Desember 06, 2013

Alfaonline.com : Toko belanja online murah, Promo heboh jual barang hanya Rp 1,-

Edit Posted by with 2 comments
Kemajuan dalam bidang e-commerce di Indonesia saat ini telah mendorong munculnya berbagai macam toko online. Mulai dari pernak-pernik asesoris, perlengkapan bayi, tas branded, fashion hingga gadget dan elektronik, semuanya kini dengan mudah bisa kita cari dan dapatkan melalui toko online. Sebagai seorang wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, saya termasuk golongan orang yang hobi belanja murah di toko online. Bukan karena saya konsumtif atau mau gaya-gayaan lho..tapi memang karena terdesak oleh kebutuhan untuk belanja sementara ketersediaan waktu saya sangat terbatas.

"Duuh..sok sibuk amat sih, sampai nyari waktu buat belanja aja nggak sempat"

Eits..bukan sok sibuk..saya ini memang sibuk beneran *dilempar pakai sendal*. Gini lho..tiap hari saya punya kewajiban untuk ngantor dari pagi sampai sore. Selain itu saya juga punya anak balita dan di rumah tidak ada pembantu. Suami saya juga sama-sama kerja kantoran. Sehingga saya harus pintar membagi waktu antara mengurus kerjaan kantor, mengurus rumah tangga serta mengurus anak dan suami. Itulah sebabnya kalau sudah berada di rumah saya jadi malas untuk keluar rumah lagi. Apalagi saat hari libur tiba, inginnya istirahat di rumah saja sambil beresin rumah atau bermain bersama anak. Jika tidak karena terpaksa sekali sebisa mungkin saya tidak keluar rumah, karena memang sudah capek. Makanya saya lebih suka belanja online sebab lebih praktis dan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Bahkan dilakukan disela kesibukan kerja di kantor atau menyelesaikan pekerjaan rumah juga bisa lho..ibarat kata sekali dayung dua tiga pulau terlampaui...kerjaan kantor dan rumah beres, urusan belanja juga beres^^

Ngomong-ngomong soal belanja online, berdasarkan pengalaman saya selama ini ternyata banyak juga lho keuntungannya jika dibandingkan dengan belanja offline (maksudnya pergi belanja ke toko/minimarket/supermarket/mall). Berikut beberapa keuntungan dari belanja online yang sudah saya rasakan :
  1. Mudah dan Praktis, bisa dilakukan kapan saja dimana saja dan sambil ngerjain kerjaan lain juga bisa. Yang penting ada laptop dan jaringan internet. 
  2. Hemat Waktu, tidak membutuhkan waktu khusus untuk perjalanan menuju toko.
  3. Hemat Energi , tidak perlu capek-capek pergi ke toko sehingga selain hemat tenaga juga hemat BBM. Lagipula jika ingin hunting barang tertentu, atau membandingkan harga dengan toko lain kita juga nggak perlu capek keliling seluruh toko hingga kaki gempor. Cukup dilakukan dengan Klak Klik dari layar laptop saja.
  4. Tidak perlu antri, ngapain mesti antri dikasir karena kita belanja dari rumah sendiri, bayar tinggal transfer dan tungguin aja barangnya sampai ke alamat rumah kita.
  5. Tidak kena macet, jelas dong..kan nggak perlu keluar rumah..tinggal duduk manis dirumah saja sehingga nggak mungkin kena macetkan?
  6. Belanja lebih terkendali, dengan belanja online kita jadi tahu belanjaan kita sudah habis berapa, karena biasanya ada kalkulator belanja yang menghitung otomatis. Jadi kalau belanjaan kita sudah lebih dari budget tinggal hapus saja barang belanjaan yang tidak prioritas. Khusus buat ibu-ibu seperti saya, dengan belanja online saya juga nggak bakal dirempongin sama anak yang minta dibeliin ini itu (pengalaman ngajak anak belanja di toko atau supermarket, biasanya anak kita juga ikut sibuk belanja sendiri yang akhirnya bisa membuat anggaran belanja kita jadi membengkak:)
  7. Banyak Promo dan Diskon tak terduga, beberapa toko online sering memberikan promo atau diskon menarik pada saat tertentu yang tidak mungkin kita dapatkan dari toko offline sehingga kita juga bisa dapat manfaat belanja murah.
  8. Lebih Hemat, dengan belanja online kadang kita mendapatkan harga barang yang lebih murah (asal jeli) dan yang pasti kita juga tidak perlu keluar ongkos lagi untuk bayar biaya naik kendaraan umum, biaya beli BBM dan juga biaya parkir. Memang sih dengan belanja online kadang kita juga harus membayar ongkos kirim barang, tapi ada juga lho toko online yang biaya kirimnya gratis.
Kira-kira itulah beberapa manfaat yang saya dapatkan dari belanja online. Namun ada juga beberapa kerugiannya seperti misalnya mau beli baju. Pembelian melalui toko online harus ekstra cermat karena kita tidak bisa mencoba barangnya secara langsung. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita meneliti dengan seksama ukuran baju seperti panjang baju, lingkar dada dan lain sebagainya sehingga nantinya tidak kekecilan atau kebesaran saat dikenakan. Selain masalah tersebut, saat belanja online kita juga harus jeli mengenali toko tersebut jujur atau hanya menipu. Kalau pengalaman saya selama ini sih saya belum pernah tertipu belanja di toko online. Dan yang terakhir nih, kita juga harus sabar menunggu pengiriman barang yang kita beli sampai dirumah kita. Memang butuh waktu beberapa hari biasanya, sehingga jika memang barang yang kita butuhkan itu sangat urgent saran saya jangan belanja di toko online.

Eniwei..saya sebenarnya sudah punya banyak langganan toko online, tapi saya belum banyak menemukan toko online yang menjual kebutuhan pokok rumah tangga seperti sabun,minyak goreng,gula pasir dan jenis sembako lainnya..masih sangat jarang toko online yang model begini. Padahal setiap bulan saya jelas harus belanja kebutuhan rumah tangga seperti sembako secara rutin. Toko langganan saya sih Minimarket Alfamart, karena belanja di Alfamart itu harganya pas dan banyak promonya. Setahu saya Alfamart juga mulai menyediakan jasa toko online melalui situs http://www.alfaonline.com. Hanya saja belum semua kota bisa melayani pembelian melalui alfaonline ini. Saat saya lihat di websitenya dikatakan bahwa Alfaonline baru bisa mengcover 541 toko yang memiliki coverage area di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang ,Bekasi,Bandung, Surabaya.

Sumber gambar dari SINI
Namun bulan lalu saya mendapat kabar yang menggembirakan yaitu pada tanggal 27 November 2013 alfaonline.com ini baru saja melakukan launching layanan toko onlinenya di kota tempat tinggal saya yaitu Yogyakarta. Wah senang sekali saya mendengarnya, karena itu artinya saya sudah mulai bisa belanja online kebutuhan bulanan rumah tangga melalui http://www.alfaonline.com.

Launching Alfaonline.com diselenggarakan di RM. Pelem Golek Jalan Kaliurang Km 6,5 Jogjakarta. Dalam acara ini dijelaskan bahwa Alfaonline merupakan layanan berbelanja di minimarket Alfamart yang dilakukan melalu internet dengan alamat http://www.alfaonline.com. Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan dalam belanja via online ini. Salah satunya yaitu kemudahan dalam hal pembayarannya. Pelanggan Alfaonline dapat memilih alat pembayaran sesuai dengan yang dimilikinya seperti Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, Telkomsel T-Cash, XL Tunai, Doku Pay,E-Voucher atau COD (cash on delivery). Hal ini tentunya akan membuat kita sebagai pelanggan jadi merasa lebih aman dan mudah dalam berbelanja online melalui alfaonline.com.

Dalam acara launching alfaonline.com tersebut juga dijelaskan bahwa di toko online ini ada promo yang tidak akan didapatkan jika kita belanja di minimarket Alfamart karena hanya berlaku di www.alfaonline.com, yaitu Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- . Serius? harganya cuma 1 rupiah??..ah..bohongan nih..pasti cuma strategi promosi...Eh..tunggu dulu penjelasannya..ini beneran lho. Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- ini adalah promosi yang dilakukan oleh alfamart dengan mekanisme menjual produk hanya dengan harga Rp 1,- .Tujuan dari promo ini memang dalam rangka mengajak konsumen berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan produk yang dijual hanya dengan harga Rp 1,- tersebut, karena Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- ini dibatasi dengan waktu dan jumlah yang terbatas. Jadi intinya siapa cepat, dia dapat..begituu..dan ini no tipu-tipu lhoo...



Soal ongkos kirim juga dibahas habis dalam acara ini. Dijelaskan bahwa pelanggan alfaonline tidak akan dikenai ongkos kirim ke rumah apabila total belanjanya lebih dari Rp.100.000,-. Sedangkan untuk belanjaan dengan nominal dibawah Rp.100.000,- akan dikenakan biaya kirim Rp.5.000,-. Oia, belanja online di alfaonline juga ada minimalnya juga lho..yaitu minimal Rp.50.000, jika belanja kurang dari Rp.50.000,-maka proses tidak bisa dilanjutkan. Kalau menurut saya sih mending belanja banyak sekalian aja, udah nggak repot bawanya, gratis ongkos kirim juga. Double untungkan jadinya..hehehe..

Nah..berhubung saya ini memang shopping freak penggemar belanja murah, begitu saya mengetahui info tentang alfaonline.com ini termasuk adaya Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,-  maka tanpa nunggu lama-lama langsung deh saya coba belanja online di alfaonline.com ini. Ternyata caranya memang sangat gampang. Berikut saya bagikan tentang langkah-langkah belanja di Alfaonline.com

A. Mendaftar di www.alfaonline.com
  • Klik regsiter yang ada di pojok kanan atas website, lalu isi form pendaftaran secara lengkap yang terdiri dari alamat email, nama lengkap, nomor hp dan data pendukung lainnya. Khusus untuk kolom nomor member kartu AKU sifatnya optional, tidak diisi juga tidak apa-apa. Setelah data terisi semua jangan lupa masukkan kode captcha dan centang pada kotak setuju syarat dan ketentuan. Lalu Klik Register
  • Selesai mengisi form register, buka email yang tadi telah kita daftarkan untuk melakukan aktivasi. Berikut contoh email yang akan kita terima untuk melakukan proses aktivasinya:
    email untuk aktivasi di alfaonline.com
  • Setelah kita mengklik link aktivasi yang terdapat dalam email maka akan muncul kolom aktivasi dan kita diminta untuk mengisikan nomor Hp kita pada kolom yang tersedia untuk selanjutnya akan dikirimkan OTP (One Time Password) melalui ponsel. Berikut kolom aktivasi yang harus kita isi, jangan lupa juga untuk memasukkan kode captcha dengan benar:
    Kolom aktivasi untuk mendapatkan OTP melalui sms
  • Tunggu beberapa saat, maka OTP akan kita terima melalui pesan sms seperti ini :
    Sms Kode OTP yang saya terima
  • Masukkan kode OTP Alfaonline yang kita terima ke dalam kolom aktivasi berikut, lalu klik aktifkan akun saya
    Kolom untuk memasukkan kode OTP yang sudah kita terima
  • Akun alfaonline sudah aktif, maka segera lakukan proses log in dengan menggunakan alamat email dan password yang telah kita daftarkan dan belanja online bisa dimulai.
B. Belanja di www.alfaonline.com
  • Lakukan log in dengan menggunakan alamat email dan password yang telah kita daftarkan pada kolom seperti berikut :
    Kolom Log in di alfaonline.com
  • Pilih Barang dan jumlah yang akan dipesan dengan mengklik pada gambar produk yang ingin kita beli. Jumlah nominal belanjaan kita juga bisa langsung kelihatan pada bagian pojok kanan atas web.
    Pilih-pilih produk yang ingin kita beli

  • Setelah selesai memilih klik SHOPPING CHART untuk melihat daftar belanjaan kita, sehingga kita bisa memeriksa belanja kita, misalnya ada yang terlewat atau tidak, over budget atau tidak. Jika over budget tinggal klik DELETE saja pada barang belanja yang tidak prioritas lalu klik UPDATE
    Shopping chart untuk memeriksa barang belanjaan kita
  • Jika kita merasa belanjaan kita sudah cukup dan sudah sesuai maka klik CHECKOUT 
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih MODEL PENGIRIMAN, kita bisa memilih barang dikirim ke rumah atau kita mengambil di gerai Alfamart terdekat
  • Jika kita ingin barang dikirim kerumah maka Isikan juga Jadwal pengiriman, nama penerima dan alamat lengkap  lalu Klik NEXT dan kemudian PLACE ORDER. Sementara jika mau mengambil di gerai Alfamart pilih juga lokasi yang terdekat dengan rumah kita.
    Kolom untuk memasukkan data alamat pengiriman
  • Langkah terakhir adalah menentukan cara pembayaran yaitu kita tinggal pilih saja mau bayar dengan cara yang mana. Ada beberapa pilihan pembayaran yaitu menggunakan Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, Telkomsel T-Cash, XL Tunai, Doku Pay, E-Voucher atau COD(cash on delivery). Kalau saya lebih suka memilih COD yaitu kita membayar secara tunai pada petugas saat barang sudah dikirim ke rumah kita.
Pilih Metode Pembayaran yang kita inginkan
Jika memilih COD maka pilih jumlah uang cash yang kita sediakan
C. Konfirmasi dan Terima Barang
Setelah selesai melakukan proses belanja di alfaonline.com kita akan mendapat telpon konfirmasi dari costumer service yang akan mengkonfirmasi beberapa hal kepada kita, seperti alamat lengkap, beberapa jenis barang yang kita beli, cara pembayaran dan lain-lain. Tujuannya hanya untuk memastikan apakah kita serius mau belanja atau tidak. Sesudah itu kita tinggal menunggu saja barang belanjaan kita akan diantarkan ke rumah sesuai jadwal pengiriman yang telah kita pilih.

Waaooww..Ada Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- di Alfaonline.Com

Gimana gampang banget kan cara belanja di alfaonline.com? nah kalau sudah ngerti ayo buruan belanja di alfaonline, dan manfaatin juga Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- yang ada disini..jangan sampai ketinggalan..rugi kalau sampai nggak dapetin promonya. Karena
Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- hanya berlangsung selama jam digitalnya berjalan seperti yang tampak pada gambar ini :

Nah lihat nih.. saya berhasil dapetin salah satu barang yang ada dalam  Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,-. Gila banget lho promonya..saya bisa dapetin produk Vaselin Men Face Whitening 20g yang harga aslinya Rp. 15.000,- tapi melalui program promo ini saya cuma bayar Rp1,-  aja hehehe..lumayan bisa buat suami tercinta:) Ini buktinya :
Hasil belanjaan saya yang bisa dapat barang paling murah seharga Rp. 1,-

Wah..emang TOP banget deh belanja online di alfaonline.com ini. Saya bisa dapetin manfaat belanja murah bangeeeet dan caranya juga sangat praktis disini. Produk yang di promoin ini juga selalu berubah lho setiap periode tertentu. Jadi kalau nggak mau ketinggalan rajin-rajin aja buat update info Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- di Alfaonline.

Pengalaman Menarik Belanja Online di Alfaonline

Oia saya juga punya pengalaman menarik yang sempat bikin saya agak bingung juga waktu pertama kali nyobain belanja online disini. Gini nih ceritanya :



Sesudah belanja online, saya memilih jasa kirim ke alamat rumah dengan jadwal pengiriman 12.00 - 16.00. Namun setelah saya tunggu hingga jam 17.00 ternyata tidak ada petugas yang datang untuk mengantar belanjaan saya ke rumah dan juga tidak ada konfirmasi apa-apa. Lalu saya putuskan untuk menelpon Costumer Service Alfamart di nomor 021-28605045. Saya sampaikan keluhan saya dan petugas CS juga menanggapinya dengan sangat baik. 

Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada kesalahan informasi, dikatakan bahwa Gerai Alfamart yang dijogja salah menjadwalkan pengiriman barang pesanan saya, yang seharusnya diantar pada jadwal 12-00 - 16.00 ternyata malah dijadwalkan pada jam 16.00-19.00. Setelah menyampaikan permohonan maaf, petugas berjanji akan segera mengirimkan pesanan saya secepatnya. Berhubung pada jam tersebut saya ada urusan keluar rumah, maka saya titipkan sejumlah uang pada ibu saya untuk membayarkan belanjaan saya kepada petugas yang mengantar ke rumah. Saya memilih metode pembayaran COD sebesar Rp. 102.700. Saya titipkan uang pada ibu saya Rp.110.000 sesuai dengan pilihan uang yang telah saya pilih pada kolom COD, sehingga petugas yang mengantar barang sudah menyiapkan uang kembalian sebesar Rp. 7.300. Jam 19.00 saya mendapat sms dari ibu bahwa barang pesanan saya sudah diantarkan ke rumah. Saya lega mendengarnya. Saya pulang sudah larut malam dan ibu saya sudah tidur. Besoknya saya berangkat ke kantor pagi-pagi dan tidak sempat ngobrol dengan ibu, ibu hanya sempat mengatakan, "uang kembalian dan nota belanja kemarin ibu taruh di dalam amplop diatas kulkas" dan saya juga tidak sempat mengecek isi amplop tersebut.

Sore hari saat pulang kantor saya mengecek ponsel saya ada beberapa panggilan tak terjawab dari nomer hp yang tidak saya kenal. Tak lama kemudian masuk sms ini :
Pesan SMS yang saya terima dari petugas delivery order
Waduh...kok bisa begini?bingung lah saya, lalu segera saya telpon kembali nomer hp tersebut. Saya mendengar suara mas-mas yang sangat ramah mengangkat telpon saya. Kemudian dia menjelaskan bahwa saat pengiriman kemarin, ibu saya memang menyerahkan uang sebesar Rp. 110.000,- tapi si mas ini malah tidak mau menerima uang tersebut, karena dia mengira saya sudah membayar belanjaan saya via transfer. Mas ini justru malah memberi uang Rp.7.300,- pada ibu saya sebagai uang kembalian. Ibu saya sih nurut aja, karena ibu saya juga tidak begitu paham dan percaya saja dengan keterangan dari mas tersebut. Selain itu ibu juga belum sempat menceritakan hal ini kepada saya yang memang saat itu sedang sangat sibuk sehingga belum sempat ngobrol bersama dengan ibu.


Olala ..usut punya usut ternyata mas ini belum paham maksudnya COD, disangkanya itu pembayaran transfer..hehehe..untungnya  dia ketemu sama costumer yang jujur, sabar dan baik hati seperti saya *minta dilempar duit segepok* sehingga saya bisa memaklumi masalah ini. Kemudian setelah meminta maaf beberapa kali, mas tersebut menjelaskan bahwa saya adalah costumer toko online pertama yang dilayaninya sehingga ia belum berpengalaman dengan mekanisme pembayaran COD..hehehe..ya udah kemudian saya minta masnya untuk datang lagi ke rumah mengambil uang pembayarannya, yang ternyata uangnya masih utuh bersama dengan uang kembalian dan nota belanja alfaonline yang diletakkan di dalam amplop oleh ibu saya.

Pengalaman tersebut membuktikan bahwa yang namanya manusia itu memang bisa saja salah, yang terpenting adalah bagaimana cara mengkomunikasikannya dengan baik. Dengan menyelesaikannya dan meminta maaf secara jujur, sopan dan profesional maka hasilnya juga tidak akan menimbulkan kesalahpahaman dan dapat memuaskan kedua belah pihak. Jujur saja pengalaman ini tidak membuat saya kapok untuk belanja online lagi di alfaonline, karena belanja di alfaonline ini memang paling praktis dan paling murah terutama untuk memenuhi kebutuhan belanja bulanan saya dan keluarga. Apalagi ada Promo Heboh Belanja Hanya Rp 1,- yang membuat saya selalu penasaran dan bikin ketagihan untuk belanja online di alfaonline.

Reactions:

2 komentar:

  1. Wuih, ulasan yang menarik mbak :)

    Toko belanja online semakin menjamur ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Betul, jaman memang makin maju. Belanja kebutuhan sehari-hari maupun bulanan menjadi sangat mudah dengan cara online.

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)