Mei 25, 2015

IndiHome : Internet All In One Yang Lebih Hemat Untuk Keluarga Cerdas

Edit Posted by with 37 comments
Sejak tahun 2010 saya sudah 3 kali ganti provider layanan TV kabel. Awalnya saya langganan T** TV lalu ganti nyobain A*** TV dan yang terakhir saya langganan B** TV.  Bagi saya pribadi, langganan TV kabel itu penting karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari layanan ini yaitu kualitas gambar dan suaranya sangat jernih, saat menonton film tidak akan diganggu iklan, acara TVnya lengkap dan terklasifikasi menurut jenisnya seperti kartun, lifestyle, berita, olahraga, film, musik dan lain sebagainya. Acara yang ditayangkan juga berwawasan international dan memberikan wawasan baru seperti channel national geographic dan discovery channel. Dan yang paling penting bagi saya adalah saya bisa melindungi anak saya dari paparan acara TV yang kurang bagus bagi perkembangannya sejak kecil. Dengan langganan TV kabel saya bisa mengunci channel dewasa sehingga tidak kecolongan ditonton oleh anak saya yang masih kecil. Selain itu acara khusus anak yang ditawarkan juga memberikan nilai edukasi yang baik untuk anak. Anak saya jadi bisa lebih mudah belajar bahasa inggris serta meningkatkan daya imajinasi dan kreativitasnya, contoh acara yang paling disukai anak saya adalah Dibo the gift Dragon yang tayang di channel Disney Junior. 

Btw..TV kabel itu apa sih? Televisi kabel adalah sistem penyiaran acara TV melalui isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan via serat optik atau kabel coaxial yang tetap dan bukan lewat udara seperti siaran TV biasa yang harus ditangkap dengan menggunakan antena. Biaya yang harus saya keluarkan untuk langganan TV kabel ini rata-rata 150 ribu per bulan. Kenapa saya sampai ganti 3 kali provider layanan TV kabel? itu karena saya masih terus mencari layanan TV kabel yang paling pas untuk keluarga saya. Maksudnya pas adalah pas biayanya dan juga pas kualitas layanannya. Jujur saja hingga provider yang ketiga ini saya masih merasa belum puas. Sinyal TV kabel masih sering putus nyambung dan ini cukup mengganggu kenyamanan kami saat menonton TV bersama.

Selain TV Kabel, layanan akses internet yang lancar juga menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi keluarga saya. Saya dan suami setiap hari butuh internet untuk menunjang pekerjaan kami di kantor. Meski sudah disediakan internet di kantor kami namun adakalanya saya atau suami masih memiliki beberapa tugas yang terpaksa harus diselesaikan di rumah dan harus segera mengirimkannya via email ke atasan. Selain itu saya sendiri punya hobi ngeblog sebagai sarana refreshing setelah seharian disibukkan dengan berbagai pekerjaan di kantor. Hobi ngeblog ini terbukti banyak manfaatnya bagi saya. Selain menambah wawasan dan juga teman dari aktivitas blogwalking, ternyata aktivitas blogging juga beberapa kali telah menghasilkan keuntungan materi bagi saya baik itu berupa gadget, uang tunai jutaan rupiah maupun paket jalan-jalan dari berbagai lomba blog yang pernah saya ikuti. Iya lho..memanfaatkan fasilitas internet yang kita punya secara cerdas itu memang banyak banget untungnya.

Suatu Hari di Tickles Caffe.....

Saya (berbaju merah) bersama teman-teman Kumpulan emak Blogger. Foto :Koleksi Mak Yoan
Senin minggu lalu tanggal 18 Mei 2015, seorang teman mengajak saya untuk hadir dalam acara gelaran Telkom di Tickles Caffe Jogja. Di acara ini dibahas tuntas tentang produk terbaru dari Telkom yaitu IndiHome Triple Play. Ini merupakan tiga layanan dalam satu paket yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan TV kabel. Jenis paket langganan yang ditawarkan juga bermacam-macam dengan harga yang sangat kompetitif, berikut pilihan paket yang disediakan oleh IndiHome :

Paket IndiHome

Dari hitungan secara ekonomis menurut saya paket yang ditawarkan IndiHome ini lebih menguntungkan. Dengan mengambil paket IndiHome Fiber 10 Mbps misalnya, maka perbulan kita hanya cukup membayar biaya langganan sebesar 290 ribu + biaya sewa STB sebesar Rp.30.000 saja selama masa promo hingga akhir Desember 2015. Jika dibandingkan dengan biaya telpon, internet dan TV kabel yang saya miliki saat ini jauh lebih irit jika saya memilih langganan IndiHome. Saat ini biaya telpon dan internet yang saya bayarkan tiap bulan sekitar 250-300ribu perbulan. Masih ditambah biaya langganan B** TV yang biayanya 150 ribu/ bulan. Jika ditambahkan maka total biaya yang harus saya keluarkan rata-rata bisa mencapai 450 ribu. Sementara jika saya beralih ke IndiHome saya hanya cukup bayar 320 ribu per bulan sudah dapat 3 layanan sekaligus.

Makin menguntungkan lagi karena layanan yang ditawarkan Telkom ini sudah menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi menggunakan FIBER optik yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan coax atau cooper. Keuntungan penggunaan fiber optik adalah sebagai berikut :
  • Lebih Cepat, Fiber optik dapat mentransfer data (bandwith) hingga 100 Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau cooper)
  • Lebih Stabil, Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau cooper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan)
  • Lebih Handal, Fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnetik dibandingkan kabel coax atau cooper, sehingga komputer akan jadi lebih aman
  • Lebih Canggih, Fiber optik merupakan teknologi penghantar data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband


Saat ini Telkom juga mengembangkan lagi layanan IndiHomenya dengan paket Octuple Play, yaitu delapan layanan dalam satu paket untuk mendukung perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan. Lalu apa saja sih yang akan kita dapatkan dari paket Octuple Play ini? 
  1. Akses Internet Kecepatan tinggi, dengan adanya dukungan jaringan fiber optik maka kita dapat menikmati akses internet kecepatan tinggi yang bebas loading lambat dan putus-putus. Kecepatan transfer data IndiHome kini bisa mencapai 100 Mbps
  2. Usee TV Kabel, dengan menggunakan teknologi IPTV kita bisa menikmati berbagai fitur canggih yang interaktif sehingga kita juga bisa lebih memegang kendali dalam menikmati layanan televisi. Ada 99 channel yang dapat kita nikmati termasuk channel favorit seperti Fox Movies Premium, HBO, National Geographic, Diva Universal, Star World, AXN dan masih banyak lagi yang lainnya. Fitur-fitur yang ditawarkan juga beragam seperti fitur TV On Demand, Video Recorder, Video On Demand, Karaoke, Pause & Rewind dan Music.
    Berbagai pilihan channel yang ditawarkan 
  3. Telepon Rumah, dengan berlangganan IndiHome maka kita juga bisa lebih menghemat pengeluaran untuk telepon karena kita akan mendapatkan bonus berupa bebas melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal dengan kuota sebanyak 1000 menit per bulan.
  4. Nirkabel Seluler, jika kita berlangganan IndiHome dan melakukan registrasi melalui 147/ Plasa Telkom/ website Telkom maka kita juga akan mendapatkan benefit IndiHome Telkomsel Mania setiap saat pada masa promo. Selain itu kita juga akan mendapat paket menelpon sepuasnya ke nomer Telkomsel/Halo Telkomsel dengan harga paket Rp.68.000 saja per bulan.
  5. Akses Internet Wifi secara otomatis (seamless), pelanggan IndiHome juga akan mendapatkan layanan wifi.id seamless sehingga kita selalu bisa terkoneksi dengan mudah dan murah melalui akses internet wifi ke jaringan @wifi.id di seluruh Indonesia secara otomatis hanya dengan biaya 10.000 saja per bulan. Jika bukan pelanggan IndiHome maka akan dikenakan biaya 50.000 per bulan. Adapun keuntungan memiliki wifi.id seamless ini banyak sekali lho. Koneksinya akan memudahkan kita untuk terhubung secara otomatis di area @wifi.id tanpa perlu menginput username dan password berulang-ulang, cukup sekali saja selama berlangganan. Penggunaan  pada 1 bulan pertama juga tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Sedangkan untuk penggunaan selanjutnya kita cukup bayar Rp.10.000 per bulan per device untuk mendapatkan akses internet broadband hingga 10 Mbps via @wifi.id . Kuota pemakaiannya juga  tidak terbatas (unlimited) dan cara pembayarannya sangat praktis. Tagihan sudah termasuk dalam rekening tagihan bulanan IndiHome.
  6. Digital Music yaitu layanan bebas streaming musik selama 12 bulan di melon.co.id yang mempunyai koleksi lebih dari 10 juta lagu, ada juga bebas download secara add on. Selain itu kita juga akan mendapatkan gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama 3 bulan sehingga komputer kita akan terlindung dari serangan virus, malware, spyware, spam, phising dan konten yang tidak layak dari internet sehingga data dan sistem aplikasi dapat terhindar dari gangguan tersebut.
  7. Global Call merupakan value tambahan bagi pelanggan IndiHome yang ingin melakukan panggilan internasional melalui TelkomGlobal TG01017 dengan harga yang menarik. Untuk melakukan panggilan internasional cukup melakukan dial : 01017+kode negara+kode kota+nomor telepon tujuan. Layanan ini memungkinkan kita untuk melakukan panggilan telepon internasional secara praktis, ekonomis, mudah dan cakupan terluas.
  8. Home Automation adalah layanan sistem otomatisasi rumah yang membuat rumah kita jadi lebih hemat dalam penggunaan energi listrik. Layanan ini dapat memudahkan kita dalam meng-On/Off-kan berbagai peralatan rumah tangga seperti lampu listrik, CCTV, AC, motor garasi  dan lain sebagainya sehingga kita bisa selalu melakukan kontrol kondisi rumah meskipun kita sedang berada jauh dari rumah dengan memanfaatkan layanan jaringan internet dari IndiHome. Layanan ini juga mendukung gerakan hemat energi yang saat ini sedang digaungkan pemerintah demi mencegah terjadinya krisis energi di masa depan.
Selain mendapatkan 8 layanan dalam 1 paket, dengan berlangganan IndiHome kita juga bisa mendapatkan tambahan bonus berupa IndiHome Movie Card (IMC) senilai Rp.150.000 yang dapat digunakan untuk nonton film secara gratis di Cinema 21, Cinema XXI dan The Premiere. Kartu IMC ini juga bisa diisi ulang namun ini baru berlaku untuk pelanggan baru IndiHome yang berada di area Jakarta saja. Selain dapat bonus berupa IMC, kita juga bisa mendapatkan bonus tambahan lagi berupa voucher belanja sebesar Rp.50.000,- untuk seluruh produk Blanja.com dengan cara registrasi IndiHome melalui Blanja.com.

Add On IndiHome
Wah..menarik banget ya berbagai bonus yang ditawarkan jika kita berlangganan IndiHome di rumah. Biayanya lebih hemat, tapi kualitas layanan dan fitur-fitur yang ditawarkan sangat canggih dan kekinian banget. Saat ini teknologi informasi seperti penggunaan telepon, hp, internet, TV kabel, dan lain-lain memang sudah jadi kebutuhan pokok bagi sebagaian masyarakat Indonesia termasuk di keluarga saya. Teknologi ini terbukti telah memberi banyak kemudahan dalam beraktivitas terutama dalam mengakses berbagai jenis informasi.

Makanya tidak heran jika saat ini makin banyak saja provider yang berlomba dalam menawarkan berbagai macam promo menarik untuk memikat masyarakat agar mau berlangganan, entah itu provider telepon, internet maupun TV kabel. Namun sebagai konsumen kita juga dituntut untuk cerdas dalam memilih berbagai layanan yang ditawarkan tersebut. Masalah kualitas layanan serta keterjangkauan biaya perlu dijadikan sebagai pertimbangan utama supaya keuangan rumah tangga kita juga tidak sampai tekor.

IndiHome merupakan paket layanan akses internet yang sudah all in one. Selain makin hemat, dengan langganan IndiHome di rumah maka keluarga kita juga bisa makin cerdas. Lho...Gimana ceritanya kok bisa cerdas? ya karena kita bisa mengakses berbagai informasi melalui layanan internet dengan lancar setiap hari dan juga mendapatkan tambahan layanan berupa TV kabel UseeTV. 

Memangnya Nonton TV bisa bikin Cerdas? 

Ada yang bilang bahwa apa yang kita tonton sehari-hari lama-lama bisa jadi tuntunan terutama jika ditonton oleh anak-anak kita yang usianya masih belum matang. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk berlangganan TV kabel sejak anak saya mulai suka nonton TV. Dengan berlangganan TV kabel, saya bisa melindungi anak saya dari paparan iklan yang bisa bikin anak jadi konsumtif serta acara-acara TV lain yang kurang bermutu. Waktu masih umur 2 tahun anak saya sangat suka nonton channel Baby TV, dari sana ia banyak belajar tentang pengenalan warna, bentuk geometri, angka, huruf dan bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan. Seiring bertambahnya usia, dia juga mulai suka nonton kartun Dibo The Gift Dragon, Doc Mc Stuffin, Monkey See Monkey Do dan berbagai acara khusus anak lainnya yang punya nilai edukasi. Hasilnya hingga sekarang anak saya sudah umur 5 tahun, ia sama sekali tidak suka jajan karena memang tidak pernah saya kenalkan dengan kebiasaan jajan dan sangat jarang nonton iklan TV yang menawarkan berbagai produk jajanan anak. Di sekolahnya juga banyak guru yang menyangka bahwa anak saya ikut les bahasa inggris karena kemampuan bahasa inggrisnya di sekolah termasuk yang paling baik. Padahal itu semua hanya karena kegemarannya menonton acara khusus anak yang berbahasa pengantar bahasa  inggris yang ditayangkan di channel cartoon network maupun Baby TV sejak ia masih kecil.

Meski sering nonton acara TV luar negeri, bukan berarti saya tidak pernah mengenalkan budaya bangsa sendiri pada anak saya. Saya tetap menanamkan budaya asli Indonesia padanya, hanya saja saya memang masih pilih-pilih jika mengenalkan acara TV lokal pada anak saya. Kalau yang model sinetron-sinetron itu saya memang tidak suka dan tidak pernah menonton. Apalagi saya pernah membaca berita tentang beberapa kasus anak-anak yang mengalami kecelakaan lantaran menirukan beberapa adegan sinetron laga yang ditayangkan oleh TV lokal. Saya tidak ingin hal-hal semacam itu terjadi pada anak saya. Makanya saat anak sedang menonton TV saya selalu mendampinginya serta memberi pengertian tentang mana yang boleh ditiru dan mana yang tidak. Jam menonton TV pun juga saya batasi, tidak melulu nonton TV terus. Aktivitas fisik di luar rumah  dan sosialisasi dengan teman sebayanya juga penting untuk perkembangan fisik dan mental anak saya.

Selain bermanfaat untuk mencerdaskan anak, berbagai acara yang tayang di TV kabel juga dapat semakin memperluas wawasan saya dan suami. Melalui Channel National Geographic atau Discovery Channel kami dapat menyaksikan berbagai perkembangan iptek yang dikemas dengan sangat menarik dan mencerdaskan. Film-film yang ditayangkan juga mengandung pesan moral yang bermanfaat untuk saya secara pribadi. Favorit saya sih channel Star World dan DIVA Universal. Terkadang kalau saya lagi kepengen nulis di blog tapi sedang nggak punya ide, saya sering mendapatkan ide-ide cemerlang dari hasil nonton acara atau film di TV kabel. Dan beberapa ide yang saya dapatkan tersebut sering sukses mengantarkan saya jadi salah satu pemenang lomba blog yang saya ikuti di internet. 

Syarat & Ketentuan Pasang IndiHome
Setelah mendapatkan penjelasan tentang IndiHome secara lengkap dari para pakar telekomunikasi di Tickles Cafe beberapa waktu lalu, rasanya saya jadi ingin segera beralih ke paket layanan yang ditawarkan oleh IndiHome ini. Di Kantor tempat saya bekerja saat ini juga sudah berlangganan IndiHome, waktu itu malah saya sendiri yang mengurus proses registrasinya ke Telkom Plaza. Sejak mendaftar, masa tunggunya hanya 3 hari saja langsung ada petugas yang datang untuk melakukan proses pemasangan. Saat instalasi kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp.75.000,- saja itupun akan ditagihkan pada tagihan bulan pertama. Biaya setting IndiHome gratis, kecuali kalau kita ingin meminta tambahan seperti line UseeTV tambahan yang di luar paket layanan.

Modem IndiHome
So far, saya melihat sendiri bahwa layanan IndiHome yang sudah terpasang di kantor saya juga tidak mengalami gangguan. Akses internet dan telepon lancar, layanan TV Kabel juga kualitas gambar dan suaranya jernih serta tidak putus-putus. Wah..jadi makin mupeng pengen ikutan pasang IndiHome buat di rumah sendiri. Makin mupeng lagi saat saya melihat tayangan video yang menggambarkan betapa layanan IndiHome memang kekinian banget kaya TVC ini nih :


"The More You Give, The More You Get"
Kalimat bijak tersebut beberapa kali saya dengar saat mengikuti penjelasan dari Pak Edi Kurniawan dari Telkom di acara Telkom IndiHome beberapa waktu lalu. Kalimat ini dijadikan dasar strategi bisnis yang diterapkan oleh Telkom. Menurut Pak Edi saat ini Telkom memang berusaha untuk memberikan layanan yang lebih berkualitas serta jangkauan pelanggan yang semakin luas dengan harapan seluruh rakyat Indonesia bisa mendapatkan akses internet yang lebih hemat namun dengan kualitas yang semakin baik. Itulah sebabnya kenapa Telkom terus berupaya membangun jaringan fiber ke seluruh pelosok negeri bahkan ekspansi sampai ke luar negeri. Dikatakan juga bahwa saat ini IndiHome sudah melayani 350ribu pelanggan dan yang masih inden ada sekitar 50ribu pelanggan. Ini membuktikan bahwa respon masyarakat terhadap IndiHome sangat besar.


Sharing dengan Pak Edi Kurniawan dari Telkom
#WeLoveIndiHome (Foto :Koleksi : Mak Indah Juli)
Sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga atas pencapaian Telkom sebagai perusahaan Telekomunikasi terbesar milik pemerintah Indonesia. Jika bukan kita yang turut mendukung perusahaan ini semakin besar lantas siapa lagi? Kritik dan masukan yang membangun dari seluruh masyarakat memang terus dibutuhkan demi semakin meningkatkan kualitas layanan IndiHome, sehingga Telkom menyediakan layanan keluhan pelanggan di nomor 147 serta Facebook Telkom Care dan Twitter @TelkomCare. Selain itu untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan pendaftaran jika ingin berlangganan IndiHome di rumah, kita juga bisa menghubungi Telkom dengan cara datang langsung ke Telkom Plaza atau melalui Facebook Telkom Promo, twitter @TelkomPromo atau website di www.indihome.co.id. Gimana tertarik juga untuk move on ke IndiHome? Kalo tertarik, yuuk..barengan sama saya beralih ke IndiHome karena paket layanan ini menawarkan Layanan Internet All in One yang lebih Hemat untuk Keluarga Cerdas.

Sumber Tulisan :
1. Materi Costumer Service Supervision @ Bloggers Jogja, 18 Mei 2015
2. Leaflet Promo IndiHome Fiber Triple Play
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_kabel


Reactions:

37 komentar:

  1. Balasan
    1. Cobain aja langganan indihome:)

      Hapus
    2. incase kita mau pasang tambahan untuk tv kabelnya gimana mbak?di satu paket itu tampi tambah tv kabel untuk 1 tv lagi bisa?
      jadi tv langganannya di pasang 2 tv dalam 1 rumah.

      Hapus
  2. Wah paket indihome lebih murah dari paket biasa

    BalasHapus
  3. Maaak, komplet bingits iki reportasenya. Good luck yaaa

    BalasHapus
  4. Denger denger speednya kuenceng ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak pake fiber lbh kuenceeng :)

      Hapus
  5. Wah..lengkap bingits..anyway..setuju deh kl harus selektif memilih tayangan ke anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak..soale tontonan lama2 bs jd tuntunan buat anak anak kita

      Hapus
  6. pindah paket ke indihome bsa ga yah?

    BalasHapus
  7. wow, enak ya... kemarin langganan top tv, cuma buat anak2, tapi gak nyampe setaun dah gak bisa lagi di pakai, indihome dah nyampe tebo belum ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya udah mak.cb tanya ke cs telkom :)

      Hapus
  8. selamat posting ini menjadi pemenang utama lomba indihome :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas jarwadi. selamat juga ya. menang juga kan?:)

      Hapus
  9. Memang pantes menang. Komplit dan puanjang. Joss

    BalasHapus
  10. apakah setiap pasang indihome srlalu dpt koneksi @wifi.id di rumah??

    BalasHapus
  11. Apakah indihome ini hemat terhadap tarif listrik jika perangkatnya dinyalakan terus?

    BalasHapus
  12. cara nambah video di menu karaoke gimana nih?

    BalasHapus
  13. punten mbak kalo untuk tv edukasi untuk anak2 apa aja ya mbak (anak saya 2 tahun)??
    makasi mbak..hehe

    BalasHapus
  14. saya niat mau pasang, tapi belum tau apa kah dikota saya sudah tersedia layanan itu atau belum..

    BalasHapus
  15. Sekarang udh ngga dapet 99 chanel ya mba?? dan banyak biaya embel2nya, coba IndiHome masih seperti yang mba tulis diatas pasti banyak yang berlangganan

    BalasHapus
  16. Gimana cara nambah channel lokal dan internasional lainnya

    BalasHapus
  17. Jadi kepengin berlangganan saya setelah membaca ulasan di atas...

    BalasHapus
  18. maaf mau nanya apa bisa berlangganan di indiehome tapi hanya wifi dan use tv saja?
    soalnya saya ngekos.
    terimakasih

    BalasHapus
  19. Mbak.....apakah dengan menonton TV nya itu menyedot bandwith.....seperti misalnya saya ambil yang 20MB nah pas saya liat TV apakah bandwith yang 20MB itu berkurang karena penggunaan TV ?

    BalasHapus
  20. Bagaimana caranya kita berlangganan indihome tapi tidak memiliki telph. rumah

    BalasHapus
  21. Mba di ruma pux siaran indihome tp tvnya ada dua untuk parlel ke tv satunya gmn carya mba

    BalasHapus
  22. kemana siapa tepatnya untuk komplain indihome, karena semua channel monvies di saya tidak ada yang bisa ditonton (HBO dll)...kira-kira indihome ini product tipu-tipu juga gak ya ?

    BalasHapus
  23. indihome ini product tipu-tipu gak ya...krn punya saya channel movies nya tidak ada yang bisa di tonton

    BalasHapus
  24. Gaada Discovery Channel... berharap ditambahin nieh heheehe...��

    BalasHapus
  25. punya saya ko chanel kartun / anak2 ko putus putus ya, setiap 5 detik hilang
    ada yg tau solusinya ga

    BalasHapus
  26. gmna cara nambah lagu karaokenya mba

    BalasHapus
  27. mau tanya kalau nggak ada telp rmh gimana cara pasangnya ya

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)