Oktober 24, 2013

Laptopku Senjataku

Edit Posted by with 8 comments
Ini adalah senjata wajib saya tiap hari saat pergi ke kantor. Mereka adalah buku agenda, smartphone, netbook dan DVD Writer Portable. Selain 4 senjata wajib ini terkadang tas kerja saya juga masih harus diisi dengan buku juknis, laporan-laporan bahkan pernah juga saya harus membawa buku diktat yang ukurannya segede gaban yaitu dikala saya mengikuti sebuah acara workshop atau pelatihan.
Pekerjaan saya memang mengharuskan saya untuk selalu siap dengan "peralatan perang" tersebut. Walaupun sebagai middle manajer dikantor  sebenarnya saya diberi fasilitas untuk menggunakan laptop milik kantor, tapi jujur saya malas menggunakannya. Alasan utamanya karena laptop kantor itu ukurannya cukup besar dan berat. Sementara tiap hari saya berangkat ke kantor menggunakan sepeda motor. Sekali waktu saya pernah mencoba membawa laptop kantor pulang ke rumah..duh..rasanya begitu sampai rumah pundak saya kok jadi berat sebelah. Karena selama perjalanan naik motor pundak kanan saya harus menenteng tas yang ada isinya laptop dengan berat hampir 3 kg. Padahal jarak kantor ke rumah saya sekitar 30 km dengar waktu tempuh selama hampir 45 menit. Aduh..bawa laptop kok malah menderita.

Sebenarnya jabatan saya adalah kepala sub bagian tata usaha di sebuah puskesmas. Lalu apa saja sih pekerjaannya? secara garis besar tupoksi saya adalah bertanggungjawab terhadap masalah umum & kepegawaian, perencanaan ,data serta masalah pengelolaan keuangan di puskesmas. Walaupun begitu, tapi tak jarang juga jika kepala puskesmas sedang tidak di tempat, saya juga harus siap memberikan sambutan atau presentasi dalam rangka menggantikan kepala puskesmas apabila puskesmas sedang punya gawe. Pernah juga saya dimintai bantuan utuk ikut “ngombyongi” kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh teman-teman di lapangan. Yang jelas kalau ada tamu yang mau berurusan dengan puskesmas entah itu mahasiswa, instansi lintas sektor, masyarakat yang mau komplain atau sekedar minta informasi  hingga sales-sales yang mau demo masak atau nawarin dagangannya ke puskesmas, harus ketemu sama saya dulu. Cukup ribet memang pekerjaan saya, mungkin ribetnya  hampir sama dengan pekerjaan Sekjen PBB (lebay).
Aktivitas di kantor yg tak pernah jauh dari laptop
Yang namanya kerja di bidang tata usaha itu pasti nggak akan jauh-jauh dengan urusan komunikasi dan administrasi. Disamping pekerjaan itu, saya juga punya hobi nulis dan ngeblog..lumayanlah hobi ini bisa jadi sarana refreshing buat saya. Melihat aktivitas saya itu maka bisa disimpulkan bahwa senjata wajib yang harus selalu ada buat saya yaitu mobil, rumah, apartemen…eh..bukan ding, maksudnya laptop, buku agenda, smartphone.hehe..

Kembali ke laptop..tadi sudah saya ceritakan bahwa saya malas pakai laptop kantor, sehingga saya memutuskan untuk beli laptop sendiri. Saya tadinya ingin beli laptop yang tipis dan enteng, Supaya lebih ringkas  dan tidak memberatkan kalau harus dibawa kerja. Sayangnya waktu itu belum ada laptop model begitu yang harganya murah. Ada sih..tapi harganya saat itu masih 10 juta ke atas..waduh..gaji bulanan saya aja nggak nyampe segitu. Lalu suami saya nyaranin, “ya udah kalo butuh yang kecil dan enteng beli netbook aja, harganya lebih murah, yang pentingkan fungsinya bisa buat ngetik” gitu kata suami saya waktu itu. Berhubung nggak ada pilihan lain, maka saya nurut saran suami. Ternyata pakai netbook memang lebih enteng saat dibawa-bawa, tapi baru saya tahu ternyata di balik bentuknya yang memang lebih tipis dan ringan, netbook ini tidak dilengkapi dengan DVD room. Ketahuannya pas saya lagi pengen nginstal sebuah software program, nyari-nyari DVD roomnya kok nggak ada?

Hahaha..diketawain deh sama suami. Yang namanya netbook memang beda sama notebook. “Kalau pengen ukuran yang lebih slim memang ada fitur yang harus dikorbankan yaitu nggak ada DVD roomnya.” gitu deh kata suami. Karena suami saya kasihan sama saya, dia pun dengan berbaik hati membelikan saya sebuah DVD Writer Portable. Lumayanlah akhirnya DVD Writer Portable tersebut bisa juga disambungkan ke netbook pada saat saya butuh memutar CD atau DVD.

Tapi ternyata walaupun sudah punya DVD portable tetap saja ada kelemahannya. Suatu hari saat ikut pelatihan, saya lupa tidak membawa DVD Writer Portable. Dalam pelatihan itu semua peserta diberikan materi dalam bentuk CD. Pas giliran pengen buka materi dan baca-baca..aduh..lagi-lagi..netbook saya nggak bisa buat buka CD, soalnya nggak bawa DVD portablenya..huhuhuhu..untungnya ada teman baik hati yang mau ngopiin materi ke flashdisc sehingga akhirnya bisa juga saya membaca materi pelatihannya menggunakan netbook saya.
lagi diskusi sama teman-teman pelatihan
Bukannya tidak bersyukur karena sudah punya netbook dan DVD Writer Portable, tapi saya masih punya keinginan agar suatu saat dua” senjata utama” saya ini bisa di merger jadi satu. Namun walau sudah merger harapan saya bobotnya juga tetap ringan dan bentuknya tetap slim..jadi cucok kalau dimasukin ke dalam tas kerja saya..nggak bikin tas kerja saya jadi menggembung gitu.
Dua benda ini bisa dimerger nggak ya?
Dan hari ini pas saya lagi browsing di internet, kok ya alhamdulilah banget nemu tulisan tentang AcerIndonesia yang baru saja mengeluarkan produk dengan inovasi terbaru yaitu: Acer Aspire E1 Slim Series yang ukurannya 30% lebih tipis dari notebook konvensional ainnya. Dari tulisan yang saya baca digambarkan bahwa produk baru ini selain lebih ringkas dan ringan ternyata desainnya juga elegan banget, cucok banget kalau dipakai oleh emak semacam saya ini.

Kerennya lagi walaupun dimensi Aspire E1-432 ini tergolong lebih tipis dibandingkan notebook lainnya, tapi Acer tidak mengorbankan kelengkapan dan fitur peting seperti DVD room yang saya butuhkan tadi. Selain itu ternyata masih ada Keunggulan utama dari notebook Aspire E1-432 yaitu penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Keunggulannya adalah prosessor ini dapat bekerja sangat efisien dengan TDP hanya 15 watt saja dan daya tahan baterainya jadi bisa lebih maksimal yaitu bisa bertahan hingga 6 jam jika digunakan untuk memutar film, apalagi kalau cuma buat ngetik ya, bisa berjam-jam lamanya nih. Wah udah jelas kalau punya laptop ini produktivitas kerja saya bisa makin meningkat dan saya nggak perlu repot lagi bawa-bawa DVD portable seperti yang saya lakukan selama ini.
Kabar baiknya lagi dengan segala fitur keren yang ditawarkan tersebut, harga notebook Acer Aspire E1-432  hanya Rp.4.749.000,- saja. Huwaa…jadi pengen beli notebook Acer ini (tukar tambah bisa nggak ya). Ternyata sekarang laptop tipis itu tidak harus mahal, dengan semakin majunya teknologi, akhirnya lahir juga generasi laptop dengan ukuran yang lebih slim namun harganya tetap terjangkau.

Makanya saya kemudian iseng-iseng nulis buat ikutan lomba blog yang di adakan oleh Acer Indonesia dan KEB ini..ya siapa tahu bisa menangin laptop kerennya Acer ini jadi nggak perlu tukar tambah hehe.. Amien.
Reactions:

8 komentar:

  1. waduh..maap, tadi disini ada komennya tapi kok bisa kehapus ya..bingung saya..maap ya mak yg udah komen. sy juga bingung kok bisa kehapus gini..hmm

    BalasHapus
  2. buat sebagian org notebook skrg jd kebutuhan primer ya mbak termasuk saya hehe. good luck mbak moga menang ^^

    BalasHapus
  3. Aiih.. Laptop+external DVD, praktis kalo di merger pasti ya maak

    BalasHapus
  4. Emang jago nulis nih Mak satu ini..keren tulisanya good luck ya Mak..

    BalasHapus
  5. Makjur alias mak Juri mampir niih :D

    BalasHapus
  6. Hai, Mak! Good luck ngontesnya, ya! :)

    BalasHapus
  7. waduh makasih banyak emak-emak keren yg sudah mampir disini, mak wulan, mak noe, mak lies, mak mira dan mak sari..maksih banyak ya:)

    BalasHapus
  8. Salam kenal, mak..

    Sukses selalu ya ^^

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)