hari
  5. Saat terjadi kemacetan di jalan, tetap mengajak anak untuk mengumandangkan takbir bersama agar anak tidak bosan
  6. Tidak pulang terlalu malam supaya esok hari anak tidak bangun kesiangan untuk menjalankan sholat idul fitri.
Menyaksikan warna-warni indahnya lampion serta semaraknya kostum pawai yang dikenakan anak-anak saat pawai takbir keliling jadi mengingatkan saya pada Warna-Warni kemenangan 2015 yang dihadirkan oleh Dulux. Dalam rangka memeriahkan lebaran tahun ini, Dulux telah menghadirkan berbagai pilihan warna kemenangan yang mampu mengubah tampilan rumah kita jadi lebih istimewa. Warna-Warna cat tembok rumah yang lebih segar, mampu menghadirkan suasana lebaran yang semakin berwarna di tengah keluarga. 
Warna-Warni Kemenangan
Oiya..saat ini Dulux juga memberikan promo warna-warni kemenangan berupa potongan harga untuk setiap pembelian produk Dulux senilai 1 juta rupiah lho... Lebih istimewa lagi, Dulux juga menyediakan layanan Dulux Previews Consultant, dimana kita bisa berkonsultasi secara GRATIS untuk mendapatkan saran simulasi warna yang dilakukan langsung pada gambar ruangan/ rumah yang kita kirimkan sehingga kita bisa lebih terbantu dalam memilih warna-warna terbaik untuk semakin mempercantik interior maupun eksterior rumah kita. 
Dulux Previews Consultant

Caranya juga sangat mudah yaitu :
  1. Ambil Foto Interior atau ekterior rumah yang akan dicat
  2. Daftar di www.Dulux.co.id
  3. Isi Form yang tersedia dan sertakan foto interior atau eksterior rumah yang akan dicat
  4. Tim Dulux akan mensimulasi warna dan mengirimkan hasilnya melalui email.
Untuk syarat foto yang dikirimkan sebagai berikut : 
  • Foto tidak buram. 
  • Foto tidak pecah. 
  • Dinding tidak berupa plesteran. 
  • Tidak ada steger. 
  • Maksimal 3 foto. 
  • Apabila ada gambar desain/3D lebih baik, lebih memudahkan team preview untuk mengerjakannya. Bukan gambar denah. 
    Formulir Dulux Previews Consultant
Ngomong-ngomong..saya sudah coba lho layanan Dulux Previews Consultant ini. Tidak sampai 1 minggu saya sudah mendapat email balasan dari Tim Dulux. Hasil preview foto ruangan yang saya kirimnya ternyata memang tampak jadi jauh lebih indah, benar-benar layanan yang memuaskan. Waah...saya jadi ingin segera mengecat ulang dinding rumah saya dengan menggunakan Dulux dan menerapkan ide pengecatan yang saya dapatkan dari Tim Dulux. Berikut salah satu contoh hasil konsultasi saya menggunakan layanan Dulux Previews Consultant :
Contoh Hasil Dulux Previews Consultant untuk Ruang Tidur di rumah saya
Yuk..yuk..pada nyobain juga..mumpung gratis..hehehe...siapa tau lho dengan memanfaatkan layanan gratis Dulux Previews Consultant ini maka hasil pengecatan interior maupun eksterior rumah kita akan jadi makin indah. Sehingga di hari raya Idul Fitri tahun ini warna-warni kemenangan akan semakin terpancar dari rumah kita. 

Selain memanfaatkan layanan gratis dari Dulux ini, kita juga bisa mendownload booklet warna-warni kemenangan di website Dulux untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi warna pengecatan rumah kita. Selain itu untuk mendapatkan lebih banyak ide pengecatan dengan hasil yang lebih sempurna kita juga bisa mengkases Instagram dan Youtube Dulux di http://instagram.com/letscolourID dan di http://www.youtube.com/user/LetsColourID

Nah..kalau cat dinding di rumah sudah oke, kita juga bisa lho berfoto bersama keluarga dengan mengambil background salah satu sudut ruangan di rumah kita yang sudah dicat dengan menggunakan Dulux lalu mengirimkan foto tersebut di http://warnawarnikemenangan.com/ untuk diikutsertakan dalam ekspresi warna kemenangan photo contest yang menyediakan berbagai macam hadiah menarik. Ada IKEA Hurdal Bedside Table, IKEA POÄNG Kursi Goyang, dan IKEA Strorage Table Multicolour hingga HP Xiaomi Redmi 2. 
Berbagai Hadiah Menarik dari Dulux
Event ini berlangsung dari tanggal 3 Juli – 31 Juli 2015 dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2015 di di Facebook LetsColourIndonesia & Twitter @Let's ColourID dan www.warnawarnikemenangan.com. Pemenang kompetisi ini adalah peserta dengan foto paling menarik, yang menggambarkan suasana di momen lebaran dan mampu merepresentasikan warna warni kemenangan Dulux. Yuk ikutan juga..jangan sampai ketinggalan ya:) Saya juga sudah ikutan lhooo....
Ekspresi Warna Kemenangan PhotoContest
Warna-warni kemenangan di malam Takbir memang selalu menghadirkan kesan tersendiri di dalam hati saya. Setiap tahun saya tak pernah lupa untuk mengabadikan momen indah yang penuh warna ini sebagai wujud rasa syukur saya karena masih diberi kesempatan untuk menikmati malam takbir dan berlebaran bersama keluarga di tahun ini. 

Ekspresi Ceria anak dan suami sebelum berangkat takbiran
Tradisi pawai anak-anak di malam takbiran yang masih berjalan di kota saya hingga saat ini juga telah memberi berkah dan kebahagiaan bagi banyak orang. Para penjual lampion serta pedagang minuman laris diserbu pembeli saat jelang malam takbiran. Anak-anak dan orangtua juga serasa mendapat hiburan gratis saat menyaksikan berbagai bentuk lampion indah berwarna-warni yang ditampilkan saat pawai malam takbiran. Meski menampilkan sisi hiburan namun suasana syahdu tetap terasa manakala mendengar suara takbir di kumandangkan. Di malam takbiran, kaum dhuafapun juga merasakan berkah karena saat ini adalah saat yang tepat untuk membagikan zakat fitrah bagi mereka yang berhak. 

Ketika takbir berkumandang di malam Idul Fitri selalu terselip doa dan harapan dalam hati saya, semoga tahun depan dan di tahun-tahun mendatang, saya dan keluarga besar masih bisa bertemu lagi dengan bulan suci ramadhan. Semoga kami semua masih bisa dipertemukan lagi dengan malam takbiran yang penuh warna dan kembali fitri saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan setelah bulan ramadhan berlalu semoga kami juga masih bisa terus mempertahankan semangat ibadah kami sehingga membuat hubungan kami dengan Tuhan dan sesama manusia jadi semakin baik dari sebelumnya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Reactions:

17 komentar:

  1. meriah banget ya mbak malam takbirannya..mohon maaf lahir batin mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak..mohon maaf lahir batin juga ya:)

      Hapus
  2. suasana Lebaran itu gimanaaa gitu ya mba, menggetarkan hati.
    Selamat Idul Fitri. Maaf lahir batin ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak..suasan lebaran memang spesial bgt.sama-sama mohon maaf lahir batin juga ya mbak:)

      Hapus
  3. Malam takbiran malah sibuk nyetrika baju buat dipake besoknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..kalo aku nggak kuat nyetrika mak..udah dilempar ke londri setrika kiloan :)

      Hapus
  4. LOMBA BLOG

    Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza, pendaftaran telah di perpanjang hingga 18 Agustus 2015. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

    BalasHapus
  5. Minal Aidzin Walfaidin mba :)
    maaf telat heheh :D

    BalasHapus
  6. bagusnya pake kostum jugaa. kalo di kampung saya biasanya pake busana muslim.. dulu jaman sekolah masih suka ikut keliling kampung, ini jadi saksi dari dalam rumah saja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dijogja kostumnya warna-warni banget mak..meriah ^^

      Hapus
  7. Malam takbiran sekarang kurang seru, lebih seru ketika masih kecil :D

    BalasHapus
  8. Waah senang ya Tayo ikut takbir keliling, tante takbiran di rumah aja, tapi sejneng denger suara gema takbir semalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak..tiap malam takbiran tiap tahun tayo pasti seneng kalo diajak nonton pawai takbir keliling

      Hapus
  9. Warna catnya cantik, mak. Jadi lebih terang ruangannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak..berkat dulux previews consultant jadi dapat ide keren buat ngecat rumah

      Hapus
  10. Lebaran membuat hati bergetar dan merinding ya mak, seolah mengingatkan kita akan kenangan silam. Dulux memang mampu mengubah suasana lebaran penuh warna. Sudah beberapa lebaran saya selalu menikmati malam takbiran di jalan, efek tinggal jauh di luar pulau dan mudik mepet lebaran...semoga menang ya mak

    BalasHapus
  11. Duh, mba postingan ini aku jd inget pas mudik ke mertua, cat rumahnya baruu. :D memang ya, lebaran selalu penuh warnaa :)

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)