April 14, 2015

Be a Smart Woman With Honda Smart Technology

Edit Posted by with 46 comments
Jadi perempuan itu harus pintar. Karena perempuan adalah penentu sebuah keluarga mau dibawa kemana. Perempuan merupakan calon ibu yang akan mendidik, membesarkan dan membentuk karakter anak-anaknya. Sehingga banyak juga orang yang mengatakan jika ingin punya anak yang cerdas maka carilah seorang istri yang cerdas pula. Selain sebagai pendidik anak, perempuan itu juga bisa dibilang secara langsung atau tidak langsung merupakan penentu paling tidak 90% pengeluaran rumah tangga. Coba deh kita perhatikan, mulai dari belanja kebutuhan rumah tangga seperti sabun, minyak goreng, pasta gigi, shampo, susu dan lain-lain pasti yang menentukan mau memilih atau membeli merk apa adalah kaum perempuan.

Tapi nggak cuma sebatas penentu barang kebutuhan harian rumah tangga saja lho. Perempuan kini juga banyak yang jadi penentu dalam urusan membeli rumah, mobil atau membeli sepeda motor. Para suami kebanyakan akan berkonsultasi dulu dengan istrinya sebelum memutuskan hendak membeli barang mewah tersebut. Walaupun terkadang kesannya suamilah yang jadi pemegang kendali keuangan, tapi nyatanya keputusan itu tetap ada pada istri untuk menentukan jadi membeli atau tidak.

Itulah sebabnya perempuan itu harus pintar. Sebagai penentu pengeluaran rumah tangga, jangan sampai kita sebagai perempuan salah dalam memilih atau membeli suatu produk. Perempuan itu harus cermat, jangan sampai keputusan kita yang salah akhirnya malah jadi merugikan keuangan rumahtangga. Mungkin jika produknya itu seputar kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan terkait hal-hal feminim seperti spa, salon, supermarket dan lain-lain, kita sudah sangat berpengalaman dalam memilih produk mana yang paling pas untuk keluarga kita. Namun dalam urusan otomotif kebanyakan dari perempuan kadang masih banyak yang bingung dalam menentukan pilihan karena merasa kurang tertarik untuk memahami detail produknya lebih lanjut. Sehingga ketika suatu hari suami meminta pendapat kita untuk memilih sepeda motor atau mobil, kita mungkin jadi tidak bisa membantu suami dalam mengambil keputusan.

Sebagai contoh adalah saya sendiri. Beberapa waktu yang lalu, suami saya meminta pertimbangan saya terkait rencana membeli sepeda motor baru. Suami saya sudah mengumpulkan beberapa brosur sepeda motor yang didapatkannya dari dealer. Lalu dia meminta saya untuk membaca dan mempelajari brosur tersebut dan memutuskan untuk memilih sepeda motor apa yang akan kami beli. Waktu itu saya sempat bingung juga karena pengetahuan saya tentang dunia otomotif memang sangat minim.

Meski bingung, saya tetap mencoba untuk membaca dan mencermati spesifikasi yang ditawarkan dalam brosur sepeda motor yang disodorkan suami saya. Kali ini saya benar-benar tidak mau salah pilih lagi. Saya tidak ingin mengambil keputusan hanya berdasarkan pertimbangan desainnya yang lucu atau warnanya yang eye catchy seperti pengalaman saya di masa lalu. Jujur saja, dulu saya pernah membeli sepeda motor dengan pertimbangan yang kurang matang. Akibatnya setelah terbeli, baru saya gunakan selama 3 tahun sepeda motor itu sudah saya jual karena penggunaan BBM nya cukup boros dan mesinnya kasar meski sudah saya serviskan beberapa kali. Apesnya lagi harga purna jualnya juga turun drastis. Rugi deh. Makanya kali ini pertimbangan saya harus benar-benar matang. Tidak hanya mementingkan tampilan luarnya saja, tapi mesin dalemannya juga harus yang terbaik.

Setelah membaca dan mencoba memahami spesifikasi dari beberapa jenis sepeda motor yang ditawarkan akhirnya pilihan saya jatuh pada sepeda motor Honda Vario 150 eSP
 
Honda Vario 150 eSP

Ini merupakan skutik flagship AHM dengan desain dan fitur yang tercanggih di Indonesia. Sepeda motor ini sudah menggunakan mesin Honda terbaru berteknologi eSP dan berbagai fitur lainnya seperti Answer Back System, lampu depan LED, PGM-FI, Combi Brake System, ISS dan lainnya. 



Kali ini saya yakin banget bahwa saya tidak salah pilih. Terbukti setelah menggunakan motor matic ini untuk berkendara setiap harinya, ada banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan dari sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan standar baru motor matic hondasmarttech yang merupakan kombinasi antara teknologi pintar dan fitur canggih untuk masa depan.

Penggunaan bahan bakarnya sangat irit

Sepeda motor ini sangat irit bahan bakar. Dengan 1 liter bahan bakar, saya dapat menempuh jarak kurang lebih 59 kilometer. Ini semua karena teknologi eSP (enhanced smart power) yang sudah diterapkan pada sepeda motor ini.
 
teknologi eSP

Teknologi ini merupakan rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Rangkaian mesin tersebut terdiri dari :
  • ACG Starter yaitu sistem pintar yang menggabungkan antara starter dan generator secara bersamaan sehingga membantu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara.
  • PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yaitu teknologi untuk mengoptimalkan pembakaran yang dilengkapi dengan injektor kelas dunia yang mensuplai bahan bakar secara presisi dan menghasilkan pembakaran yang sempurna (highly efficient combustion) sehingga mesin bekerja dengan efisiensi yang lebih baik. 
  • Intelegent Low Friction (Teknologi Minim Gesekan), dimana mesin dirancang untuk mengurangi gesekan sehingga dapat meminimalisir energi yang terbuang percuma.
  • V-matic Technolgy merupakan teknologi yang membuat akselerasi kendaraan lebih responsif sehingga kerja mesin lebih halus, stabil dan bertenaga. Vario 150 esp ini memiliki performa terbaik untuk kelas matic dengan akselerasi 11,94 detik pada jarak 0-200 m.

Ramah Lingkungan

Penghematan bahan bakar yang dilakukan oleh teknologi pintar honda ini tak hanya menjadi salah satu cara untuk menghemat pemakaian energi tetapi juga mengurangi emisi gas rumah kaca yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Dalam rangka turut mengurangi emisi gas rumah kaca, maka honda juga menerapkan teknologi idling stop yaitu fitur premium yang secara otomatis mematikan mesin saat motor berhenti lebih dari 3 detik. 
 
teknologi idling stop

Jadi saat kita sedang berhenti di lampu merah maka secara otomatis mesin kendaraan akan mati dan otomatis menyala lagi saat tuas gas kembali diputar. Fitur ini selain bikin motor jadi lebih irit juga meminimalisir emisi gas buang ke lingkungan. Perpaduan antara teknologi esp dan idling stop ini akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit hingga mencapai 63 km/liter. Honda Vario 150 eSP ini juga sudah memenuhi standar emisi Euro 3 yaitu aturan tentang standar kebersihan emisi kendaraan yang lebih diperketat lagi dimana kini sebuah kendaraan hanya boleh menghasilkan 0.3gr/km hidrokarbon (HC), 0,15 gr/km nitro oksida (NOx), dan hanya 2gr/km untuk karbonmonoksida (CO). Ramah lingkungan bangetkan?

Bagasinya luas dan muat banyak

Honda Vario 150 eSP memiliki bagasi yang dapat menampung beban seberat 18 liter. Bagasi ini juga cukup luas dan dapat digunakan untuk menyimpan helm fullface. Saat memarkir kendaraan di tempat umum saya bisa menyimpan helm saya di dalam bagasi motor sehingga terhindar dari pencurian helm yang kadang masih sering terjadi. Bagasi ini juga sangat bermanfaat untuk digunakan menyimpan barang belanjaan.

Bagasinya luas banget. Helm Full Face aja bisa masuk

Desainnya keren

Honda Vario 150 esp milik saya ini tampilannya sangat keren. Dibagian depan kendaraan terdapat panel meter dengan desain elegan dan indikator fungsional yang lengkap. Panel meter ini memiliki konfigurasi yang jelas, mudah dipantau, keren dan informatif banget. 
 
desain panel meter yang elegan

Selain itu lampu belakangnya juga di desain secara lebih modern dan sporty dengan garis tajam yang dilengkapi dengan multireflektor yang dapat menghasilkan cahaya terang tapi tidak menganggu bagi pengendara lain yang berada di belakang dan samping kita. Vario 150 eSP juga dilengkapi dengan Velg desain terbaru palang 10 yang terbuat dari bahan alumunium aloy berwarna hitam. Velg ini menambah kesan sporti dan elegan pada motor ini. Tulisan Varionya juga menggunakan desain 3D sehingga tulisan tersebut memberikan kesan mewah. Keren banget deh motornya, bikin pengendaranya jadi makin keren juga.

Motor ini sungguh keren

Lampu LED nya terang dan tidak menyilaukan

Honda Vario Techno 150 menggunakan lampu depan ganda (Dual Keen Eyes) yang berkarakter tajam, sporty dan dilengkapi dengan clear lens dan multireflektor. Lampu ini juga sudah menggunakan teknologi LED dengan cahaya putih yang lebih terang dan fokus. Teknologi ini disesuaikan dengan peraturan lalulintas yang berlaku saat ini yaitu bahwa sepeda motor wajib menyalakan lampu kendaraan pada siang hari. Penggunaan lampu LED yang dilengkapi dengan multireflektor ini selain terang dan tidak menyilaukan juga hemat energi karena meminimalisir energi panas yang dihasilkan sehingga penggunaan lampu juga awet dan tahan lama meski selalu menyala pada pagi, siang dan malam hari.

Dual Keen Eyes

Faktor keamanan & kenyamanannya TOP BGT

Mengendarai Vario 150 esp ini juga bikin hati tenang. Karena sudah ada teknologi combi brake yang menyeimbangkan pengereman roda depan dan belakang hanya dengan menarik tuas rem kiri. Rasanya jadi lebih praktis, aman dan nyaman. Tak hanya itu saja faktor yang bisa bikin hati saya tenang. Honda Vario 150 eSP ini juga sudah menggunakan desain knalpot baru dengan pelindung panas yang berfungsi untuk menghindari resiko pembonceng dari panas knalpot. Kalau saya lagi boncengin anak saya, saya jadi nggak khawatir lagi kakinya bakal "kenyonyos" sama knalpot. Sudah aman sekarang. 
Knalpotnya nggak bikin kenyoyos
Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi teknologi Parking Brake Lock. Dengan teknologi ini maka tuas pengunci rem belakang akan mencegah motor meloncat/bergerak pada saat kita menghidupkan mesin atau ketika motor berhenti. 

Standar samping otomatisnya juga dilengkapi dengan saklar pemutus arus listrik. Dengan menggunakan fitur Side Stand Switch maka mesin motor akan mati secara otomatis ketika standar samping diturunkan dan tidak dapat dihidupkan manakala standar samping belum dinaikkan.

Saat standar dalam posisi ini mesin tidak akan menyala

Hal ini ditujukan untuk mengurangi resiko pengendara lupa menaikkan standar samping. Karena sangat berbahaya apabila menggunakan motor dalam posisi standar samping diturunkan, akibatnya dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. 

Tidak hanya memperhitungkan keselamatan bagi pengendaranya saja, honda vario 150 esp ini juga dilengkapi dengan Secure Key Shutter yang menjaga keselamatan sepeda motor dari pencurian. Ini merupakan sistem penguncian yang dilengkapi dengan cover bermagnet dengan tuas penutup manual yang kuat. Pengaman ini sangat praktis digunakan dan dapat mengurangi resiko pencurian motor.

Secure Key Shutter

Selain aman, motor ini juga nyaman banget lho. Joknya luas dan empuk saat diduduki serta terdapat juga tombol pembuka jok di depan agar dapat memudahkan pengendara saat akan membuka jok untuk meletakkan atau mengambil barang bawaan. Lalu ada juga rak serba guna di sisi kanan dan kiri yang dapat memudahkan kita menyimpan barang bawaan yang berukuran kecil. Praktis dan nyaman banget kan?

Ada teknologi answer back systemnya
ABS merupakan sistem penanda yang menggunakan sinyal radio melalui remote. Fitur ini sangat membantu saat kita berada pada tempat parkir yang padat, sehingga kita dapat mengetahui letak motor kita dengan mudah. Cara kerja ABS sendiri yaitu saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan

Sumber : http://ragiltriatmojo.blogspot.com/2015/04/penjelasan-teknologi-pintar-motor-matic-honda-smart-technology.html
Biasakan selalu mencantumkan sumber. STOP PLAGIATISME !
ABS merupakan sistem penanda yang menggunakan sinyal radio melalui remote. Fitur ini sangat membantu saat kita berada pada tempat parkir yang padat, sehingga kita dapat mengetahui letak motor kita dengan mudah. Cara kerja ABS sendiri yaitu saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan

Sumber : http://ragiltriatmojo.blogspot.com/2015/04/penjelasan-teknologi-pintar-motor-matic-honda-smart-technology.html
Biasakan selalu mencantumkan sumber. STOP PLAGIATISME !

Teknologi terbaru yang bikin saya makin suka dengan Vario 150 esp adalah adanya teknologi answer back system. Ini bermanfaat banget dalam mempermudah pencarian sepeda motor di tempat parkir. Hanya dengan menekan tombol berbentuk segitiga yang terletak pada remote kunci maka motor akan memberi respons suara dan lampu sein akan menyala. Dengan adanya fitur ini kini saya nggak bingung lagi mencari sepeda motor saya saat parkir di area parkir yang ramai dan padat.

ABS merupakan sistem penanda yang menggunakan sinyal radio melalui remote. Fitur ini sangat membantu saat kita berada pada tempat parkir yang padat, sehingga kita dapat mengetahui letak motor kita dengan mudah. Cara kerja ABS sendiri yaitu saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan

Sumber : http://ragiltriatmojo.blogspot.com/2015/04/penjelasan-teknologi-pintar-motor-matic-honda-smart-technology.html
Biasakan selalu mencantumkan sumber. STOP PLAGIATISME !
Tekan tombol pada remote kunci

Motor akan mengeluarkan suara bip dan lampu sein menyala sehingga mudah ditemukan

Wuih..banyak bangetkan keuntungan dari Teknologi Pintar Honda ini. Rasanya tuh puas banget lho bisa beli sepeda motor ini. Dan nggak cuma saya saja yang merasa puas, suami saya pun beberapa kali memuji saya dengan mengatakan bahwa, "Istri smart pilihan sepeda motornya ternyata smart juga". Hehehe..

Fitur terbaru dari sepeda motor honda ini memang lengkap dan canggih banget, kurang apa lagi coba? Eh..tapi ngomong-ngomong kalau kita sudah punya sepeda motor yang dilengkapi dengan smart technology  seperti ini maka penggunanya harus smart juga dong. Jangan sampai deh, kita sudah punya sepeda motor yang keren dan smart tapi pengendaranya naik motor sambil ugal-ugalan dan nggak mematuhi peraturan lalu lintas. Hmmm..payah banget dong kalau gitu. Makanya selain sharing tentang keuntungan dari teknologi smart Honda, lewat tulisan di blog ini saya juga mau sharing beberapa tips smart berkendara menggunakan sepeda motor. Berikut Tipsnya :
  1. Gunakan helm pengaman yang berstandar SNI dan jangan lupa untuk selalu mengancingkan tali pengaman helm hingga berbunyi klik
  2. Jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK
  3. Gunakan kacamata pelindung, sarung tangan, jaket dan alas kaki yang anti selip untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari, hembusan angin, dan polusi asap kendaraan serta mengurangi resiko terpeleset saat berkendara
  4. Patuhi rambu lalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri serta sesama pengguna jalan
  5. Jangan mengendari motor sambil menerima telpon, membaca atau mengirim sms apalagi sambil selfie karena hal ini akan mengganggu keseimbangan saat berkendara serta mengganggu konsentrasi dan dapat mengakibatkan kecelakaan
  6. Gunakan sepeda motor sesuai keperluan secara bijaksana. Jika bepergian dengan jarak yang cukup dekat lebih baik ditempuh dengan berjalan kaki atau bersepeda saja. Selain mengurangi emisi gas buang, hal ini juga memberi efek menyehatkan tubuh
  7. Selalu berdoa setiap kali hendak bepergian agar diberi keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan.

Semenjak Kyoto Protokol ditandatangani dan diratifikasi oleh 141 negara untuk menekan emisi gas rumah kaca, para produsen otomotif memang terus berlomba untuk menciptakan produk yang mampu menekan pemakaian energi semaksimal mungkin dan tentunya semakin ramah lingkungan. Namun menurut pengamatan saya secara pribadi Honda merupakan produsen otomotif yang paling terdepan dalam menciptakan teknologi pintar untuk masa depan.

Eniwei, saya seneng banget lho bisa mulai paham sedikit-sedikit soal dunia otomatif. Ini semua gara-gara saya banyak membaca informasi tentang teknologi pintar honda. Dengan makin banyak membaca maka wawasan kita jadi bertambah luas. Jadi perempuan memang perlu juga untuk memahami dunia otomotif karena sebagai perempuan kita harus jeli dalam mencermati suatu produk yang ditawarkan termasuk produk-produk otomotif. Saat ini sudah bukan lagi jamannya dimana perempuan hanya duduk manis sambil menerima semua keputusan dari kaum lelaki. Sejak ibu kita Kartini memperjuangkan emansipasi wanita maka sejak saat itulah peran kita terbuka untuk berpendapat dan ikut andil dalam mengambil keputusan. Untuk itu kita harus selalu mau belajar dan membuka wawasan kita seluas-luasnya agar kita menjadi perempuan yang semakin smart. 

Dengan pengetahuan dan pemahaman yang kita miliki terhadap produk yang ditawarkan maka kita akan dapat terhindar dari perilaku konsumtif atau salah pilih serta akan semakin bijak dan cakap dalam mengelola keuangan rumah tangga. 

Be a smart Woman wuth Honda Smart Technology

Kali ini saya percaya banget bahwa sepeda motor honda smart technology pilihan saya ini merupakan pilihan smart yang sangat tepat. Manfaat dari memilih Honda Vario 150 eSP ini selain dapat menghemat belanja BBM dalam anggaran keuangan rumah tangga saya ternyata juga telah membuat saya jadi ikut berpartisipasi dalam menghemat energi dan menjaga bumi tetap lestari. Honda smart technology memang bikin perempuan jadi makin smart.




Reactions:

46 komentar:

  1. Komplit dan keren bu Ari..kayaknya bakalan disabet juga nih jawaranya..
    nitip lapak ya bua ari..
    http://new.nfkaafi.blogdetik.com/2015/04/05/teknologi-pintar-hondainovasi-teknologi-motor-honda-yang-revolusioner

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih pak dwi sudah mampir. saya juga udah mampir ke tulisannya. sukses juga ya pak:)

      Hapus
  2. lengkap mak, sukses ya lombanya :)

    BalasHapus
  3. Wah keren nie vario tekno 150CC
    semuanya komplit

    BalasHapus
  4. mbakkkkk...lengkap banget mah ini...waaa....bakalan menang dah ...lengkap selengkap lengkapnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..masih banyak tulisan peserta lain yang lebih lengkap mbak. makasih ya:)

      Hapus
  5. Kenapa malas banget ikut lomba-lomba blog karena ngga bakal bisa nulis sebagus dan sekomplit tulisan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting usaha mbak. dicoba dulu. rejeki udah ada yang ngatur.semangat:)

      Hapus
  6. Lengkapnya Mak. Mudah-mudahan menang :)

    BalasHapus
  7. Selalu keren tulisan mbak arie mah :)

    BalasHapus
  8. tulisannya bikin pengen punya vario..xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli aja mak..yakin deh kalo beli vario nggak bakalan nyesel:)

      Hapus
  9. Aku kenal Honda baru sebagai penumpang saja...soalnya belum bisa naik motor hehehehe..
    Tapi iya kuperhatiin Honda itu anggun dan kokoh kesannya. Gerakannya juga halus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak arin belajar naik motor. asyik lhoo naik vario:)

      Hapus
  10. Aku percaya deh sama iritnya Vario. Malang-Gresik PP cuma sekali aja isi bensin full pas mau berangkat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah banyak yang membuktikan ya mak. Vario emang irit banget karena teknologi pintarnya itu :)

      Hapus
  11. Wuuuuiiiiih...lengkap banget ulasannya. Semoga menang ya mbak. Aku juga pakai matik, soalnya gak bisa bawa motor bergigi sih, hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak fardelyn..iya aku juga lebih nyaman pakai matik dpd yang manual ^^

      Hapus
  12. Duh, keren banget motornya... Canggih pula ya... Good luck Mak... :) Kita emang harus pinter2 pilih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat mak..jadi perempuan emang harus pinter milih produk otomotif yang terbaik buat keluarga. soalnya biasanya si bapak juga maunya ngikutin kemauan kita :)

      Hapus
  13. Saya lebih tertarik dengan teknologi answer back systemnya
    jadi klo parkir penuh tidak perlu binggung nyari motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. saya juga suka banget dengan teknologi ASB ini. sangat membantu :)

      Hapus
  14. Aaaaak motorku belum ada Answer Back System nya. pingiiiiin... biar gampang kalo lagi di parkiran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukar tambah aja mak. ganti yang ada ASBnya :D

      Hapus
  15. selamatttt makkk juaraaa bertahaaannn

    BalasHapus
  16. Wahi ya lengkapnya..selamat mak:)

    BalasHapus
  17. Saya belajar banyak dari artikel ini cara nulis artikel yang bagus dan juara :D
    Selamat ya jadi pemenangnya

    BalasHapus
  18. selamat mak ...tulisannya memang bagus

    BalasHapus
  19. maaak...iiih, jawara lagi nih si emak... keren bingit :)

    BalasHapus
  20. selamat mak, juara satu nih... komplit memang review nya :)

    BalasHapus
  21. Wah selamat ya juara 1, keren tulisannya...

    BalasHapus
  22. selamat mak...juara satu euy..

    BalasHapus
  23. Selamat mbak jadi jawaranya
    Kunjungi blog saya ya di efrialruliandi blogspot.com

    BalasHapus
  24. tulisannya keren! sukses ya bu :)

    Hello bloggers Indonesia! Souvenir berupa gantungan kunci, kipas, gelas, atau hiasan tentu sudah sering dijumpai. Namun ada juga souvenir cantik dan unik yang bisa diberikan untuk para tamu undangan pada acara-acara besar agama Islam lainnya seperti pengajian, syukuran, dan tahlilan. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

    BalasHapus
  25. wah jadi pemenang juara satu akhirnya.. mantabb mbak e..
    semoga ketika mampir di blognya mbak bisa ketularann heheheh.

    BalasHapus
  26. Mba ari penulisan blognya selalu keren....salun Mba

    BalasHapus
  27. Setuju mbk jadi perempuan memang harus pintar, dan Anda termasuk smart women lho, salam kenal :)

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)