April 22, 2015

Sebelas Langkah Rahasia Pelayanan di Restoran Taman Pringsewu

Edit Posted by with 11 comments
Sudah cukup lama saya tidak berkunjung ke Restoran Taman Pringsewu Jogjakarta yang terletak di Jl. Magelang Km.9, Mulungan, Sleman, Yogyakarta. Seingat saya terakhir kali saya berkunjung ke sini yaitu saat menghadiri acara ulang tahun seorang teman beberapa tahun yang lalu.

Siang ini saya kebetulan berkesempatan untuk berkunjung lagi ke restoran yang memiliki tagline "Enjoy the taste Feel the Experience" dalam acara perlombaan Food & Beverage Service, Skill Competition 2015 dengan tema "Dare To Be Excellent" yang sengaja diadakan untuk meningkatkan kemampuan waitress dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan Pringsewu. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap 1 tahun sekali dan kali ini saya diundang sebagai peserta Table Manner Customer.


Dalam acara ini tugas saya sih..hanya disuruh duduk manis sebagai tamu sambil mencicipi berbagai menu makanan yang disajikan sekaligus merasakan ramahnya  pelayanan dari waitress Pringsewu Resto. Iya, restoran dengan konsep taman ini memang sangat mengedepankan kualitas pelayanan bagi para pelanggan yang berkunjung kesini. Ada sebelas langkah pelayanan rahasia yang sudah menjadi standar dalam melayani para pelanggan. #eh..kalau ditulis di blog gini namanya bukan rahasia lagi ya? hahaha..

Greeting
Begitu memasuki restoran, saya langsung mendapat sambutan ramah dari seorang waitres bernama Imas. Imas ini adalah peserta lomba dari Restoran Pringsewu Cabang Majenang yang beralamat di Jl. Raya Banjar-Majenang Km.10 Wanareja. Setelah mengucapakan selamat datang kepada saya, Imas langsung mempersilahkan saya memilih meja untuk tempat saya mulai memesan makanan.

Sitting The Guess
Setelah menemukan meja yang cocok, dengan cekatan Imas segera menarik kursi dan mempersilahkan saya duduk. Bagi saya pelayanan seperti ini termasuk jarang saya temukan di tempat makan lain. Biasanya kalau berkunjung ke tempat makan lain saya tidak diantar sampai tempat duduk seperti ini. Begitu masuk ya langsung duduk sendiri saja dan tidak ada yang mengantar..hehehe..

Sugesting Menu
Setelah duduk dengan nyaman, imas menawarkan daftar menu pada saya. Mulai dari menu pembuka sampai menu penutup semuanya lengkap.

Ini daftar menunya

Taking Order
Berhubung ini khusus menu lomba, saya sih menurut saja dengan menu yang disediakan dan Imas pun mencatat semua pesanan saya dengan lengkap.

Asking Birthday
Menanyakan hari ulang tahun adalah standar wajib yang harus dilakukan oleh para waitres di restoran pringsewu. Setiap pelanggan yang berkunjung kesini pasti akan ditanya "Apakah anda sedang berulangtahun hari ini?" jika iya maka kita akan mendapatkan pelayanan tambahan yaitu berupa kejutan ulangtahun. Kejutan tersebut bisa macam-macam, mulai dari pertunjukan sulap dari waitress, foto ulangtahun, souvenir dan lain-lain.

Waitres yang multitasking. Bisa Sulap juga

Placing Order
Setelah semua pesanan saya dicatat, waitres yang bernama Imas tersebut meletakkan copy nota pesanan saya di meja. Menurut saya ini sangat membantu pelanggan untuk bisa ngecek misalkan ada pesanan yang terlewat.

placing order
Serving Food and Beverage
Tak lama kemudian menu makanan yang sudah saya pesan segera disajikan oleh imas. Wah menunya sangat menarik nih,..yuuk..waktunya kita makan...nyam..nyam..nyam...:D
 
hmm..yummy

Repeat Order
Eh tapi sebelum saya makan, imas juga sempat mengulangi lagi pesanan saya. Kira-kira ada yang terlewat apa enggak, trus saya masih mau pesan menu yang lain apa enggak.

Presenting The Bill
Setelah acara makan-makan selesai, Imas menyerahkan tagihan pada saya dan saya juga bisa bayar langsung pada waitres. Tidak perlu mengantri di kasir.

Last Greeting
Selesai makan, saya masih dikasih menu tambahan  yaitu fish puding. Ini bukan puding yang terbuat dari ikan lho. melainkan puding yang bentuknya ikan. Wah ini pas banget buat oleh-oleh anak saya di rumah, makanya saya minta pudingnya dibungkus aja deh:)
 
fish puddingnya unyu
Saat hendak keluar dari restoran, Imas juga dengan setia masih mengantarkan saya sampai pintu keluar. Sambil mengantarkan saya keluar, Imas juga menyampaikan beberapa informasi tambahan seperti promo acara ulangtahun yang ditawarkan oleh restoran taman pringsewu. 

Clear Up
Kalau bagian terakhir ini mungkin artinya bersihin meja ya, di sesi ini sih saya sudah nggak terlibat lagi. Hehehe..


Well, pengalaman jadi peserta table manner customer di restoran taman pringsewu ini sangat menarik bagi saya. Saya jadi semakin tahu bahwa restoran taman pringsewu memang merupakan restoran yang sangat mengedepankan pelayanan terbaik baik para pelanggannya. Saat kita pergi makan ke suatu tempat makan, tentu bukan hanya rasa dari makanannya yang jadi penilaian kita. Pelayanan yang ramah tentu juga jadi pertimbangan tersendiri kan? apa iya kita mau balik lagi ke restoran yang menu makanannya enak tapi pelayannya galak-galak? pasti nggak mau bangetkan?

Nah kalau di restoran taman pringsewu ini para waitresnya memang dilatih secara khusus untuk selalu melayani para pelanggan dengan profesional. Dan yang bikin pelayanan di sini makin menarik yaitu adanya layanan tambahan berupa surprising saat ulangtahun seperti yang sudah saya ceritakan di atas tadi.  Saya sempat diajarin main sulap juga lho sama Imas..asiik dapat ilmu belajar trik sulap termasuk alat sulapnya juga secara gratis di Pringsewu. Hihihi..bisa buat menghibur suami di rumah nih kalau pulang nanti.

Oiya..restoran pringsewu ini juga sangat aware dalam mengkampanyekan penghijauan untuk membantu menanggulangi pemanasan global. Setiap pengunjung yang datang kesini pasti akan diberi bibit tanaman secara gratis untuk ditanam di rumah masing-masing. Positif banget kan gerakan yang dilakukan oleh pringsewu resto  ini? Btw saya dapat bibit pohon nangka lho..:)

bibit pohon nangka
Menurut pendapat saya, kegiatan lomba semacam ini bener-bener ide yang brilian banget. Saya nggak tahu apakah selain pringsewu ada restoran lain yang juga melakukan kegiatan semacam ini. Saat ini setahu saya ya cuma pringsewu yang menyelenggarakan lomba semacam ini. Sebenarnya lomba ini nggak hanya pelayanan saja, tapi ada beberapa babak yang harus dilalui oleh para peserta yaitu : Tes flower arrangement, pembuatan meja buffet, Folding napkin minimal 10 lipatan, preparation and polishing, table set up dan yang terakhir test project serving. 

Pokoknya seneng banget deh bisa jadi salah satu tamu undangan di acara perlombaan food & Beverage Service, Skill Competion 2015 di Pringsewu resto ini.  Kapan-kapan pengen balik lagi kesini ah sekalian ngajakin keluarga besar saya, karena pelayan disini memang benar-benar Top Banget.

Pemandangan yang sangat asri di Pringsewu Resto
Blogger narsis


Reactions:

11 komentar:

  1. fish pudingnya kaya ikan bneran yah mbak :D

    BalasHapus
  2. yang paling suka tuh pas pelayannya ngasih balon yang udah dibentuk-bentuk hihi...

    BalasHapus
  3. sepertinya enak-enak tuh makanannya, jdi ngiler mba :D

    BalasHapus
  4. Pelayanannya serasa standar resto hotel ya, mak. Salut sama restonya. Apalagi biasanya yg datang ke pringsewu dari kalangan traveler. Di sepanjang jalan pantura sini juga byk plang info letak resto pringsewu.

    BalasHapus
  5. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih :)

    BalasHapus
  6. Wah..Pelayanannya benar-benar profesional...pasti nyaman pengunjungnya

    BalasHapus
  7. Wah, kalau palayanannya seperti itu, pasti sekarang ini resto pringsewu makin digemari pecinta makan. nyam nyam :D

    lain kali mampir ah

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)