April 19, 2015

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Edit Posted by with 20 comments

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Ini kalau digambarkan ibaratnya seperti berbagi roti matahari sama seperti yang tergambar dalam syair lagu berikut :
Kubawa-bawa matahariku
Kubagi-bagi layaknya roti
Semua mendapatkannya
Semua suka bersama-sama

Itu adalah syair lagu berjudul roti matahari, lagu favorit yang saya kenal sejak saya aktif jadi pekerja sosial di sebuah yayasan sosial yang didirikan secara khusus untuk mendampingi anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual serta anak-anak yang berkonflik dengan hukum.  Saya bergabung di yayasan tersebut pada tahun 2005. Sebelum bergabung di yayasan ini saya juga sempat bergabung di yayasan yang aktif memberikan pendampingan dan edukasi tentang pencegahan IMS dan HIV pada anak-anak jalanan di kota semarang.

Banyak sekali kebahagiaan yang saya dapatkan dari aktivitas sosial ini. Saling berbagi kebahagiaan dengan anak-anak jalanan, mendengarkan keluh kesah dari anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual, berbagi inspirasi kebahagiaan saat mengobrol di penjara dengan anak-anak yang berkonflik dengan hukum ternyata telah berhasil menghadirkan rasa bahagia yang sangat membekas di dalam hati saya. Saya merasa keberadaan saya di dunia ini sangat berarti bagi mereka. Saya merasa kunjungan-kunjungan saya selalu di rindukan oleh anak-anak yang nasibnya kurang beruntung tersebut. Saya merasa hidup saya jadi lebih berarti.


Saya bahagia saat saya sedang naik sepeda motor sepulang kuliah dan berhenti di lampu merah, lalu ada seorang anak jalanan dampingan saya yang sedang mengamen tiba-tiba kaget karena mengenali saya. Kemudian ia sontak datang berlari-lari sambil memanggil-manggil nama saya hanya karena ingin mendekat dan memeluk saya.  

Saya juga sangat bahagia ketika salah satu anak korban kekerasan seksual yang saya dampingi berhasil sembuh dari trauma yang dialaminya. Saya bahagia ketika ia mau menganggap saya sebagai sahabatnya untuk berbagi. Saya bahagia ketika ia memutuskan untuk melanjutkan hidup dan akhirnya menikah dengan pria baik yang mau menerima kondisinya apa adanya. Saya sangat bahagia.

Saya merasakan kebahagiaan yang sangat dalam manakala ada anak dampingan saya yang berhasil bangkit dari keterpurukan pasca keluar dari tahanan. Saya bahagia saat mendengar cerita bahwa ia mau melanjutkan sekolah lagi dan ingin memulai lembaran kehidupan baru yang lebih baik. Saya bahagia ketika suatu hari ia sengaja jauh-jauh datang berkunjung ke rumah saya hanya untuk mengucapkan terimakasih banyak atas suport yang saya berikan selama ia di penjara. Saya semakin bahagia ketika sudah lewat 8 tahun sejak ia dibebaskan, tiba-tiba saya bertemu dengannya di facebook dan dia bercerita bahwa kini dia sudah memiliki pekerjaan yang baik, sudah menikah dan sudah punya anak. Betapa bahagianya saya.

 

Begitu banyak kebahagiaan yang saya dapatkan selama berinteraksi dengan anak-anak tersebut. Anak-anak yang terkadang malah dibuang oleh orangtua kandungnya sendiri, anak-anak yang kadang malah disingkirkan oleh masyarakat. Anak-anak yang kadang dianggap sebagai biang masalah. Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya yang mereka butuhkan hanyalah perhatian dan kasih sayang serta sedikit pelukan. Mereka tidak meminta lebih, mereka juga ingin merasakan yang namanya bahagia bersama keluarga dan bahagia bersama sahabat

 

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com
Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com
Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com


Kini sudah 8 tahun berlalu pasca yayasan sosial tempat saya bekerja dulu habis masa kontraknya dan saya kemudian memutuskan untuk bekerja sebagai PNS. Memang saya sudah jarang bertemu dengan anak-anak tersebut karena kebanyakan dari mereka kini juga sudah dewasa dan memiliki kehidupan pribadi sendiri-sendiri. Namun kenangan bahagia bersama mereka di masa lalu tak akan pernah bisa saya lupakan. Saya banyak belajar dari mereka, bahwa berbagi kebahagiaan itu cukup dengan berbagi hal-hal sederhana. Seperti berbagi senyuman, berbagi waktu dan perhatian, berbagi keperdulian, berbagi doa, berbagi status yang baik di media sosial dan lain-lain. Berbagi kebahagiaan itu tak harus soal materi, cukup dengan berbagi hal-hal sederhana semacam itu ternyata sudah bisa menghadirkan kebahagiaan yang besar bagi orang lain dan tentunya bagi diri kita sendiri.

Berbagi kebahagiaan itu seperti berbagi roti matahari. Semakin banyak dibagikan, cahaya terangnya akan semakin banyak memancar  ke penjuru dunia. Seperti matahari yang menyinari bumi, semua orang yang hidup di dunia ini bisa mendapatkannya secara gratis dengan porsi yang sama. Semuanya bahagia dan bersuka ria bersama.

Begitu pula kebahagiaan yang dibagikan oleh TabloidNova.com, situs media perempuan terbesar di Indonesia yang selalu membagikan informasi seperti kecantikan, kuliner, keluarga, kesehatan, gaya busana, karier, lengkap dengan problematika dan solusinya. Berbagi informasi yang positif semacam ini juga merupakan salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama. Dengan membaca informasi yang positif, seseorang akan mendapatkan inspirasi baru dan ini dapat menghadirkan perasaan bahagia di dalam hati.

Mari berbagi bahagia bersama TabloidNova.com, dengan semakin banyak berbagi kebahagiaan maka kitapun akan jadi semakin bahagia pula. 



Reactions:

20 komentar:

  1. Balasan
    1. IMS kepanjangan dari Infeksi Menular Seksual mas :)

      Hapus
  2. mak Arifah, ini luar biasa ...sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak irul..ikutan juga mak..sambil belajar :)

      Hapus
  3. Waa..keren mak..kangen ga sih masa2 itu? Aku gak pernah ikut2 beginian..masa mudaku kemana aja ya? *amnesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa muda mak diba dulu kebanyakan belajar sama ikutan ekstra kali mak :)

      Hapus
  4. masa muda mak Diba belajar mulu kali..hehe.. keren mak arifah aku juga pingin dlu ikut pendampingan narapidana, walaupun agak seram juga sih. thanks ya infonya lomba SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. main ke penjara itu emang kesannya serem tapi kalo udah masuk ke dalam LP asli tetep serem..hehehe:)

      Hapus
  5. Waah mak Ari aku jadi ingat dulu juga kayak mak ari gabung di LSM, ndampingin anak2 jalanan. Aku suka dateng ke jalanan sama temenku, bacain mereka cerita nabi-nabi, dll. Kangeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak rahmi dirimu dulu di semarang gabung LSM apa? aku juga di semarang lho yang sm anak jalanan itu, dulu aku gabungnya di Asa-PKBI. Jadi relawan mak...yang kadang-kadang rela, tapi kadang-kadang juga suka melawan..hehehe

      Hapus
  6. langsung menempati posisi pertama google nih, mak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener mak? aku malah belum ngecek :)

      Hapus
  7. Kerenya dirimu semasa muda ini.... dan hikmahnya...semua dilancarkan dan di mudahkan jalanya dalam hal apa saja ...
    Salut Mak Arifah...

    BalasHapus
  8. Inspiratif kegiatannya Mak.

    BalasHapus
  9. kegiatan positif dan inspiratif banget mak... saya sampai merinding membacanya.

    BalasHapus
  10. Berbagi bahagia sekaligus menerapkan SEO onpage....pasti lebih bahagia deh. Hehehhe

    BalasHapus
  11. Berbagi kebahagiaan itu malah membuat lebih bahagia ya Mak. Btw, samaan tuh ma Mak Rahmi di ASA PKBI *melu-melu

    BalasHapus
  12. Inspiratif, semoga tambah bahagia! Aamiin.

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)