April 23, 2014

Diary sang Zombigaret

Edit Posted by with 8 comments
Entah sudah berapa puluh kali aku menjalani kemoterapi, saat ini yang bisa kurasakan hanyalah tinggal rasa sakit menjalari seluruh tubuh, nyeri luar biasa hebat, serta tubuh yang lelah dan  sekarat.  Sejak dokter mendiagnosaku terkena kanker paru-paru beberapa tahun lalu, hidupku berubah total. Tak ada lagi ziva sang model cantik bertubuh seksi dan berambut indah, yang ada sekarang  tinggallah ziva sang zombi bertubuh kurus kering dan berkepala botak. 


Rokok telah berhasil merubahku menjadi zombie..zombigaret lebih tepatnya. Zombi yang tercipta karena hobiku menghisap sigaret dimasa lalu. Dulu aku bangga dengan gaya hidupku sebagai seorang perokok, karena bagiku cewek perokok itu seksi, keren, gaul dan modern. Namun nyatanya setelah sekian lama aku menjalani hidup sebagai perokok justru aku malah jadi sering merasakan sesak nafas. Aku tak pernah menduga bahwa gejala sesak nafas yang dulu sering kualami merupakan gejala awal mulai munculnya kanker di paru-paruku. Aku tak pernah sadar jika aku sebenarnya telah mengidap kanker paru-paru sejak masih muda dulu. Aku baru sadar saat umurku menginjak 30 tahun,  aku mengalami batuk yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh. Ketika aku menjalani pemeriksaan dokter barulah aku tahu bahwa aku telah terkena kanker paru-paru stadium akhir.

Lihatlah bagaimana rokok telah merusak paru-paruku
Kini aku menjalani kehidupan sebagai zombigaret, hidup segan mati tak mau. Tubuhku hanya tinggal tulang dan kulit saja. Aku juga sudah tak sanggup lagi mengangkat tubuhku untuk bangun dari tempat tidur. Sudah berminggu-minggu lamanya aku hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Decubitus mulai muncul disekujur tubuhku, bahkan lukanya pun semakin melebar dan membusuk. Kemarin saat perawat membersihkan luka di kulit punggungku, aku mendengarnya memekik jijik karena menemukan segerombolan ulat bersembunyi dibalik luka decubitusku.  Hiii..aku sendiri juga merasa ngeri membayangkannya. Kini aku sudah benar-benar jadi zombie, lengkap dengan ulat-ulat yang bergelantungan di tubuhku. 
Tubuh seorang zombigaret

Sebenarnya dari dulu setiap kali merokok aku juga sudah sering membaca peringatan bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin . Namun aku selalu mengacuhkannya. Aku tak pernah membayangkan bahwa suatu hari nanti rokok akan mengubahku menjadi zombigaret dan perlahan-lahan akan merenggut nyawaku seperti yang kualami saat ini.

Kini setelah aku mengidap kanker paru-paru  stadium akhir baru aku tahu bahwa selama ini aku telah meracuni diriku dengan rokok. Ternyata selama ini aku telah mendholimi diriku sendiri dan juga orang lain di sekitarku yang mana mereka semua terpaksa harus jadi perokok pasif akibat perbuatanku di masa lalu. Aku telah meracuni diriku sendiri dan para perokok pasif di sekitarku dengan berbagai  macam jenis racun yang terkandung di dalam rokok seperti  nikotin, tar, karbonmonoksida, fenol, aseton, arsen, merkuri, hidrogen sianida, formalin serta masih banyak lagi ribuan jenis racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Jangan paksa mereka menghirup asap rokokmu
Menyesal? Sekarang bagiku sudah tidak ada gunanya lagi. Kanker paru-paru sudah terlanjur menyebar ditubuhku, aku hanya tinggal menunggu saja kapan maut akan datang menjemputku. Tapi aku masih punya harapan untuk berbuat baik di akhir masa hidupku saat ini. Saat ini aku memang sudah menjadi zombigaret tapi cukup aku saja, kamu jangan!  Jika saat ini masih banyak orang yang dengan bangga menjadi perokok, please tolong segera hentikan sebelum terlambat. Matikanlah rokokmu sebelum ia mematikan kamu. Jangan kamu mendholimi dirimu sendiri, jangan pula mendholimi orang-orang di sekelilingmu, orangtuamu, kekasihmu, suamimu, istrimu, anak-anakmu…please jangan paksa mereka untuk ikut menghirup asap rokokmu.  Berhentilah merokok sebelum terlambat. Percayalah bahwa berhenti merokok itu sebenarnya mudah, semua tergantung pada niat dan kemauan kita sendiri.  Ingatlah pesanku, Jangan tunggu sampai dirimu berubah jadi zombigaret seperti aku.
 Tulisan ini dibuat dalam rangka ikut meramaikan Lomba Menulis "Diary Sang Zombigaret"
*panjang tulisan : 556 kata
Reactions:

8 komentar:

  1. ya ampun kak, aku pikir ini beneran
    nauzubillahiminzalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..ini tulisan buat lomba kok..nauzubillahiminzalik...jangan sampai menimpa diri kita...makanya jauh2 lah sama rokok krn rokok bs bikin org berubag jd zombigaret...syereeeem

      Hapus
  2. Semoga bisa menyadarkan para perokok ya, mak. Gambarnya serem-serem >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak. amin. semoga para perokok bisa segera sadar dan berhenti merokok sebelum terlambat. makasih ya mak leya sudah mampir^^

      Hapus
    2. kapan sadarnya ya perokok itu? haruskah nunggu sampe kena penyakit baru nyadar>? udah telat donk.. lagian knp juga ya ada pabrik rokok hihi.. semoga sukses ya mbak Ari

      Hapus
    3. kebanyakan perokok sadarnya udah telat..thx mbak susan:)

      Hapus
  3. ah ...belatung itu mak...naudzubillaahi min ndzaalik. bagus ceritanya. sy jg bikin tokoh Zombinya prmpuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naudzubillahimin ndzaalik ya mak..semoga bikin para perokok jd segera tobat...:)

      Hapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)