Reinkarnasi Si Rambut Kaku

by - January 25, 2015

Dulu pas masih kecil kamu punya nama julukan nggak? Aku punya. Dulu waktu aku masih kecil, nama julukanku  tuh "Mak Lampir". Iya Mak Lampir. Kejam banget ya yang ngasih nama julukan. Tentu bukan ibuku yang memberi nama julukan Mak Lampir tersebut, tapi saudara dan teman-teman bermainku. Jujur, saat aku masih kecil dulu rasanya sebel banget kalau ada teman main yang memanggilku dengan julukan Mak Lampir. Sebenarnya yang memulai memanggilku dengan julukan Mak Lampir adalah kakak perempuanku sendiri. Dia biasa mengolok-olokku dengan julukan Mak Lampir, karena saat masih kecil dulu aku punya rambut yang sangat panjang dan tebal. Namun sayangnya rambutku itu sangat kaku dan mudah sekali kusut. Sejak kecil aku nggak terbiasa menyisir sendiri rambut panjangku. Ibu yang setiap hari menyisir, mengikat dan mengepang rambut panjangku. Ibu sangat senang bereksperimen dengan rambut panjangku. Rambut panjangku sangat jarang digerai. Setiap hari ibu selalu mengikat atau mengepang rambutku dengan ikatan yang sangat kuat, supaya penampilanku terlihat rapi.  Sebenarnya aku tidak suka dengan rambut panjangku waktu itu. Karena saat rambutku disisir oleh ibu, rasanya seperti di jambak-jambak. Itu semua karena ibuku sedang berusaha mengurai rambut panjangku yang kusut dan itu  sangat menyakitkan kulit kepalaku. Makanya aku paling malas jika ibu hendak menyisir rambutku. Sehabis mandi aku memilih langsung berlari keluar rumah untuk bermain dengan rambut panjang yang masih acak-acakan, karena malas merasakan sakitnya saat ibu menyisir rambutku yang kaku dan kusut. Itulah sebabnya kenapa saat kecil aku dijuluki Mak Lampir oleh saudara dan teman-temanku. Hiks..sedih, padahal sebenarnya aku cantik dan punya kulit yang putih bersih. Hanya gara-gara rambut panjang yang tampak kusut maka kecantikanku jadi pudar dan terlihat seperti Mak Lampir dimata  teman-teman bermainku.

Gadis kecil bersepatu putih yang rambutnya acak-acakan itu adalah aku

Karena malu dan kesal, aku pernah minta pada ibu supaya rambut panjangku dipotong pendek saja. Tapi ibu tidak menyetujuinya. Kata ibu, ibu sangat suka melihatku dengan rambut panjangku. Dalam hati aku sempat protes, bukankah ini rambutku? tapi kenapa aku tidak bisa menentukan model rambut yang kuinginkan? Namun dulu saat masih kecil aku hanya bisa pasrah dan menurut saja pada ibuku.

Saat aku kelas 2 SMP aku kembali memohon pada ibu supaya mengijinkanku memotong rambut panjangku. Aku benar-benar malu jika tiap hari masih saja bergantung pada ibu untuk menyisir rambutku sendiri. Kukatakan pada ibu, bahwa aku sekarang sudah besar tapi rambut panjang ini membuatku kerepotan mengurusnya. Aku ingin bisa seperti teman-temanku yang dengan mudah bisa menyisir rambutnya sendiri. Lama-lama ibuku akhirnya merasa kasihan juga padaku dan beliaupun mengijinkan aku untuk memotong rambutku. Modelnyapun sepenuhnya diserahkan padaku, ibu sudah tidak akan mengatur dan memaksakan keinginannya lagi.

Aku yang rambutnya di kepang dua. Sampai usia SMP aku masih belum bisa sisiran sendiri, karena punya rambut yang cukup panjang dan tebal

Betapa girangnya hatiku saat itu, setelah mendapat ijin dan restu dari ibu, aku langsung pergi ke salon. Kukatakan pada kapster di salon bahwa aku ingin memotong rambutku sangat pendek, seperti model rambut laki-laki. Mbak kapsternya sempat kaget, “Nggak sayang dek, rambut panjang dan tebal seperti ini mau langsung dipotong pendek?” tanya mbak kapster salon. “Enggak mbak, potong aja. Nggak sayang kok” jawabku santai. “Wah..padahal ini kalau rajin dirawat pasti rambutnya bagus banget lho dek. Beneran deh, bisa sebagus rambut bintang iklan shampoo yang di TV itu” kata mbak kapster mencoba mencegah keinginanku. “Enggak mbak, aku nggak suka rambut panjang. Yang suka itu sebenarnya ibuku. Aku lebih suka rambut pendek, nggak ribet” jawabku lagi. Akhirnya mbak kapsterpun menuruti keinginanku. Kres..kres…gunting salon mulai memotong rambut panjangku. Hari itu adalah hari yang sangat bersejarah dalam hidupku karena itulah kali pertama aku memotong pendek rambut panjang yang setia menemaniku sejak aku masih kecil. Dan momen pada hari itu merupakan titik awal dari sebuah proses panjang reinkarnasi rambut panjangku yang kaku.

"Cutting my long hair, it was the greatest thing I ever did"


Akhirnya mimpiku terwujud, aku bisa tau gimana rasanya punya rambut yang super pendek. Kepala rasanya jadi lebih sejuk dan enteng banget. Namun ternyata setelah rambutku selesai di blow, aku jadi agak kecewa melihat tampilan rambutku yang baru. Setelah dipotong rambutku malah jadi megar dan mengembang semakin tebal. Duh..kok rambutku malah jadi ngembang gini sih..kaya brokoli, keluhku dalam hati. “Rambut kamu memang tebal banget dek, kalo dipotong pendek jadinya memang tambah ngembang kaya gini” tiba-tiba mbak kapster salon berkata seolah bisa membaca isi hatiku. “Lha trus gimana solusinya mbak, biar rambutku nggak terlalu ngembang dan kaku kaya gini. Gimana caranya biar rambutku bisa kelihatan lebih jatuh, halus dan lembut seperti rambut bintang iklan yang di TV itu mbak?” tanyaku pada kapster salon. “Bisa sih dek, asal rajin dirawat aja” jawabnya singkat. Tapi waktu itu aku masih nggak mudeng tentang gimana caranya ngerawat rambut. “Ah..masa bodoh deh.., dipakein helm aja nanti juga rambutku bisa kempes sendiri” pikirku waktu itu.

Sejak potong rambut jadi super pendek, aku jadi sering sekali membasahi rambutku dan menutupnya dengan helm. Dengan tujuan agar rambutku bisa kempes dan nggak ngembang lagi. Tapi yang terjadi, rambutku malah jadi lepek dan bau..ihh..nggak banget deh.  Kondisi rambutku pasca potong rambut malah jadi semakin menyedihkan. Julukan Mak Lampir berubah jadi Don King...hiks..Aku jadi makin sedih. Melihat kegalauanku, ibu jadi merasa kasihan. Saat itu sudah ada teknologi catok rambut, lalu ibuku menyarankan agar rambutku dicatok saja supaya tampak lebih jatuh, lebih halus dan nggak terlalu ngembang. Aku senang sekali karena akhirnya ada solusi, dan akupun mulai rutin mencatok rambutku. Saat menginjak SMA, mulai ngetrend tuh ion rambut yang bisa bikin rambut jadi kelihatan lebih lurus dan halus seperti rambut bintang film korea. Aku juga nggak ketinggalan ikut-ikutan meng-ion rambutku. Dan hasilnya bikin aku semakin senang karena rambutku jadi kelihatan makin bagus dan lurus. 

Namun masalah kembali muncul. Sejak aku sering meng-ion dan mencatok rambutku, lama-kelamaan rambutku jadi mulai terasa kering dan gampang rontok. Hiks..kenapa lagi ini rambutku? Kok masalah selalu datang silih berganti gini ya. 

Menjelang masuk kuliah, aku mulai berjilbab. Dengan berjilbab, kupikir masalah rambut akan selesai. Toh..misalkan lagi bad hair day, nggak bakalan kelihatan sama orang juga kan? hehehe...dan jadilah aku mulai cuek soal urusan perawatan rambut. Selama kuliah, nasibku berubah jadi anak kost yang hidupnya sangat pas-pasan. Boro-boro mau perawatan rambut ke salon, duit dari mana? dan nasib rambutkupun makin tragis. Rambutku makin kering, mulai bercabang, ketombean juga dan banyak yang rontok. hiks...ngenes banget pokoknya.


"Hair is jewelry, It's an accessory"

Lalu aku mulai sadar, bahwa masalah rambut ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama. Rambut adalah mahkota wanita, kalau dibiarkan rusak dan tak terawat berlama-lama aku khawatir nanti rambutku bisa-bisa jadi botak. Hiii...serem...aku nggak mau jadi botak. Kemudian aku dapat saran dari teman untuk merawat rambut dengan menggunakan bahan alami yang cukup murah meriah. Yaitu menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe, serta lidah buaya untuk mengatasi masalah rambut kering dan rontok. Akupun mulai menerapkan tips tradisional dari temanku itu. Untung ibu kosku mau berbaik hati mengikhlaskan tanaman lidah buayanya untuk aku gunakan sebagai masker rambut...hihihi...kalau jeruk nipis bisa aku dapatkan dari warung sayuran di dekat tempat kosku. Well...setelah menerapkan tips dari temanku tersebut selama beberapa kali ternyata cukup repot juga. Tanaman lidah buaya milik ibu kosku juga mulai gundul, akupun merasa tak enak jika terus-terusan mengambil lidah buaya milik ibu kos. Lagipula cara tradisional ini juga nggak praktis, cukup merepotkan dan bikin aku lama-lama jadi malas melakukannya.

Dua Varian Ellips Favoritku : Ellips Vitamin Rambut Moroccan Oil Hair Treatment dan Ellips Vitamin Rambut Pro Keratin Complex Hair Repair
Hingga tibalah suatu masa dimana aku mulai mengenal ellips. Produk vitamin rambut yang bentuknya seperti mutiara. Aku mulai mencoba menggunakan ellips untuk melakukan perawatan rambut sehat saat aku sudah mulai bekerja. Saat itu aku sudah mulai punya gaji sendiri dan mulai bisa mandiri secara financial. Karena sudah punya gaji sendiri maka setiap bulan aku bisa rutin melakukan creambath atau hair spa di salon. Dari sinilah aku mulai mengenal ellips. Salon yang biasa aku kunjungi biasa menggunakan ellips untuk memberi vitamin pada rambutku. Awalnya aku hanya mengamati saja, namun karena sudah merasakan manfaatnya secara nyata akhirnya aku jadi ikut-ikutan membeli ellips untuk kugunakan sendiri di rumah.

Merawat rambut menggunakan Ellips vitamin rambut terbukti telah mereinkarnasi rambutku yang sebelumnya telah melewati berbagai macam ujian dan cobaan. Mulai dari masalah rambut kaku, lepek, kering, bercabang, ketombean hingga gampang rontok semua sudah pernah kualami. Sejak menggunakan ellips aku merasakan rambutku bagai terlahir kembali. Tapi sebelum bercerita tentang bagaimana kondisi rambutku pasca reinkarnasi, aku mau jelasin dulu tentang bahan yang terkandung dalam butiran mutiara ajaib bernama ellips ini.


Mutiara ajaib itu adalah Ellips
Ellips merupakan produk vitamin perawatan rambut yang mengandung Jojoba Oil, Vitamin A,C,E dan Pro Vitamin B5. Saat ini Ellips juga mengeluarkan produk vitamin rambut terbaru yang diperkaya dengan pro keratin complex. Keratin merupakan protein dasar penyusun lapisan rambut. Sebenarnya secara alami, keratin ini juga ada dalam rambut kita. Namun seiring dengan pertambahan usia lama-lama kandungan keratin dalam rambut jadi berkurang. Selain karena faktor usia, kandungan keratin pada rambut juga bisa rusak karena faktor lain. Penyebabnya adalah akibat dari proses styling atau penggunaan bahan kimia pada rambut secara terus menerus, salah satu contohnya adalah penggunaan catok rambut. Kebiasaan menyisir dan mengikat rambut terlalu kencang juga bisa merusak keratin pada rambut kita.

Jika keratin di rambut kita sudah rusak maka yang terjadi adalah rambut jadi kering, megar, susah diatur dan tentunya tidak sehat dan sangat mengganggu penampilan. Sehingga kita perlu menggunakan ellips vitamin rambut yang mengandung pro keratin complex agar bisa mengganti protein pada rambut yang sudah rusak atau makin menipis tadi.

Cara penggunaan Ellips vitamin rambut juga sangat mudah dan praktis. Yaitu dengan cara gunakan sehabis keramas saat kondisi rambut sudah setengah kering. Usapkan ellips vitamin rambut dari batang hingga ujung rambut dan biarkan kering dengan sendirinya tanpa perlu dibilas. Tuh...gampang bangetkan? Praktis dan nggak ribet sama sekali. 

Saat ini produk ellips vitamin rambut makin beragam variannya seperti ellips vitamin rambut Moroccan Oil, elips vitamin rambut Pro Keratin Complex dan elips vitamin rambut Ultra Treatment yang informasi produknya secara detail bisa di cek di http://www.ellipshaircare.com/product/sub-product/419-Ellips-Vitamin-Rambut. Selain itu ada juga rangkaian produk elips masker rambut dan ellips milkshake conditioner yang info detailnya juga bisa dicek di http://www.ellipshaircare.com/product.


I Love Ellips
Rambut berjilbab memang butuh perawatan ekstra agar selalu terjaga kesehatan dan keindahannya. Apalagi jika rambut tersebut punya track record seperti rambutku yang kering dan kaku. Lalu bagaimana caranya merawat rambut berjilbab agar rambut terasa bagai terlahir kembali? berikut beberapa tipsnya :
  1. Jangan malas keramas, minimal 2 hari sekali aku mengkeramas rambutku secara teratur di sore hari. Rambut berjilbab itu sangat mudah menjadi lembab karena keringat, sehingga lebih baik jika keramas dilakukan setiap hari untuk selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala kita.
  2. Setelah keramas dan kondisi rambut sudah setengah kering usapkan ellips vitamin rambut with pro keratin complex Hair Repair mulai dari batang hingga ujung rambut secara merata dan biarkan kering dengan sendirinya.
  3. Tata rambut seperti biasa dan kenakan jilbab saat rambut benar-benar telah kering. 
  4. Lakukan masker rambut 1 minggu sekali dengan menggunakan ellips hair mask untuk menjaga kesehatan rambut. Cara penggunaannyapun juga sangat mudah yaitu oleskan ellips hair mask secara merata pada rambut setelah keramas, kemudian pijat-pijat pada kulit kepala dan diamkan selama 1-2 menit. Selajutnya bilas rambut hingga bersih.
  5. Sekali waktu tidak ada salahnya juga untuk melakukan perawatan rambut sehat dengan pergi ke salon. Seperti melakukan creambath atau hair spa sebulan sekali. Saat tersebut juga bisa dijadikan sebagai "me time" untuk menghilangkan stres. Kondisi rambut terkadang juga dipengaruhi oleh kondisi psikis lho. Jika pikiran kita stres biasanya rambut juga ikut stres seperti rontok dan lain-lain. Sehingga kondisi psikis juga harus selalu dijaga agar tetap hepi dan jauh dari stres agar rambut kita juga selalu sehat.
  6. Saat berada di rumah dan tidak memakai jilbab, biarkan rambut tergerai tanpa diikat. Supaya rambut bisa bernafas dan tidak lembab setelah seharian tertutup jilbab.
  7. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, omega-3, zat besi dan vitamin B seperti yang terdapat dalam ikan salmon, tuna, telur, susu, kacang-kacangan,  sayuran hijau dan lain-lain. Hal ini akan semakin mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dengan cara menutrisi dari dalam.

Setelah rutin menggunakan ellips vitamin rambut pro keratin complex untuk merawat rambutku, kini aku sudah tidak lagi mengalami masalah rambut kaku seperti dulu lagi. Rambutku kini semakin sehat dan mudah diatur. Meski berjilbab, aku tak pernah lagi mengalami masalah rambut kaku, kering apalagi rontok. Perawatan rambut sehat menggunakan  elips vitamin rambut pro keratin complex secara rutin telah menutrisi rambutku sampai ke akar sehingga rambutku jadi semakin kuat dan sehat.


"Ellips is my favourite hair vitamin products, because it's enriched with Pro Keratin Complex. I really love this products"

Kini si rambut kaku sudah ber-reinkarnasi jadi si rambut indah. Nggak ada lagi cerita jilbab sebagai tameng saat bad hair day, karena bagiku kini tiap hari adalah beautiful hair day. Dan jilbab yang kukenakan membuatnya jadi tampak makin beautiful. Meski rambutku nggak kelihatan karena tertutup jilbab, tapi auranya terpancar sampai keluar...hihihi...ya..iya dong, kondisi rambut yang sehat dan terawat tentu membuat saat berjilbab jadi lebih nyaman. Nggak ada lagi garuk-garuk kepala atau rambut rontok yang menempel di jilbab, dan ini bikin penampilan jadi makin pede. Saat di rumah, suami juga makin senang elus-elus rambutku yang kini jadi makin halus dan hitam berkilau.


Rambut tetap sehat meski berjilbab
Eniwei..banyak orang yang bilang bahwa rambut adalah mahkota wanita. Yang namanya mahkota tentu akan tampak makin indah jika berhiaskan mutiara diatasnya. Menurutku, ellips vitamin rambut ibarat mutiara tersebut. Tak hanya mampu membuat rambut jadi semakin indah. Namun juga menjadikannya sehat dan membuat rambut kita bagai terlahir kembali. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri....:)

Sumber referensi :
2. Semua foto yang digunakan merupakan foto-foto milik pribadi.


You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)