Oktober 27, 2014

Thats Why I became a Blogger

Edit Posted by with 2 comments
Credits

Kalau ditanya kenapa saya jadi blogger? jawaban saya sih sederhana saja. Yaitu karena bagi saya nggak ada aktivitas menyenangkan yang bisa jadi pengobat rasa jenuh bagi saya selain aktivitas ngeblog. Saya akui bahwa saya adalah orang yang mudah jenuh, terutama dalam urusan pekerjaan.

Bidang kerja saya adalah bidang administrasi manajemen. Sebagai koordinator bidang manajemen saya punya banyak sekali tanggungjawab terkait masalah manajemen umum, manajemen keuangan dan manajemen kepegawaian. Setiap hari aktivitas kerja saya selalu disibukkan dengan masalah kontrol penyerapan anggaran instansi, kontrol laporan belanja rutin, kontrol kedisiplinan pegawai dan lain sebagainya. Jujur saja bagi saya pekerjaan tersebut sebenarnya cukup menjemukan. Apalagi jika saya harus dihadapkan pada masalah karyawan yang bermasalah. Seperti karyawan yang selingkuh, bercerai atau karyawan yang melakukan tindakan indisipliner lainnya. Tugas pembinaan tingkat pertama merupakan tanggung jawab saya dan ini semakin membuat saya merasa bahwa pekerjaan ini sebenarnya kurang cocok dengan jiwa saya.

Namun saya memang tidak bisa lari dari tanggungjawab tersebut. Istilahnya hal itu merupakan resiko dari jabatan yang saya emban dan saya harus menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya (meskipun sebenarnya saya tidak suka). Sebagai manusia biasa tentu adakalanya saya merasa beban pekerjaan terasa begitu berat dan otak saya terasa overload. Kebiasaan berkutat dengan rutinitas kerja yang itu-itu saja juga lama kelamaan jadi mematikan kreativitas saya. Sehingga saya merasa butuh aktivitas lain yang bisa saya kerjakan diwaktu luang tanpa harus mengganggu aktivitas kerja saya di kantor . Namun disisi lain aktivitas tersebut juga bisa membantu menghilangkan rasa jenuh serta merangsang otak saya untuk kembali kreatif.

Dan aktivitas tersebut adalah NGEBLOG. Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin punya blog, namun keinginan tersebut baru terealisasi pada tahun 2012. Awal mula menulis blog adalah karena saya tertantang mengikuti sebuah lomba blog yang kebetulan temanya pas banget dengan minat saya yaitu soal tumbuh kembang anak. Tak disangka baru sekali ikut lomba blog saya langsung nyangkut jadi salah satu pemenang dan hal ini membuat saya merasa bahwa kemampuan saya di dunia perbloggingan ternyata ada juga yang mengakui walaupun masih benar-benar newbie. 

Tapi tentunya ngeblog juga tidak melulu saya jadikan lahan untuk memburu hadiah, walaupun memang tulisan saya kebanyakan adalah tulisan yang saya ikut sertakan dalam berbagai lomba blog. Sebenarnya tujuan utama saya ikut lomba blog hanya karena tertantang ingin belajar menaklukkan tema tulisan yang mana kebanyakan tema-tema yang diusung adalah tema yang berada jauh di luar bidang kerja saya. Disinilah saya menemukan yang namanya refreshing otak. Jika selama di kantor saya hanya terbiasa berkutat dengan urusan terkait masalah administrasi manajemen tapi di dunia lomba blog saya bisa berurusan dengan berbagai macam isu yang semakin memperluas wawasan serta merangsang minat saya untuk melakukan riset lebih dalam lagi terkait dengan isu tersebut.

Dengan ngeblog saya jadi terdorong untuk belajar soal kecantikan, soal kuliner, soal traveling, soal politik, soal ekonomi, soal kesehatan, soal kebijakan pemerintah di luar bidang kerja saya dan masih banyak isu-isu menarik lainnya yang membuat otak saya tetap terjaga kewarasannya:) Saya akui sampai hari ini saya memang belum bisa menemukan minat khusus saya sebagai seorang blogger. Blog saya masih berisi dengan tulisan yang temanya gado-gado. Saya juga sama sekali tidak tertarik untuk belajar soal menghasilkan uang dari blog karena bagi saya ngeblog merupakan sarana refreshing serta sarana untuk bersenang-senang. Bukan sarana yang malah membuat hidup saya jadi semakin merasa tertekan dengan target-target finansial.

Memang nyatanya sampai hari ini saya sudah mendapatkan beberapa keuntungan materi dari ngeblog, seperti dapat hadiah uang, gadget keren bahkan jalan-jalan gratis berkat hobi ngeblog. Namun hal tersebut bukan merupakan tujuan utama saya ngeblog. Itu hanyalah efek samping. Tujuan utama saya ngeblog nggak muluk-muluk kok. Saya hanya ingin menyeimbangkan otak saya yang semakin lama makin sering eror saja. Dengan ngeblog saya bisa terbebas dari rasa jenuh dan terbebas dari stres. Dari aktivitas ngeblog saya juga bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi saya. Dari aktivitas ngeblog saya jadi dapat banyak teman baru yang semakin memotivasi saya untuk lebih banyak berbuat sesuatu yang positif bagi sesama. 

Thats Why I became a Blogger. Eniwei Selamat hari Blogger Nasional ya.

Tulisan ini dibuat dalam rangka memeriahkan Hari Blogger Nasional. Yang mau ikut bikin even ini makin rame cek infonya di SINI

Reactions:

2 komentar:

  1. Ngeblog bikin pinter ya, Mak :)

    Happy Blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak bener banget..dan ngeblog itu juga bikin kita jadi nggak cepet tua..hehehe

      Hapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)